Friday, 31 July 2015

LangitMusik, Aplikasi Yang Harus Ada Buat Penggemar Musik


Kalau dulu-dulu saya itu seneng banget yang namanya download musik dari situs-situs atau website yang menyediakan musik gratisan. Tapi semenjak saya tau bahwa membuat sebuah karya itu butuh perjuangan yang tidak bisa dibilang mudah, saya mulai pelan-pelan meninggalkan kebiasaan saya itu dan beralih ke cara yang konvensional seperti orang-orang pada jaman tahun 90an.
Orang-orang yang menggemari musik pada tahun sebelum smartphone dan kecanggihan teknologi semakin berkembang seperti sekarang, yang memudahkan setiap orang mengakses apa saja termasuk mendengarkan musik. Orang-orang yang harus menabung terlebih dahulu untuk membeli kaset agar bisa mendengarkan berulang kali musik yang mereka sukai. Orang-orang yang bangga ketika namanya disebut oleh penyiar radio. 
Yup..saya sekarang punya prinsip, lebih baik mendengarkan radio, dan tidak semena-mena mendownload musik gratisan (bajakan) yang merugikan mereka, yang sudah bersusah payah membuat karya musik yang indah untuk kita dengarkan.
Tsaaah, gaya banget, kan? Tapi serius lhooo, boleh di periksa folder musik di netbook dan smartphone saya, apakah banyak musiknya atau tidak. Walaupun yaa...nggak mau munafik juga sih, ada beberapa lagu yang terpaksa saya download seperti lagu-lagu soundtrack film atau di drama Korea yang memang (sepertinya) nggak terlalu dipermasalahkan kalau dibajak :D.

Tapi, beruntung kita hidup dijaman yang serba modern, apa-apa gampang, bahkan sekarang ini untuk membuat karya musik juga semakin dimudahkan. Banyak aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk menyalurkan bakat yang kita punya, membuat lagu, aransemen, mencari inspirasi dan sebagainya. Bahkan untuk mendengarkan dan mengkoleksi berbagai jenis musik dari ribuan lagu Indonesia maupun International inipun bisa. Salah satunya dengan mendownload aplikasi LangitMusik di smartphone yang kita punya (saya pakai android).
Kenapa harus LangitMusik? Iya kenapa ya?..
Sebenarnya sekarang banyak banget aplikasi yang serupa dengan LangitMusik. Yaitu aplikasi layanan musik digital yang dapat kita gunakan untuk streaming dan download lagu sepuasnya. Tapi mungkin tidak selengkap dan semudah yang LangitMusik berikan, itu sih yang saya rasakan. 

Saya sendiri pernah menuliskan tentang mengapa saya memilih LangitMusik disini tahun 2013 silam. Karena musik adalah bumbu kehidupan, saya tidak mau hidup atau jiwa saya terisi dengan musik bajakan. Simplenya, kalau kita masak, lalu masakan kita itu terasa lezat dan kita menikmatinya, tapi semua bumbu masakan itu dari hasil mencuri? Apa kita benar-benar bisa menikmatinya? Sementara orang yang kita curi sedang kebingungan dan kelaparan. Sama mungkin dengan para musisi yang membuat lagu-lagu indah yang kita dengarkan. Kita enak-enak santai mendengarkan musik (bajakan) sementara para musisi dirugikan tidak mendapatkan keuntungan atau royalti dari hasil yang mereka ciptakan, kecuali musik yang mereka buat memang digratiskan.

Dan saya tertarik dengan quote salah satu blogger yang saya baca, dari sebuah review tentang aplikasi musik serupa. 
Jika para koruptor mengambil hak rakyat, maka masyarakat telah mengambil hak para musisi. Quota dari sini http://www.amyunus.com/review/melon-indonesia/
Nah! Nggak asikkan?

Dan layanan aplikasi LangitMusik ini sendiri adalah layanan musik digital dari Telkomsel yang bekerja sama dengan PT. Melon Indonesia.

Oh iya, balik lagi kenapa saya memilih LangitMusik untuk mendownload dan mendengarkan musik? Alasannya ya karena mudah diakses dan tidak melanggar hak cipta.
Sedikit review dari saya selama menggunakan aplikasi LangitMusik. Awalnya memang agak bingung, gimana caranya menggunakan aplikasi ini? Apakah sama seperti kita mendengarkan musik seperti biasanya? Jawabannya IYA, tapi memang ada beberapa yang dibatasi, seperti? Nanti saya jelaskan.

Karena LangitMusik adalah layanan musik digital dari Telkomsel, otomatis saat kita ingin menikmati layanannya dan registrasi di aplikasi/websitenya harus menggunakan nomor Telkomsel. Jadi, hal utama yang diperlukan ya nomor telkomsel. Untuk data internetnya sendiri bisa menggunakan dari provider lain sih, misalnya dari jaringan wifi.

Registrasi atau loginnya itu gampang banget, ada 4 paket registrasi LangitMusik yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.


Pertama, Paket LangitMusik Basic, paket ini seperti paket perkenalan jika pertama kali kita mencoba akses LangitMusik karena tidak dikenakan biaya, namun bisa diakses selama 30 hari. Namun di paket ini kita hanya mendapatkan preview streaming 60 detik saja, tidak full dan lagunya tidak bisa didownload.
Kedua, Free Trial, hampir sama dengan yang Basic tidak dikenakan biaya, akan tetapi kita bisa menikmati streaming lagu dan download sepuasnya. Jika Basic berlaku 30 hari, Free Trial hanya untuk 7 hari saja.
Ketiga LangitMusik Premium 7 Hari dan keempat LangitMusik Premium 30 hari. Dua-duanya sama, yang membedakan tentu saja masa berlaku dan jumlah biaya yang harus kita bayar untuk menikmati layanan ini.

Pembayaran paket registrasi LangitMusik ini sistemnya adalah dengan cara pemotongan pulsa sesuai dengan Paket Premium yang kita beli, misal Premium 7 hari harganya Rp. 3000 dan Premium 30 Hari sebesar Rp. 10000 plus PPN 10%. Nggak gede kok, karna sebagai warga negara yang baik kita juga harus membayar pajak pembelian.

Nah, kemarin saya mencoba yang paket premium 7 hari, tapi ada sedikit kendala ketika saya mendaftar  dan login ke aplikasinya. Ntah jaringan internet yang lelet atau sistem di aplikasinya yang mungkin ada masalah. Beberapa kali saya klik selalu muncul 'gagal mengirimkan pesan'. Untuk info saja, aplikasi LangitMusik yang kita install di smartphone itu haruslah juga terpasang simcard dari telkomsel, jadi kalau beda smartphone sepertinya tidak bisa ya. Karena kemarin-kemarin saya sempat mencoba seperti itu, sistemnya gagal terus.

Karena terus-terusan gagal itu, saya akhirnya memilih klik lupa password di aplikasinya, tapi masih muncul gagal pesan. Dan terpaksa saya membuka browser di laptop untuk mengakses website LangitMusik. Setelah berhasil, ada sms masuk ke nomor simpati berisi nomor telkom yang saya daftarkan beserta password untuk login (lupa password karena daftarnya dari tahun 2013) :D

Setelah berasil login, saya memilih paket premium yang 7 hari itu tadi, namun masih gagal, bingung dong pastinya? Ini bagaimana caranya? Setelah saya searching caranya ternyata selain registrasi melalui aplikasi LangitMusik itu sendiri, kita juga bisa registrasi Paket Premium dengan cara mengirimkan SMS. Jika ada yang merasa kesulitan seperti yang saya alami, bisa lakukan seperti dibawah ini.
Untuk Premium 30 Hari atau 1 bulan, bisa dengan cara ketik REG (spasi) PMUSIC lalu kirim ke 96161. Atau jika hanya ingin premium 7 hari seperti saya, cukup dengan cara REG (spasi) LMP2 lalu kirim ke nomor yang sama.
Nanti akan ada balasan seperti ini, nih?


Mudah bukan?
Setelah berhasil login dan membeli paket premium, saatnya ngulik-ngulik apa yang bisa kita nikmati dari layanan ini.



Yang saya suka banget dari LangitMusik ini adalah, rekomendasi lagu atau musik dari menu discover saat pertama kali kita membuka aplikasi, dua kata banyak banget! Ada banyak banget pilihan dari berbagai genre dan kategori, karena ada lebih dari 800.000 lagu yang tersedia di LangitMusik. Dari sini saya bisa tau, lagu yang sedang hits, lagu yang baru rilis dan lagu-lagu yang jadi highlight atau lagu-lagu dari playlist LangitMusik itu sendiri, kita juga bisa membuat playlist sendiri dari lagu-lagu yang kita pilih, di menu My Music



Dari situ kita bisa pilih mana lagu yang mau kita dengarkan melalui streaming atau mendowload dan menyimpannya. Tapi satu yang musti kita ketahui, seperti yang saya bilang diatas, walaupun unlimited atau kita menyebutnya 'sepuasnya' ada batasan dan aturan yang haru kita patuhi. Memang sih, kesannya itu kita jadi merasa rugi, sudah membayar tapi lagunya 'dibatasi'. Dibatasi dalam bentuk apa?
Jadi begini, lagu yang kita download di aplikasi LangitMusik ini formatnya adalah dcf  atau DRM (digital right management). Yang itu berarti file yang kita download itu tidak bisa kita ubah menjadi Mp3 dan menyimpannya seperti lagu-lagu yang kita putar dengan alat pemutar musik seperti biasa.
Untuk keterangannya bisa lihat penjelasan dari screenshoot atas pertanyaan di yahoo.



Terus gimana, dong?
Ya, nggak perlu gimana-gimana. Karena memang begitu cara kerjanya. Tapi jangan khawatir, karena di LangitMusik ada fitur Buy Mp3 Track yang tinggal klik, notifikasi pembeliannya juga bisa menggunakan pulsa yang konfirmasinya dikirimkan melalui sms. Selain Buy track, kita juga bisa membeli NSPnya juga. Hal ini tentunya untuk mendukung industri musik khususnya di Indonesia. Jadi, jangan mau yang gratisan mulu ah. Hehe.


Untuk fitur-fitur lainnya, aplikasi LangitMusik juga menyediakan catalog, yakni menu yang memudahkan kita mencari lagu sesuai dengan genre atau kategori musik yang kita mau. Contohnya, Indonesia Jazz, Pop Barat, Barat RnB, Pop Korea, Chinese, musik Religi, seperti Muslim, Kristen, Budha dan Hindu dan lainnya.



Nggak cuma itu aja sih, lagu yang kita dengarkan dari hasil download atau hanya streaming saja bisa dibuat sambil karaokean juga. Karena ada aplikasi LangitMusik karaoke yang kita download terpisah, dan didukung dengan adanya lirik yang tersemat di lagu yang kita dengarkan itu. 
Cuma satu kekurangan dan jadi pertanyaan saya, lagu-lagu yang sudah kita download itu tidak bisa kita dengarkan jika layanan digitalnya tidak terhubung dengan internet. Tapi, itu tidak terlalu jadi masalah, karena itu tadi, kalau mau punya lagunya, ya kita harus beli.



 
Kalau bosen sama warna-warna dashboard di aplikasi LangitMusik, kita bisa kok pilih warna sesuai mood kita, adanya di settingan. Dan cuma soal warna, soal musik juga pastinya. LangitMusik sudah menyediakan apa yang anak langit butuhkan. Kalau lagi seneng, sedih atau galau nggak jelas. Bisa tinggal cari deh lagu yang lagi dirasain sesuai mood. Sebagai penikmat musik, aplikasi ini membantu banget buat saya cari referensi lagu-lagu yang asik. Kalau belum punya aplikasi LangitMusik, bisa lho cobain dulu streaming di widget yang ada di blog saya ini.

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerja sama Langit Musik dan Warung Blogger


Kompetisi Langit Musik

4 comments:

  1. Keren yaa, sekarang banyak solusi sehari-hari yang disupport dari sebuah aplikasi :)

    ReplyDelete
  2. aku udah download banyak nih mel

    ReplyDelete
  3. LM seru juga yah, mau install ah. Klo ke luar kota pasti nggak terasa perjalanan sambil dengerin lagu-lagu di LM

    ReplyDelete
  4. aku udah download dan ternyata perlu nomor Indonesia ya :(...semoga menang yaaa mel :)

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu