Tuesday, 17 February 2015

Recycle Lagu Jadul

Recycle Music. Ft :iconfinder.com

Bernostalgia memang cara terbaik untuk bisa mengingat sesuatu. Kemarin saya bernostalgia menjadi remaja dengan membaca kembali novel teenlit yang judulnya Fairish. Ada perasaan yang membuat haru dan sedikit perasaan aneh, ketika tak sengaja atau sengaja bernostalgia.

Kali ini saya ingin bernostalgia dengan lagu-lagu jadul, tapi nggak jadul-jadul banget sih. Karena belakangan semakin banyak penyanyi masa kini yang meng-cover lagu-lagu jadul atau yang biasanya juga disebut me-recycle (mendaur ulang) lagu lama menjadi aransemen yang baru dengan ciri khas suara dan musik si penyanyi. Sebagian ada yang ngehits, ada juga yang biasa aja..


Well.. Beberapa lagu-lagu itu menjadi favorite saya (lagu , walau saya nggak begitu banyak mengetahui tentang musik, tapi saya pikir lagu-lagu lama itu memang lebih asik didengerin. Jadi, saya ingin berkomentar tentang cover-cover ini menurut pendengaran saya pribadi.

Pertama saya mau bilang lagu Tiada Kata Berpisah yang pernah dibawakan oleh Rio Febrian di albumnya pertamanya (Rio Febrian-2001) yang ciptaan Bebi Romeo ini. Yang di daur ulang dengan musik yang lebih modern dengan suara Rafael Tan (Smash) yang sedikit sengau (menurut saya). Hasilnya, terdengar lebih asik, lebih agak ngebeat namun tetap lembut sesuai dengan musik dari lagunya itu sendiri. Lagu yang dirilis tanggal 28 Januari kemarin termasuk di album kompilasi dari VA Y2Koustic ini langsung disukai oleh penggemarnya Rafael dan Smash. Menurut saya ini bagus ya, anak-anak jaman sekarang jadi lebih mengenal musik yang lebih keren. Lagu sedih tapi nggak bikin cengeng.

Saya sebagai penggemar lagu-lagu yang dibawakan Rio Febrian nggak kecewa mendengarnya, karena suara Rafael membawakan lagu ini juga pas. Dan Rio Febrian menjadi 'hilang' dilagu ini. Berarti lagu ini bisa move on (nggak kayak pendengarnya) #eh.

Kedua, lagunya Sheila On 7 yang didaur ulang oleh (duh sumpah saya lupa namanya) penyanyi yang cukup terkenal, dia membawakan lagu Sheila on 7 (yang saya juga lupa judulnya). Tapi hasilnya menurut saya nggak terlalu bagus.

Ketiga, Tulus dengan salah satu lagu dari Pongky Barata (ini juga lupa judulnya), lagu ini ada di album Pongky "Meet the star" bersama dengan penyanyi lainnya, seperti Rio Febrian dengan "Aku Bukan Pilihan" yang pernah hits sama Iwan Fals, dan beberapa lagu lainnya. Tapi untuk lagu Pongky bersama Jikustik dulu, jika dibandingkan dengan versi Tulus, saya masih tetap suka dengan Jikustik.

Keempat, ada lagunya Tic Band yang judulnya Terbaik Untukmu dan sekarang di daur ulang oleh Raffi Ahmad. Ini lagu romantis. Dan saya suka sewaktu pertama kali mendengar Raffi menyanyanyikannya untuk Gigi (istrinya). Lagunya jadi lebih kece, lebih berirama dan bersemangat. Yang versi Tic Band lembut, yang dari Raffi agak cepat. Tapi dua-duanya tetep favorite saya.

Terakhir saya suka sama lagu Afghan (Sadis) yang dinyanyikan ulang oleh Citra Scholastika. Suara Citra yang unik bisa pas dengan lagu ini.

Edit: 17 Februari
- Nama penyanyi recycle lagu So7, Ello



17 comments:

  1. yang lama bukan berarti usang, right ?

    ReplyDelete
  2. recycle lagu, bisa buat kita ingat terus lagu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi klo lagunya ada kenangan :D

      Delete
  3. duuh, lagu aja bisa move-on, masa aku ngga *jadii maluuu :p

    yg SO7 kayanya yg di recycle sm tangga yah kak, yang judulnya Sephia..
    kalo yg di nyanyiin rafael malah aku belum tau deh, jadi pengen denger lagu sedih yang gak bikin cengeng hehe

    ReplyDelete
  4. Coba ada ya yang recycle lagu anak2 karangan Pak Kasur, Bu Kasur, Ibu Sud, dll. Pasti aku beli!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada ya mbak..sayang bgt anak2 sekarang dicecoki lagu2 dewasa

      Delete
  5. Kalau cari di YouTube ada aja mbak. Aku pernah nemu lagu2 anak juga di YouTube :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka males bufferingnya mbak klo di Youtube :D

      Delete
  6. Sekarang sy agak kudet nih soal lagu-lagu.
    Masih suka lagu 90's :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa, aku jg masih suka sm lagu2 90an :D

      Delete
  7. Coba klo lagu itu dibawa sama Saipul Jumal, apa masih suka dengernya? hayooo....

    ReplyDelete
  8. saya juga suka sama beberapa lagu yang direcycle :)

    ReplyDelete
  9. kadang ada juga nih nurut aku lagu recycle yang menurut aku krg enak dibawain sama artis lain, seperti saat Marcel yang bawain hehehe .. tapi selera orang beda - beda sih ya

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu