Tuesday, 7 June 2016

Film Galih dan Ratna (Gita Cinta dari SMA)

Foto dari Instagram @FilmGalihdanRatna

Masih ingat film Gita Cinta dari SMA (1979)? Film remaja SMA yang populer di tahun 70-an, yang diperankan oleh Rano Karno dan Yessy Gusman sebagai Galih dan Ratna. Film yang menceritakan dua remaja saling jatuh cinta namun dapat pertentangan dari orang tua mereka. Film yang bisa dibilang Romeo dan Julietnya versi Indonesia, menurut saya. Anak tahun 70-90-an pasti kenal sama film ini, karena dulu televisi nasional masih sering memutar film-film jadul. Bahkan di tahun 2003an, film ini diadaptasi menjadi serial televisi atau yang disebut sinetron Indonesia, kalau nggak salah jumlahnya cuma 13 episode yang tayang seminggu sekali di sctv. Di sinetron, Rano Karno ikut terlibat menjadi produser sekaligus sebagai ayahnya Ratna.

Paundrakarna dan Ratna Galih dipilih sebagai pemeran Galih dan Ratna versi sinetron. Sayangnya dulu sinetron ini agak kurang booming tidak seperti filmnya. Karena setting film ini bergaya klasik anak muda Jogja yang berbudaya. Jika di sinetron-sinetron remaja lain lebih mengutamakan anak muda yang trendy, gaul yang hidup di Jakarta namun di sinetron ini kental dengan kesederhaan, kepolosan dan kejujuran dari masing-masing karakter. Dari sinetron ini saya akhirnya sempat nge-fans sama Paundrakarna dan tahu tentang film Gita Cinta dari SMA, yang lalu dibuat sekuelnya dengan judul Puspa Indah Taman Hati, namun sayang sekuelnya katanya kurang ramai seperti film pertama.

Poster Film Gita Cinta dari SMA (1979) dari Wikipedia

Sinetron maupun film Gita Cinta dari SMA ini sendiri adaptasi dari sebuah novel berjudul sama, karangan Eddy. D Iskandar yang juga populer di jamannya. Bedanya kalau di novel ceritanya lebih detil, tapi untuk film atau sinetron biasanya banyak penambahan dan pengurangan, namun tidak menghilangkan inti cerita. Ah, ngomongin buku atau novel, saya jadi ingat teman blogger Mbak Fita Chakra, penulis yang sudah menerbitkan banyak buku spesialis anak-anak, semoga kedepannya, salah satu buku Mbak Fita difilmkan ya.

Sedikit sinopsis dari film Gita Cinta dari SMA yang dikutip dari wikipedia. Kisah ini bercerita tentang dua pelajar SMA bernama Galih dan Ratna, mereka berdua adalah bintang kelas di sekolah, yang pandai dipelajaran maupun olah raga. Tingkah laku pergaulan mereka juga dinilai baik oleh sekolah. Bisa dikatakan mereka berdua adalah pelajar teladan. Namun sayang kisah cinta mereka berdua ditentang oleh ayah Ratna yang beretnis Jawa, yang tidak menyetujui hubungan mereka, karena Galih beretnis Sunda. Ratna sendiri sudah dijodohkan oleh ayahnya dengan seorang mahasiswa di Yogyakarta (UGM).
Walaupun ayah Ratna memaksa memutuskan hubungan, diam-diam Galih dan Ratna sering bertemu berkat bantuan kakak dan teman-temannya yang mendukung hubungan mereka. Namun, akhirnya hubungan mereka tetap harus berpisah karena Ratna melanjutkan kuliah di Yogya. Yang pasti pada saat itu antara Yogya dan Jakarta jauh banget, ya.

http://www.melfeyadin.web.id/2016/06/film-galih-dan-ratna-gita-cinta-dari-sma.html

Tapi saya lupa, yang di sinetron itu ceritanya bagaimana, karena ini juga sudah lama banget, tayangnya pas banget dulu saat saya masih SMA. Setahun setelah boomingnya Ada Apa dengan Cinta di bioskop. Tapi sinetron ini memang salah satu favorite saya. Jadi, ketika saya membaca ulasan tentang remake film Gita Cinta dari SMA, sebuah kisah cinta ikonik dari Galih dan Ratna, saya seperti dikembalikan tentang kenangan saat nonton sinetronnya dulu. Apalagi ketika melihat cast yang fix menjadi pemeran utama Galih dan Ratna adalah Sheryl Sheinafia dan Refal Hady. Mereka berdua cocok banget. Mari kita shipperin mereka berdua.

Galih dan Ratna era milenials

Kabarnya, film Galih dan Ratna versi terbaru ini akan mulai proses syuting Juni ini (2016), yang itu berarti filmnya akan dirilis di bioskop kemungkinan akhir tahun atau mungkin tahun depan. Ah masih lama. Padahal saya sudah nggak sabar ingin melihat. Film yang disutradarai Lucky Kuswandi konon akan mengajak kembali Rano Karno untuk ikut bermain di film, tapi hanya menjadi cameo mengingat Rano Karno sekarang yang menjabat sebagai Gubernur Banten. Nggak mungkin kan mengambil dua peran dalam waktu yang bersamaan. (memangnya wakil gubernur Jawa Barat yang masih aktif main sinetron-sorry nyinyir) :D
Tapi tidak tahu, nanti perannya seperti apa, apakah akan seperti film Catatan (harian) si Boy yang tayang 2011 lalu? Karena dilihat dari beberapa foto yang dishare oleh official akun Film Galih dan Ratna, tentang pertemuan yang terjadi sebuah stasiun kereta.
Lalu bagaimana soal cerita? Apakah Film Galih dan Ratna ini ceritanya sama juga seperti film lama yang ending-nya tidak bahagia? Harapannya semoga tidak ya, sayang banget, kan? berpuluh-puluh tahun Galih dan Ratna terpisah dan reuni kembali namun tetap tidak bahagia. Hehe.. tapi jangan sampai seperti Rangga dan Cinta, ya. Tapi yang jelas sepertinya film ini bakal lebih modern dan kalau boleh menebak dilihat dari judulnya, ceritanya mungkin tidak disetting masa-masa SMA tapi lebih masa kuliahan.
So, semoga proses filmnya lancar dan segera tayang di bioskop, saya salah satu yang akan setia menunggu film ini.

22 comments:

  1. Saya br tau skrg ada versi sinetronnya... Ga sabar ih pgn nonton filmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya jg baru tau, dan ternyata blm proses syuting, jadi bakal nunggu lebih lama lg deh filmnya

      Delete
  2. Untung bukan prili sama aliando... Hahaha. Aku belum nonton nih, cakep nggak ya aktingnya.. *mikir*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang belum tayang, juni ini baru mulai syuting, katanya :D

      Delete
  3. Hmmm...ketauan umurnya deh *ehhh
    Betewe, jadi penasaran nantinya seperti apa ya hasilnya?

    ReplyDelete
  4. Prnh dgr judul film gita cinta dr sma ini, tp ga prnh nonton :D. Aku jd penasaran ama remakenya. Tp sedih ya cerita aslinya mbak? Siapin tisu dong ini ntr :p

    ReplyDelete
  5. gak kejamanin :D tapi tentu aja tertarik nonton filmnya. artis yang jadi galih & ratna sekarang mukanya kekinian ya, agak-agak indo.

    ReplyDelete
  6. ahhh itu sih pelemnya aku sewaktu mudaaaaa mel
    galih dan ratna menjalin cinta, cinta bersemi dari sma aaa *nyanyi

    ReplyDelete
  7. Waktu SMP nih mbak aku tau film Galih dan Ratna itu juga dari mamah aku diceritain ahhaha
    Ga sabar nunggu tayang di bioskop, pengen nonton jugaa

    ReplyDelete
  8. penasaran film ini versi barunya

    ReplyDelete
  9. Aku ga ngikutin sinetronnya euy, Mel. What? tahun segitu Melly masih SMA? Aku baru lulus kuliah, Mel bahaha... betapa tuirnya aku, ya :) Dulu waktu aku masih SMP atau SMA, Gita Cinta dari SMA ini sering re-run di tv-tv. Penasaran pengen tau versi sekarang kayak gimana ceritanya.

    ReplyDelete
  10. Wah, nostalgiaan neh. Semoga aja ceritanya gak dibikin mirip sinetron ya?

    ReplyDelete
  11. ohh gali, ohh ratna.. cintamu abadi..
    kok jadi teringat sama suara lagunya pak chrisye...
    kembali ke masa smk dulu

    ReplyDelete
  12. Film Galih & Ratna ini kalo di tv kabel diulang-ulang terus Meeel...
    Ada chanel khusus menayangkan film Indonesia jaman dulu, film seri-nya Rhoma Irama juga lengkap hehehe

    Abah tuh yang rajin nontonnya hehehe...

    Wah, mau ada film bioskopnya yah, harus di-kepo-in nih :)

    ReplyDelete
  13. Yah...
    Kita sama-sama naksir Paundrakarna XD

    ReplyDelete
  14. Ntar lagi kayaknya Dokter Karmila juga bakalan dibikin film lagi deh hihiiii... *duh keliatan abg banget eike

    ReplyDelete
  15. Ih, film jadul mau dibuat lagi versi kekiniannya. Jadi penasarannya.

    ReplyDelete
  16. Jadi ikutan bernostalgia nih..
    Inget dulu banget waktu masih kecil nonton film ini di TVRI, terakhirnya menyedihkan..

    ReplyDelete
  17. semoga filmnya bakal sesukses film aslinya :)

    ReplyDelete
  18. kalo aku komen direply nggak kak?
    *caper

    ReplyDelete
  19. Pernah baca novel "Gita Cinta dr SMA" dan "Puspa Indah Taman Hati" ending klo g salah Galih milih Marlina..
    Sinetronnya ngilang gitu aja, padahal udah bela2in tdr telat ngungguin PaundrašŸ˜€
    Pernah baca sinopsis film lama PITH, disana Galih dgn Ratna..
    Kira2 versi modern gimana ya??

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu