Monday, 25 January 2016

Ingin Jual Rumah? Ini Kesalahan yang Nggak Boleh Kita Lakukan

Foto dr urbanindo.com/M.Faisal

Salah satu cara cepat buat mendapatkan uang itu biasanya adalah jual rumah yang kita miliki. Namun, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dan lakukan sebelum melakukan prosesnya. Salah-salah, bukannya mendapatkan untung, rumah yang mau kita jual justru terombang-ambing selama berbulan-bulan di pasar properti. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa kesalahan yang harus kita perhatikan ketika ingin menjual rumah.

Jual Rumah Tanpa Bantuan Agen Properti

Beberapa orang memilih untuk menjual rumah mereka sendiri tanpa bantuan agen properti, supaya bisa menghemat biaya. Namun, ternyata hal tersebut bisa menjadi kesalahan fatal dan justru dapat mengeluarkan biaya mahal. Ada baiknya, kita mencoba menyewa agen, kalau misalnya kita nggak tahu apa yang harus dilakukan dalam menjual rumah.

Memilih Agen Properti yang Salah

Kesalahan lain yang tidak bisa kita duga adalah memilih agen yang tidak berkompeten. Terlebih apabila agen yang kita pilih ternyata memberikan saran harga yang buruk, mengejar kampanye pemasaran yang terbatas, serta membuang-buang waktu dengan pembeli yang tidak serius. Nah. supaya kita tidak mengalami kesalahan itu, pastikan kita sudah mencaritahu terlebih dahulu seperti apa profil agen properti yang ingin disewa.

Harga Jual Rumah yang Terlalu Tinggi

Menetapkan harga jual terlalu tinggi pada rumah kita juga bisa menjadi boomerang tersendiri, karena akan mengurangi jumlah pembeli yang tertarik. Itulah mengapa seorang agen real estate dibutuhkan ketika kita ingin menjual rumah. Hal ini disebabkan mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang pasar sehingga dapat membantu memilih harga yang sesuai untuk rumah yang mau dijual.

Tidak Terlalu Peduli Pada Akta Jual Beli

Jual rumah bisa menjadi bermasalah ketika harus berurusan dengan hukum, karena beberapa penjual atau pembeli rumah tidak terlalu peduli dan membaca semua akta jual beli. Padahal setelah menandatangani dokumen tersebut, kita harus mematuhi semua yang tertulis di sana. Pastikan juga kita sudah membaca akta jual beli secara menyeluruh. Semoga beberapa tips tersebut dapat membantu teman-teman dalam menjual rumah dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

13 comments:

  1. bagus sarannya teh..

    mumpung masih mudah banyakin beli tanah biar jadi juragan tanah.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, jadi juragan tanah musti ada uang dulu dong buat beli tanahnya :D

      Delete
  2. Agen Property yang tepat, sangat membantu banget ya mbak
    salam sukses

    ReplyDelete
  3. Noted mbak, sapa tau nanti saya punya aset properti yang banyak n mau dijual ini artikel recomended banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik, sy kebagian komisinya gak ni? :D

      Delete
  4. wessss.. mba mel juragan tanah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiiin, mudah2an beneran bisa jd juragan tanah :D

      Delete
  5. Bisnis properti memang sangat menggiurkan mba :). Salam kenal

    ReplyDelete
  6. lewat agen walau mengeluarkan uang tapi cukup membantu ya

    ReplyDelete
  7. Aku lg nyari rumah nii. Banyak yg ga pake agen properti. Jadi muterin komplek olangan ajah :D

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu