Wednesday, 13 April 2016

Seharian Explore dan Menyerap Ilmu di Museum CNI



Sudah lama saya nggak ikut acara blogger, mungkin sudah setahun, hehe, maksudnya tahun ini saya baru beberapa kali aja ikut acara yang mengundang blogger. Itupun karena saya bisanya hanya di saat weekend. Minggu kemarin (3/4) saya beruntung mendapatkan kesempatan untuk ikut tour bersama teman-teman blogger mengelililing kantor CNI, melihat-lihat sejarah dan ada apa saja di kantor yang terletak di Jln. Puri Indah Blok O2. No.1-3 Kembangan, Jakarta itu. Karena lokasinya ada di Jakarta Barat dan lumayan jauh, kami difasilitasi shuttle bus dari FX Sudirman agar bisa berkumpul dan berangkat bersama-sama.

Sekitar pukul 9 lewat, kami sampai di Kantor CNI yang bisa dibilang lebih mirip sebuah mall. Namun setelah mendapatkan penjelasan dari Pak Gusti  Alendra (Promotion & Marketing PT. CNI) kantor ini lebih seperti museum, karena di dalamnya banyak terdapat informasi sejarah dan benda-benda awal mula CNI berdiri, tahun 1986 silam oleh dua orang pemuda asal Bandung. Yang tahun ini CNI tepat akan berulang tahun ke 30, untuk merayakannya CNI akan mengadakan International Convention di ICE (International Convention Exchibition) di BSD akhir tahun ini, yang nantinya akan dihadiri oleh perwakilan, member dan pelanggan dari berbagai negara, karena produk-produk CNI sendiri sudah mendunia dan dipercayai manfaatnya.

Setelah berkenalan bersama teman-teman blogger dan beberapa tim dari CNI dan mendengarkan opening speak dari Pak Gusti, kami mulai diajak untuk tour, menelisik lebih banyak lagi tentang CNI. Dimulai dari galeri-galeri yang mengenalkan produk-produk dari CNI di lantai 1. Sebelum memulai kami diperlihatkan sebuah pajangan berbentuk hati dari rangkaian tangan yang saling berpegangan erat dan menara Eifel (Paris). Di lantai pertama gedung CNI ini banyak terdapat spot-spot buat nongkrong sambil menikmati kopi atau makan siang bersama teman kantor.


Memulai tour, galeri pertama yang kami explore adalah galeri Healt Food, disini kami dijelaskan pentingnya menjaga asupan gizi bagi, terutama kesehatan tulang sebagai penopang tubuh, diperlihatkan juga ada sebuah piramida yang berisi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna untuk tubuh. Di galeri Healty Food ini kita bisa mengecek kepadatan tulang dan mengenal produk Sun Chlorella, produk pertama yang diproduksi oleh CNI dan masih eksis sampai sekarang, produk yang bermanfaat untuk menumbuhkan sel-sel baru pada tubuh, termasuk produk yang paling laris. Adapula produk Ester-C, multivitamin yang sudah terkenal juga.


Selanjutnya di galeri Food and  Beverage, galeri ini menjadi favorite saya karena memajang banyak macam produk Up. Up merupakan produk junior di CNI, ada Up Dark Chocholate yang coklatnya menggunakan coklat asli Indonesia yang berasal dari Malang, lalu ada  Up  Honey Lemon Tea,  yang terbaru Up Green Tea, teh hijau pertama yang berbentuk serbuk namun tak menghilangkan rasa dan manfaat aslinya bagi kesehatan tubuh. Ada pula Kopi Ginseng, yang menjadi produk andalan CNI, kopi ini enak dan aman untuk lambung. 



Ketiga kami melihat-lihat galeri House Hold, di galeri ini sangat cocok untuk para ibu rumah tangga, karena banyak sekali produk peralatan rumah tangga dengan nama Ichi-I, tidak cuma alat rumah tangga, namun Ichi-I juga mengeluarkan produk eletronik lainnya di kategori hiburan, seperti headset dan powerbank. Ada juga Deterjen SC88 yang ampuh menghilangkan noda saat mencuci. Dan yang terakhir kami memasuki galeri Personal Care. Di sini kami tau, bahwa Nutrimoist, krim penyembuh luka menjadi produk paling laris di CNI di kategori personal care, selain itu, banyak juga produk-produk kecantikan lainnya.


Selain itu, ternyata, ada ruangan pusat penjualan semua produk CNI, ruangan ini semacam mini market, saya lupa apa namanya, tapi karena hari libur, ruangannya ditutup. Dan ada pula ruangan seperti salon berdampingan dengan galeri Personal Care tadi, tapi itupun juga ditutup. Dan hampir lupa, masih ada produk CNI di kategori pertanian dan perikanan. Produk ini juga sudah menjadi andalan dan terkenal dari dulu, namanya Plant Catalist, pupuk pelengkap untuk meningkatkan produktivitas tanaman.


Setelah puas melihat-lihat galeri dan berbagai macam produk CNI, kami lalu diajak ke lantai dua. Di lantai 2 ini ada tiga aula (kerjasama, positif dan disipilin) dan bisa dipakai untuk umum (disewakan). Di sinipun kami bisa melihat mesin-mesin yang digunakan CNI pertama kalinya untuk memproduksi berbagai macam produk yang masih ada sampai sekarang. Disitu kami juga dapat melihat kegiatan CSR yang sudah dilakukan CNI, seperti dana bantuan pada bencana alam  gempa bumi di Jogja tahun 2006 lalu, dan masih banyak lagi.

Setelah puas melihat-lihat, dan sebelum jam makan siang, kami melanjutkan untuk kelas sesi pertama yang akan diisi oleh Pak Marcel (Head of Marketing CNI Indonesia) tentang Content Management Sharing serta sedikit pengenalan tentang CNI yang dasarnya adalah MLM (Multi level marketing). Kalau dulu mungkin para agent CNI musti berusaha lebih giat lagi memasarkan produk CNI, misal dengan datang ke rumah-rumah dan menawarkan ke setiap orang. Namun sekarang dengan ada internet dan munculnya sosial media, jadi memudahkan semua orang untuk memasarkan maupun membeli produk CNI secara online. Untuk mendukung hal itu, CNI meluncurkan situs Gerai CNI tahun 2014, yang dapat memudahkan semua konsumen mendapatkan produk CNI. Untuk member, bisa membuat link afiliasi, yang bisa digunakan untuk sendiri maupun belanja untuk orang lain. Dengan link afiliasi ini, kita dapat memasarkan produk CNI menggunakan sosial media yang kita punya 


Menurut Pak Marcel, ada 5 stretegi pemasaran di media sosial. (1) Comprehend, memahami panorama pemasaran media sosial (2) Consumers, memahami media sosial sebagai awal mula/gerbang untuk menjangkau dan mengetahui siapa konsumen (3) Content, konten menjadi hal penting untuk mendorong minat pembaca/konsumen ke web kita  (4) Conversations, berinteraksi dengan pelanggan agar terjalin komunikasi yang baik dan (5) Connections, terlibat dengan banyak platform dan pengguna media sosial yang berbeda.

Di sini Pak Marcel juga menjelaskan bagaimana caranya berbelanja produk CNI di GeraiCNI, kita terlebih dahulu membuat akun untuk bisa belanja, namun konsumen tanpa menjadi member di GeraiCNI pun dapat melakukan transaksi pembelian. Pertama, kita tinggal pilih produk yang ingin dibeli, lalu masuk ke view cart untuk melihat produk-produk yang sudah kita pilih, jika sudah pilih selesai belanja dan lakukan pembayaran sesuai pilihan. Dan nantinya akan pilihan, apakah kita member CNI atau bukan, jika iya tinggal masukkan username dan password untuk login, jika bukan, nanti akan diminta nomor referensi member CNI yang lain. Pilih metode pengiriman dan pembayaran, setelah itu lakukan konfirmasi pembayaran agar transaksi kita segera diproses dan barang yang kita pesan segera sampai di rumah.

Gunakan link ini untuk berbelanja produk CNI di GeraiCNI

Pada sesi materi dalam rangkaian explore CNI kemarin, kami juga mendengarkan mengenai Indonesian e-commerce & online payment dari Pak Riski dari Doku.
Berbicara mengenai metode pembayaran diberbagai e-commerce atau lebih mudahnya online shop baik di sosial media (twitter, facebook, instagram, blog) maupun di market place seperti tokopedia, bukalapak, dll. Sekarang ini online payment pun sudah banyak pilihan, di Indonesia nline payment yang paling sering digunakan adalah dengan transfer ATM atau internet/sms banking. Doku sendiri sama seperti virtual money dan menjadi salah satu metode pembayaran (e-wallet) yang mulai nge-trend dikalangan pecinta online shop. Doku bisa di top up untuk hingga mencapai 5 juta untuk digunakan sebagai pembayaran, keuntungan menggunakan Doku (e-wallet) selain untuk belanja online, bisa juga digunakan untuk berbelanja di minimarket seperti Alfamart, atau membayar tagihan listik maupun membeli pulsa.


Salah satu online shop yang bekerja sama dengan Doku adalah GeraiCNI, untuk membayar belanjaan di GeraiCNI dengan menggunakan Doku (e-wallet). 

Puas mengetahui banyak tentang e-commercer dan ilmu marketing online dari CNI dan Doku, saatnya menyerap tips dan trik dari Teh Ani Berta tentang bagaimana caranya menggali potensi dari digital content. Teh Ani Berta ada tutor dan sumber inspirasi saya dalam dunia ngeblog. Menurut Teh Ani, Content is the King, dan ada banyak sumber yang bisa dijadikan bahan untuk membuat konten yang bagus.
Bisa dari tempat-tempat menarik yang kita datangi, tips-tips yang sering dicari orang di internet, misal membuat SIM, atau bisa juga berbagi informasi dan inspirasi. Kita jg bisa berbagi edukasi sesuai dg keahlian yg kita puny, Konten yg kita buat bisa jg dr berbagi opini. Misal dari berita di tv, talkshow, online atau surat kabar. Gali apapun yang bisa kita ambil dari sumber berita agar menjadi konten. Tips dari teh @aniRingo saat mewawancarai, gunakan empati dari si narasumber seperti dari korban kekerasan.


Postingan lain mengenai CNI:
http://www.melfeyadin.web.id/2014/12/mengenal-nutrimoist-krim-penyembuh-luka.html
http://margeraye.blogdetik.com/2015/05/12/3-cara-mudah-memulai-bisnis-program-afiliasi-cni/
http://margeraye.blogdetik.com/2015/10/08/tantangan-cni-dubsmash-competition-ini-bikin-pecah
http://margeraye.blogdetik.com/2014/10/15/up-my-life

1 comment:

Tinggalkan Jejakmu