Wednesday, 30 March 2016

Dengan Aplikasi MyJNE Hidup Jadi Lebih Mudah

 
Beberapa yang lalu saya bikin giveaway tentang sejarah, yang pesertanya saya minta untuk menceritakan apapun sejarah yang mereka ketahui. Dan Alhamdullillah pesertanya nggak banyak, jadi saya nggak begitu pusing menilai postingan yang sudah teman-teman daftarkan, hahaha. Tapi walaupun sedikit (hanya 27 peserta), saya sangat berterima kasih sekali, karena dengan membaca postingan teman-teman itu, saya jadi tau beberapa tempat-tempat baru dan asal usul namanya hingga sampai melegenda.


Paket hadiah buat teman-teman pemenang giveaway
Dan, masalah muncul ketika saya harus mengirimkan hadiah-hadiah giveaway untuk para pemenang yang sudah saya pilih. Hadiah-hadiah itu ada yang dari sponsor dan dikirim langsung, dan ada pula yang saya sendiri mengirimkannya.
Setelah pengumuman pemenang, ternyata cuaca di Bogor tidak menentu, hujan setiap hari dari pagi hingga siang, malam dan ke pagi lagi. Jadi, saat saya harus mengirimkan paket hadiah yang sudah saya siapkan, selalu terkendala dengan cuaca. Karena mengendarai motor, nggak mungkin paket yang dibungkus kertas itu saya bawa-bawa, bisa-bisa kebasahan, kan? Padahal, kantor cabang JNE tempat biasa saya mengirimkan paket setiap hari saya lewatin. Tapi ya itu tadi, karena hujan setiap hari akhirnya tertunda terus.

Saya mulai nggak enak karena harusnya hadiah-hadiah itu segera saya kirim, tapi masalah kembali muncul saya terserang demam hingga didiagnosa kena DBD dan terpaksa harus istirahat total untuk penyembuhan dan pemulihan seminggu lebih. Hadiah-hadiah itu tertunda lagi, deh.

Selama sakit sebenarnya saya sudah mencoba untuk nyari tahu dimana konter JNE terdekat, agar paket itu saya kirim segera menggunakan jasa ojek online. Tapi saya sendiri nggak tau dimana ada konter JNE yang dekat rumah, sedangkan kalau mau pesan ojek online kita harus tau tujuannya terlebih dahulu dan kebetulan saya juga nggak pegang uang cash saat itu. Alhasil paketnya tertunda lagi sampai saya sembuh dari sakit. Hiks..

Dan saya menyesal kenapa baru sekarang, lebih tepatnya dua minggu yang lalu mendownload aplikasi MyJNE dari JNE. Aplikasi yang memudahkan semua orang untuk mencari tau dimana lokasi konter atau cabang JNE yang paling dekat dengan kita dan mengecek biaya ongkos kirimnya. Bener-bener kudet alias kurang update banget, nih.

Fitur-fitur di Aplikasi MyJNE

Setelah mendownload, hal yang pertama kali saya klik tentu saja fitur Nearby, yakni fitur yang dapat mendeteksi keberadaan konter-konter JNE. Ini penting banget, kan? Karena terkadang konter-konter JNE ini agak tersembunyi, ada yang di kios atau bahkan ada yang 'menumpang' di sebuah toko dengan menggunakan ruangan kecil. Plang JNE jadi tak terlihat dari luar. Nah, dengan fitur Nearby ini, saya jadi tau, di sudut mana saja ada konter JNE. Kalau misal nggak tau rute jalan ke konter JNE ini, kita bisa kok memanfaatkan fitur dari google maps buat jadi penunjuk jalan.
Tapi, sayangnya, untuk menggunakan fitur Nearby ini, sepertinya harus punya koneksi internet yang lancar. Karna saya pernah mencoba disaat koneksi internet sedang tak bagus, fitur ini sedikit tidak berfungsi. Jadi memang, koneksi internet harus mumpuni buat akses fitur yang sangat memudahkan orang-orang untuk mencari tau dimana letak JNE terdekat.




Kedua, fitur cek tarif ongkos kirim dari paket-paket hadiah yang mau saya kirim. Jadi sudah prepare nanti pengeluaran untuk biaya ongkos kirim ke semua pemenang habisnya berapa aja. Sisanya bisa buat beli bakso, deh.. hehe.

Terus kita juga bisa ngecek status pengiriman, tinggak scan barcode atau masukkan kode resi yang tertera. Barang yang kita kirim sudah sampai mana kita bisa tau, tanpa harus harus browsing ke website JNE.




Fitur Spesial MyCOD dalam aplikasi MyJNE

Duh, ini apalagi? fitur-fitur yang disebutin tadi sepertinya sudah lebih dari cukup, ya? Udah memenuhi kebutuhan kita kalau mau kirim-kirim barang. Tapi ternyata JNE nggak cuma ngasih kebutuhan, tapi juga memanjakan dan memberikan solusi buat orang-orang jaman sekarang yang doyan banget belanja online.

Jadi, kayak satu paket lengkap gitu.
Hoho, jadi apakah itu MyCod yang sudah tersemat dalam aplikasi MyJNE? Yuk, mari kita ulas sepanjang yang saya pahami.

Awalnya memang saya pikir MyCod ini semacam istilah yang ada di transaksi online, Cash on Delivery, bayar belanjaan ketika barang sampai. tapi ternyata bukan. MyCod ini semacam rekening bersama yang ada di onlineshop yang dikembangkan oleh MyJNE. Bedanya, kalau menggunakan rekening bersama sekali transaksi, pembayaran bisa langsung kita tarik. Kalau di MyCod kita bisa menabungnya terlebih dahulu, nanti setelah banyak bisa kita ambil. Tapi ini bebas sih, kapan saja mau kita ambil, kita tinggal tarik saldo dari My Wallet yang ada di MyCod ini.

Cara menggunakan MyCod ini juga simple banget ternyata, bisa digunakan penjual dan pembeli secara langsung.





Pertama penjual maupun pembeli harus punya akun MyCod di aplikasi MyJNE yang dapat didownload terlebih dahulu di google play. Setelah itu registrasi dengan memasukkan nomor telepon dan data-data lainnya, ini penting karena untuk database ketika kita melakukan order di MyCod, jadi nanti mesin akan otomatis memunculkan nama dan alamat pembeli ketika kita input nomor telepon saat melakukan create order di MyCOD. Dan juga untuk membuat nomor virtual akun, yang fungsinya nanti untuk nomor tujuan saat pembeli melakukan transfer pembayaran dari order yang kita buat.

Pembayaran ini bisa ditransfer melalui ATM atau dari saldo virtual akun si pembeli, yang nantinnya akan dikenakan biaya admin yang sudah ditentukan oleh sistem MyCOD di MyJNE.
Setelah pembeli konfirmasi pembayaran, penjual memproses pengiriman barang ke konter JNE dengan alamat yang sudah ada. Jika barang sudah diterima oleh pembeli, si pembeli pun harus melakukan konfirmasi di MyCOD untuk memberitahukan bahwa barang sudah sampai, agar uang yang sudah ditransfer dikembalikan ke nomor rekening penjual oleh MyCOD.




Terus yang terakhir ada fitur My Cod Wallet, disini kita bisa lihat identitas kita, nama toko yang kita buat, nomor virtual akun dan juga jumlah saldo yang kita punya. Di My Cod Wallet ini juga kita bisa melakukan aktivitas, seperti transfer dana dari saldo yang kita punya ke nomor virtual akun lainnya, seperti pembeli ke penjual tadi. Di sini kita juga melakukan top up saldo, cash out atau menarik saldo yang kita punya dan dikirim ke nomor rekening bank.

https://goo.gl/v9XpfH


4 comments:

  1. bener banget, dengan MyCod pengiriman semakin mudah dan simple.. :)

    semoga menang ya mba.

    ReplyDelete
  2. Jujur, jika ga ada GA tentang MyCOD ini aku belum tahu lo layanan terbaru dari MyJNE ini.
    Hebat ya skrg makin banyak hal bisa dilakukan dari rumah

    ReplyDelete
  3. My COD emang memudahkan banget buat penjual dan pembeli online

    ReplyDelete
  4. Jadi pingin beli sepatu ke melly deh, pakai mycod ya nanti

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu