Monday, 2 November 2015

Aplikasi Untuk Melihat Pemakaian Kuota Internet

http://www.melfeyadin.web.id/2015/11/aplikasi-untuk-melihat-pemakaian-kuota.html

Entah cuma saya sendiri atau yang lainnya juga, akhir-akhir ini, terutama awal bulan ini, pemakaian kuota internet yang saya gunakan cepat sekali habisnya. Kesel banget jadinya. Bulan lalu saya bisa awet 1.5Gb perbulan untuk pemakaian di smartphone saja, standar pemakaian untuk sosial media, posting ig, chatting wa/bbm/fb, twitter dan sesekali buka link berita. Pemakaian wajar ini sudah berbulan-bulan tanpa ada keluhan.
Tapi bulan ini, 1.5 Gb yang saya pakai cuma bertahan selama 4 hari, saya syok. Kok bisa sih? Karena merasa nggak pernah seperti ini. Benar-benar pamakaian wajar seperti biasanya. Jadi saya sudah hapal, kapan paket internet saya musti diisi ulang atau tambah kuota extra. Settingan di smartphonepun nggak ada yang berubah.

http://www.melfeyadin.web.id

Saya sempat marah-marah ke cs providernya melalui customer care di twitter, ini error atau bagaimana? Tapi, jawabannya ya standar customer service. Kita yang dituduh sudah boros kuota. Sebel..ahh sebel banget! Karena hidup di jaman serba digital seperti sekarang, kuota internet merupakan kebutuhan pokok yang harus ada setiap hari. Apalagi kalau pekerjaanpun membutuhkan internet yang stand by 24 jam.

Karena penasaran, sebenarnya paket internet yang saya pakai itu sudah habis untuk apa saja, sih? Saya akhirnya googling nyari aplikasi yang bisa mendetect pemakaian internet. Jadi, biar tau, internet habis karena buka apa saja. Ada beberapa aplikasi yang di rekomendasikan, customer care provider yang saya komplen sendiri menganjurkan saya menginstal Aplikasi yang mereka kembangkan (yang sudah saya install lama), tapi aplikasi ini hanya memantau sisa kuota yang terpakai, bukan habis buat apa saja kuota yang saya pakai ini. (Ngerti ya? :D).

Ketemulah akhirnya beberapa rekomendasi aplikasi yang harus saya install di android. Tapi sejauh ini setelah saya mencoba menginstall semuanya dan uninstall lagi. Saya lebih terbantu dengan satu aplikasi My Data Manager ini. Karena saya hanya membutuhkan 'keinginan tauan saya saja. Nggak lebih.


Sebenarnya kalau di smartphone-smartphone keluaran terbaru, kita nggak perlu membutuhkan aplikasi ini, di fitur smartphonenya sendiri sudah ada, seperti di Smartphone Andromax V3s yang saya gunakan sekarang. Tapi masalahnya, smartphone yang saya gunakan untuk internetan/modem GSM sudah tergolong jadul..hehe, jadi bingung kemarin bagaimana melihatnya. Dan tiba-tiba saja saya jadi menyesal dulu pernah menjual Xiomi Redmi yang saya dapatkan dari hasil menang lomba. Karna pas liat di online shop macam Lazada, smartphone ini ternyata banyak diburu konsumen.

Nah, balik lagi ke My Data Manager, aplikasi yang bisa kita pakai untuk memantau penggunaan kuota internet. Di aplikasi ini kita bisa melihat, aplikasi apa saja yang sudah boros ngabisin kuota. Setelah saya install dan saya lihat datanya, Google+ adalah aplikasi yang paling banyak ngabisin kuota. Padahal sebelumnya nggak seperti ini. Foto-foto yang saya jepret memang saya bikin autobackup ke akun google. Jadi, kalau saya mau apload foto ke blog (blogspot) tinggal seret dari fitur image from smartphone di blog yang tersambung dari akun google tersebut.


Tapi karena kasus ini, google+ yang ada di smartphone, terpaksa saya disable, dan settingan auto backupnya saya lepas. Well, sedikit lebih baik karena kuotanya lumayan jadi cukup awet.
 

25 comments:

  1. Ohhh gitu toh mbak, hmmm baiklah. Makasih yaaa pencerahan banget nih

    ReplyDelete
  2. Sinkronisasi galeri di disable tante
    :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang mulai dicek2 lg sinkronisasinya

      Delete
  3. Hmmm perlu instal aplikasi khusus yaa. Tfs yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu sih sebenernya. di hp skrg ada fiturnya

      Delete
  4. penting nih meel...tengkyuu....

    ReplyDelete
  5. aku udah ngurangin padahal... tapi ttp ae boros..aku 20-gb loh mel sebulan..malah seringnya kurang -____- yutuban jarang padahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sama internetan di laptop emg segitu ya mbak

      Delete
  6. kalau kehabisan pulsa aku tinggal telp melly aja ah minta dikirimin :)

    ReplyDelete
  7. mel, aku kok jarang ngecek yang beginian ya, ngisi pulsa dan paketin juga dibantuin orang...heheee. Besok kalau aku butuh isi pulsa, hubungi kamu aja ya... piiiiiss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku memang gak ngecek mbak, tp klo kuota habis tiba2 kan nyesek jg :D

      Delete
  8. ternyata autobackupp lumayan menguras kuota ya, kalo saya semenjak di rumah pasang speddy, engga pernah lagi pake kuota di hp cuma mengandalkan wifi, cuma kekurangan nya kalo pas lagi keluar rumah ga bisa nge akses medsos

    ReplyDelete
  9. Yutub tuh juga sering ngabisin kuota, kadang lupa daratan kalo udah buka yutube yaa. Kudu seleksi ya, mana yang kita butuhkan

    ReplyDelete
  10. Back up data G+ emang ngabisin data dan batre juga, Mel. Pas aku mudik berasa banget, karena biasanya aku set otomatis. Jadi solusinya sekarang aku set kalau ada wi-fi aja. Meski aku punya paket internet, aku nggak mau nge-back up, biarin aja tunggu ada wi-fi baru dia nge-back up sendiri. Sayang paketnya. Belom pake buat apa2 udah abis duluan gara2 back up doang. Mana kalo ngejepret banyak, terus belom lagi foto2 yg masuk ke wasap kesimpen otomatis di hp. Jadilah banyak yang di-back up. -_____-

    ReplyDelete
  11. Waaa, ada apliksinya, ya. Pasti bermanfaat banget, nih :) Aku pakai wifi di rumah, tapi ini penting juga kalau lagi di luar :)

    ReplyDelete
  12. Baru tau saya mba hehe, btw makasih ya mba :)

    ReplyDelete
  13. Aku nggak pernah ngecek nih pemakaian kuota. Sepertinya foto-foto autobackup juga.

    ReplyDelete
  14. penting banget nih, soalnya aku sering kebablasan. pernah 10 GB kelar dalam 3 hari T_T

    ReplyDelete
  15. Enaaak nih ada aplikasinya.. Jadi tau persis yaaa mana yang perlu dan ngg.. Bisa control ;)

    ReplyDelete
  16. Info yg menarik mba. Patut dicoba. mungkin kena kebanyakan pemakaian juga ya hp saya jadi berat. Trims infonya

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu