Monday, 3 August 2015

Waktu Yang Pas Untuk Belajar Fotografi


Pernah nggak sih melihat foto yang dapat bercerita, cukup dengan melihatnya saja, kita seperti sudah masuk dan mengerti apa yang terjadi dari bidikan kamera fotografer. Biasanya foto-foto ini yang masuk kategory humanity (kemanusiaan).
Dan kalau ngomongin fotografi, saya selalu iri melihat hasil foto orang-orang yang di apload dan di share di sosial media, apalagi dari akun-akun fotografer yang pro maupun amatiran di instagram. Mereka bisa banget mengcapture setiap momen yang terjadi, pencahayaan dan angel yang pas.
Tapi, sebenarnya kita yang nggak ngerti fotografi-pun, bisa lhoo seperti mereka. Asal tahu, kapan waktu yang tepat untuk kita memulai belajar. Nggak perlu yang harus pro pakai kamera canggih dan sebagainya, pakai kamera smartphone juga bisa kok.

Beberapa tips fotografi yang saya baca dari penuturan fotografer muda disebuah acara coaching clinic yang diadakan PT. Dell Indonesia, dengan tema “photography coaching clinic, capturing your” #EveryDELLife,  di  Jakarta beberapa waktu lalu, tepatnya 11 Juli 2005 di CJ's Lounge Bar di Hotel Mulia Jakarta, jadi bahan buat saya untuk belajar fotografi.
Karena foto jadi hal sangat penting yang saya butuhkan untuk mendukung aktivitas saya sebagai blogger. Foto merupakan content blog yang tidak bisa ditinggalkan. Ibarat sayuran tanpa garam, rasanya hambar. Begitu juga tulisan tanpa gambar, seperti rumah tanpa jendela.





Soal cahaya, menurut Raja Siregar, fotografer yang menjadi narasumber di acara tersebut menuturkan, jika ingin foto outdoor, hindari jam-jam dimana Matahari sedang terik-teriknya, yakni sekitar jam 12-an. Dan sebaiknya sore hari adalah waktu yang tepat untuk memotret, terutama jika cuaca sedang cerah.

Tapi yang terpenting, memotret itu adalah soal rasa, bagaimana sebuah foto dapat menceritakan apa yang terjadi kepada yang melihatnya, Ujar Nurulita, fotografer yang hadir di acara itu.


Nggak perlu alat yang canggih, kok menurutnya. Karena editing foto dari komputer/laptop sudah sangat membantu menghasilkan karya foto yang indah. Editing menggunakan laptop yang sudah dilengkapi fitur fotografi seperti Dell Seri XPS 13 dan XPS 15 yang baru diluncurkan diacara coaching klinik kemarin itu. juga cocok untuk fotografi pemula yang sedang belajar memotret. Karena layarnya yang tajam dan jernih memudahkan untuk proses editing. Dell sendiri berharap, dengan kehadian Dell XPS 13 dan 15  ini dapat mendukung fotografer saat editing foto, karena diciptakan memang untuk pendukung fotografi dalam mengolah gambar.


 

Sumber:
http://nurterbit.com/2015/07/memotret-itu-gampang-ini-rahasianya/
http://www.tamankata.web.id/2015/07/tips-dasar-memotret-untuk-fotografer.html
http://goiq.blogspot.com/2015/07/tips-dasar-fotografi.html

9 comments:

  1. oh kalau mau moto moto yang bagus ada waktu waktu nya toh :D

    ReplyDelete
  2. aku paling suka foto outdor pagi jam 8 an,bagus banget langitnya^^

    ReplyDelete
  3. Anak sulungku laptopnya Dell :))

    ReplyDelete
  4. aku suaknay asal moto mel hehehe makanya hasilnya gak banget

    ReplyDelete
  5. sepertinya saya gak ada bakat jadi fotografi

    ReplyDelete
  6. Wooow.. keren banget teh Mel, bidikan potret yang luar biasa, saya jadi terinspirasi untuk mengambil foto yang oke, alhamdulillah dapat referensi keren dari Kak Mel, terima kasih kak Mel atas informasi yang inspiratif ini... :)

    Salam bahagia dan selamat siang kak Mel :)

    ReplyDelete
  7. Untuk mendapatkan foto yang bagus, harus sesuai dengan kondisi ya. Bagus-bagus hasil jepretannya.

    ReplyDelete
  8. kereeeeen...kalau kata aku kuncinya adalah terus coba dan coba lagii...lama-lama dapet frame yang pas dan terbiasa dengan kamera serta segala pengaturannya :)

    ReplyDelete
  9. Klo aku asal jepret aja, nggak bagus hasilnya. Yg penting ada foto buat postingan blog hihhi. Ajarin dong mel foto2 makanan *comot cupcakes :)

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu