Thursday, 3 October 2013

Resensi Buku: 66 Jurus Mabuk Buat Ngeblog



Judul : 66 Jurus Mabuk Buat Ngeblog
No. ISBN : 9786020024783
Penulis : Fary SJ Oroh
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Terbit : Mei, 2012
Halaman : 132
Harga : Rp. 29.800

Sinopsis Buku: 66 Jurus Mabuk Buat Ngeblog - Fary SJ Oroh.

  • Platform ngeblog gratis
  • Situs untuk berbagi link
  • Membuat judul postingan yang menarik
  • Cara menerbitkan blog menjadi buku
  • Situs untuk menganalisa trafik

Dunia maya, terutama aktivitas ngeblog bisa diibaratkan dengan dunia persilatan. Banyak hal yang terkait dengan aktivitas di dunia persilatan yang dapat diimplementasikan dengan dunia ngeblog. Buku ini membahas 66 jurus ilmu silat, baik teori maupun falsafah yang berlaku di dunia persilatan, sekaligus dapat diaplikasikan dalam aktivitas ngeblog.


Resensi:

Ketika ngeblog diibaratkan seperti sedang mempelajari ilmu silat dengan berbagai jurus-jurus yang memabukan, begitu pula isi buku 66 Jurus Mabuk Buat Ngeblog yang ditulis oleh Fary SJ Oroh, seorang wartawan yang menjadi blogger sejak tahun 2008 yang juga sudah menerbitkan beberapa buku tentang komputer/internet. Isi buku ini berisi sharing tips dan trik cara ngeblog yang asik untuk blogger yang baru atau sudah lama ngeblog, namun dengan gaya bercerita yang sangat berbeda dari kebanyakan tutorial ngeblog dari penulis lainnya.

Dalam buku ini penulis membahas 66 jurus mabuk buat ngeblog yang dibagi dalam 7 bab, dan masing-masing bab ada 10 jurus silat atau tips ngeblog dengan judul yang seolah-olah kita sedang membaca cerita seorang pendekar yang sedang mempelajari jurus-jurus dan ilmu silat. Dikutip dari kata pengantar penulis, banyak falsafah dan aspek yang berlaku di dunia persilatan yang sebenarnya merupakan cerminan dari kehidupan masa kini. Yang itu berarti jurus-jurus silat juga dapat diaplikasikan dalam aktivitas ngeblog yang lagi ngetrend seperti sekarang ini.

Beberapa jurus silat dari buku ini memang menggambarkan bagaimana aktivitas ngeblog itu bisa berjalan dengan baik asal kita tau seluk beluk cara menggunakannya.
Seperti contoh pada jurus silat pada bab pertama yang berjudul "Pedang Sakti Merajut Sukma" disitu penulis membuat satu kutipan:
" Yang terpenting bukanlah seberapa besar dan panjang milikmu, tetapi bagaimana kau menggunakannya"
Dalam dunia persilatan  seberapa panjang dan besar milikmu itu mungkin diibaratkan sebuah pedang atau pusaka yang dimiliki seorang pendekar, tapi bagaimana pendekar tersebut menggunakan senjata tersebut. Begitu juga dengan dunia ngeblog, pada mulanya tidak terlalu penting dan seberapa panjang cerita yang kita tulis di blog yang kita punya, namun bagaimana cara kita menata kalimat dan isi cerita yang di uraikan agar bermakna dan sampai kepada pembaca dengan tepat.

Setiap bab dan jurus-jurus silat yang dipaparkan penulis dari pengalamannya membaca cerita silat dan aktivitasnya ngeblognya selama ini menjadikan buku ini benar-benar terasa berbeda, bagi seorang yang tidak suka dengan dunia persilatan namun menggemari kegiatannya menjadi blogger atau sebaliknya? buku ini wajib dimiliki, karena dengan itu kita bisa mempelajari kedua hal tersebut secara bersamaan. Untuk menjadi seorang blogger ada yang harus dan tidak boleh kita lakukan, seperti meminimalisi membuat konten-konten yang sensitif untuk dibahas. Di buku ini semua dituliskan dengan rinci dari mulai memilih platform blog sampai cara mengelola blog menjadi media untuk berbisnis dan menghasilkan uang. Kekurangan keseluruhan buku bagi saya hanya ada pasa cover, saya kurang menyukai cover yang menggambarkan seseorang sedang memegang botol minuman yang sedang mabuk, hehe. selebihnya buku ini memuaskan untuk dibaca santai sambil belajar menguasai ilmu ngeblog seperti seorang pendekar silat dengan jurus-jurusnya yang memabukkan.


Kesimpulannya, buku 66 jurus mabuk buat ngeblog ini sangat menarik terutama untuk saya pribadi, tutorial ngeblog yang sebenarnya sedikit banyak sudah saya ketahui dari searching di internet namun belum saya pelajari, sangat membantu saya untuk memahami bagaimana cara ngeblog yang semakin muda, asik dan berpengelaman untuk dijalani sebagai blogger, apalagi dengan tambahan situs berbagi link yang memungkinkan blog saya bisa dibaca dan dikunjungi banyak orang.


Gambar cover buku: rumahkayu.blogdetik.com

6 comments:

  1. mb aku juga punya blogspot loh, tapi ya ngeblognya pakai jurus semena-mena, nulis apa yang ingin ditulisa saja alias tidak terkonsep

    ini blogspotku yang belum lama ini aku domainkan http://www.drpojokan.com

    ReplyDelete
  2. bukunya bikin mabok ndak teh :D

    ReplyDelete
  3. wah makasi reviewnya mbak Mell, tengkyu banget ;)

    Soal cover, aku juga rada gak puas tapi cover memang dibikin oleh penerbit (Elex). Bagianku hanya bikin naskahnya, hehehe

    Sekali lagi makasi ya

    salam

    ReplyDelete
  4. bocoran dong, mba mell. situs untuk menganalisa trafik apa aja? :D hihi
    btw, jadi penasaran sama buku ini, moga aja masih bisa dipesen. makasih udah diresensi ya, mba ^^

    ReplyDelete
  5. thanks gan buat jurusnya, ditunggu folbacknya di www.wartavaren.com blog agan udah ane follow

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu