Tuesday, 27 January 2015

Kenapa Harus Blanja Online?

foto : jakarta-tanahabang.com

Kenapa, padahal saya suka sekali belanja langsung ke toko-toko, menyusuri lorong, tawar menawar sekalian cuci mata. Belanja langsung ke toko juga bisa membuat kita tau kualitas barang yang ingin kita beli, belanja langsung juga membuat kita bisa saling berinteraksi dengan penjualnya. Hubungan sosial jadi menarik, kitapun bisa mengenal langsung dan bisa menawar harga.

Tapi..kalau nggak ada waktu dan malas, apalagi dimusim hujan seperti ini bagaimana?

Nah..gampang..jaman yang semakin canggih ini nggak usah dibikin pusing, gimana caranya blanja yang mudah, hemat, praktis tapi tetep bisa berinteraksi dengan penjualnya. Sekarang ini sudah banyak online shop yang menawarkan kemudahan itu. Siapa bilang belanja online nggak bisa kenalan sama penjualnya? Siapa bilang blanja online nggak bisa tawar menawar harga, siapa bilang belanja online nggak bisa tau gimana kualitas barang yang dibeli? Bahkan belanja online sekarang itu dimanjain banget, kita tinggal duduk santai dirumah/kantor, barang yang kita beli dianterin dan bisa bayar ditempat, pake diskon pula. Semacam delivery order gitulah. Asik banget, kan?

Saya lumayan sering belanja online, baik dari online shop teman sendiri atau online shop yang sudah profesional dibidang e-commerce. Kemudahan yang didapat waktu belanja online ini adalah poin penting saat berbelanja. Istilahnya, nggak pake ribet.

Namun ada yang perlu kita perhatikan juga, mengenai keamanan dan kejujuran online shop. Ada beberapa berita yang saya baca tentang kasus penipuan dari jual beli online ini. Memang sih, nggak mudah untuk percaya, apalagi proses jual beli-transaksi hanya dilakukan melalui gadget, yang kita mungkin belum tau reputasi toko online yang kita gunakan itu seperti apa.

Tapi, kalau kita mau sedikit lebih mencari tahu, ada beberapa tips agar kita tidak mudah tertipu saat belanja online. 

Pertama, kunjungi online shop yang sudah terpercaya track recordnya, baca review-review dari konsumen yang pernah berbelanja di toko online tersebut. Kalaupun misal, toko online websitenya baru saja launching, kita bisa melihat toko online itu bermitra dengan perusahaan mana saja. Sebagai contoh, salah satu toko online yang baru saja saya kunjungi, yaitu www.blanja.com situs jual beli online terpercaya ini bermitra dengan ebay. Siapa yang tidak tahu ebay? Situs jual beli online yang sudah bergerak dibidang e-commerce sejak tahun 1995 ini penjual dan pembelinya dari seluruh dunia. Selain dengan ebay, blanja.com juga bermitra dengan Telkomsel Indonesia. Tentu saja berbelanja di web resmi seperti blanja.com ini proses transaksinya lebih aman, karena sistem pembayarannya juga lebih resmi.

http://blanja.com


Kedua, gunakan metode transaksi yang sering dipakai orang lain. Sejatinya, proses jual beli online itu amat sangatlah mudah, sebagai pembeli kita transfer terlebih dahulu sejumlah uang ke rekening penjual, sesuai dengan harga barang plus ongkos kirim, lalu setelah transferan diterima, si penjual akan mengirimkan barang dagangannya ke alamat yang sudah kita beri tahu.
Akan tetapi cara seperti ini mulai banyak disalah gunakan oleh penjual yang tidak bertanggung jawab alias penipu. Dari banyak kasus penipuan yang terjadi, setelah si pembeli mentransfer uang, si penjual tidak pernah mengirimkan barang, atau jika mengirimkan, barangnya tidak sesuai dengan yang tertera di keterangan si penjual. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kita bisa menggunakan cara lain. Salah satunya dengan menggunakan rekber atau rekening bersama. Rekber ini fungsinya menjembatani pembeli dan penjual agar tidak saling tertipu. Namun, biasanya cara seperti ini kita kita perlu tambahan uang, ada tip yang perlu kita bayar atas jasa rekber. Tidak banyak, biasanya sekali transaksi dikenakan biaya tidak sampai sepuluh ribu.

Beberapa merchant yang ada di toko online blanja.com

Bagaimana cara kerja rekber ini, hingga bisa dikatakan aman? prosesnya adalah kita menggunakan orang ketiga.Sejumlah uang yang kita transfer ke rekber akan ditahan dulu sampai barang yang diterima si pembeli sampai dan sesuai dengan aslinya. Lalu setelah itu barulah dari rekber akan melanjutkan transfer ke si penjual. Mungkin sedikit ribet tapi demi keamanan, apa salahnya kita melakukan metode transaksi ini.

Ketiga, adalah COD (cash on delivery) seperti yang saya sebutkan diatas, cara COD ini metode transaksi antara penjual dan pembeli yang dapat saling bertatap muka. Si penjual/kurir akan mengantarkan langsung pesanan ke si pembeli, lalu pembayaran akan dilakukan setelah barang diterima langsung. Sepanjang yang saya tahu, beberapa toko online sudah melakukan cara seperti ini termasuk blanja.com.

Yang patut kita ketahui lagi selain metode transaksi diatas, memilih online shop itu jauh lebih penting, membandingkan harga dari setiap toko online itu juga perlu, tapi jangan mudah tergiur barang murah.Karena biasanya dibalik harga murah ada kualitas barang yang tidak sesuai harapan kita.

Jadi, kenapa harus belanja online? blanja online itu gampang, kok..beneran deh.


12 comments:

  1. ooo.... baru tau ada blanja.com thx infonya... segera meluncur ke sana

    ReplyDelete
  2. Kalau aku sih, mba. Cuma ngeliat dari testimonial pengunjung yang beli disana, terus coba pake feeling deh belanjanya.. By the way, coba kesana dulu ahh.. Mau lihat-lihat.. :)

    ReplyDelete
  3. Waah baru tau ada blanja.com nih... Ini semacam marketplace gitu ya...

    ReplyDelete
  4. Keren nih, sistem rekber (rekening bersama), bikin nyaman kedua belah pihak.. tengkyu infonya Melly.

    ReplyDelete
  5. Belanja online memang mudah ya mak & asyik :)

    ReplyDelete
  6. Hohoho, tambah banyak pilihan belanja online yg memudahkan ya mbak :)

    ReplyDelete
  7. aku....akuuu...demen mantengin onlineshop Mel ;)

    ReplyDelete
  8. Belanja online ini semakin membuka lapangan pekerjaan ya, khususnya bagi kurir.. Setiap hari ngantar barang terus

    ReplyDelete
  9. Aku sih mikirnya lebih praktis, Mbak.. Ngga pakek ribet :D

    ReplyDelete
  10. Udah lama ga belanja online. fitur yang ditawarinnya asik, ya, Mel.

    ReplyDelete
  11. iya gampang banget dan praktis juga :D

    ReplyDelete
  12. Belanja online memang lebih gampang, ada banyak pilihan yang ditawarkan. Tapi ongkir di Indonesia masih lumayan mahal.

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu