Thursday, 19 January 2017

Mie Godog Spesial Bakmi Mewah



Bulan lalu saya diundang untuk test food sama salah satu owner Kedai Mie di daerah Pandu Raya Bogor, Bangbarung sana. Mereka rencananya mau bikin kedai dengan menu utama olahan Mie, pastinya. Dan salah satu yang saya coba adalah, Mie Godog (rebus) Jawa dengan kuah kental dan aroma juga rasa yang khas sekali. Jujur, saya penasaran bagaimana cara membuat Mie Godog yang enak seperti itu, karena selama ini saya jarang banget menemukan Mie Godog yang pas di lidah, maksudnya biasanya rasanya ya standar-standar saja. Tapi ternyata saya baru tau, kalau membuat Mie Godog itu ada satu elemen penting agar cita rasanya menjadi khas dan beraroma kuat.

Nah, berhubung, Kedai Mie yang mengundang saya kemarin belum buka, rencananya baru opening bulan Februari nanti. Saya agak bingung juga gimana caranya biar lidah ini nggak melulu minta makan Mie. Hihi. Ya maklum, saya suka banget sama semua olahan Mie, kalau nggak mikirin kesehatan, bisa setiap hari saya makan mie, terutama mie instan, mie jawa dan semua mie goreng, rebus dan mie apa saja, deh.

Karena penasaran pengen banget sama Mie Godog, saya nyoba bikin sendiri. Tapi saya nggak mau bikin Mie Godog biasa, saya maunya yang spesial dan punya rasa yang nggak biasa juga. Biarpun nggak bisa masak saya harus mencobanya sendiri, tapi nggak mau yang ribet. Kalau bisa ya main cemplung-cemplung saja.Hehe.

Dan ada beberapa pilihan mie kering yang saya pikirkan saat ingin membuat Mie Godog ini. Karena mie itu adalah komponen utama untuk menentukan hasil masakannya dari Mie Godog, selain rasa. Karena prosesnya adalah direbus (godog) otomatis Mie yang saya pilih harus mie yang teksturnya kenyal, yang nggak gampang putus atau hancur saat kelamaan di rebus, tapi jadi lembut dan nggak licin. Karena saya tau salah satu Mie Instan dengan nama Bakmi Mewah khas Jawa punya tekstur yang sama, saya memilih Bakmi Mewah untuk membuat Mie Godog yang sudah tak sabar saya coba itu.

Tapi, kan Bakmi Mewah ini jenisnya adalah Bakmi Goreng, alias masaknya nggak pakai kuah. Bagaimana bisa nantinya jadi Mie Godog? Wohoooo, ini dia tantanganya. Apakah saya mampu mengkreasikan Bakmi Mewah (goreng) menjadi Mie Godog spesial yang saya mau dengan bumbu-bumbu di dalamnya yang sudah ada.

Well, mari kita coba. Pertama, saya googling dulu resep membuat Mie Godog seperti apa, apa saja bumbu-bumbunya, juga bahan-bahan pelengkap agar menjadi Mie Godog spesial. Kebetulan waktu test food dan saat ada demo masak membuat Mie Godog waktu itu saya kurang memperhatikan campuran bumbunya.

Karena di Bakmi Mewah ini bumbunya hanya dari saus/toping ayam jamur saja, tanpa bumbu bubuk seperti halnya pada Mie Instan lain. Saya agak sulit menyiasati ini..hihi (maklum nggak bisa masak). Kalau tanpa campuran bumbu lain, pastinya rasanya nggak akan enak, karena Bakmi ini akan berkuah.


Jadi, saya membuat bumbu sendiri, campuran Bawang Putih, Bawang Merah, Cabe, Kemiri dan Lada, harusnya pakai Bawang Bombay, tapi kebetulan kemarin habis. Sisanya saya pakai minyak wijen, kecap asin dan minyak bawaan dari bungkus Bakmi Mewah. 
Pelengkapnya saya menggunakan potongan kecil daging ayam, udang segar, kubis, tomat, daun bawang, telur dan seharusnya saya menggunakan Ebi Kering, tapi karena saya lupa beli, akhirnya saya pakai udang yang ada di kulkas saja. Hehe. Ebi ini penting banget ternyata dalam proses memasak Mie Godog, karena rasa khasnya ini yang jadi pembeda dengan mie rebus biasa.

Dan saya baru sadar, kalau memasak Mie Godog ini nggak sesulit yang saya kira. Mienya nggak perlu direbus dulu, tapi langsung saja dicemplungin ke air godogan yang sudah tercampur bumbu-bumbu dan bahan pelengkap lain. Sama kayak masak mie biasa. Praktis.


Nah, berikut cara saya memasak Mie Godog.
Pertama, ulek bumbu, bawang merah bawang putih, kemiri dan lada. Kalau ada bawang bombay, itu lebih bagus sih katanya, masakan jadi lebih wangi dan beraroma. Setelah itu, bumbunya saya tumis sebentar seperti biasa, masukkan bahan pelengkap, ayam dan udang juga bahan pelengkap lain. Saya tambahkan sedikit kecap asin, minyak wijen. Habis itu saya siram pakai air secukupnya untuk nanti sekalian merebus mie. Jika airnya sudah mendidih, saya masukkan telor lalu diaduk-aduk, terakhir masukkan sayuran dan mie. Aduk-aduk sebentar lalu diamkan sampai mienya masak. Selagi menunggu, saya bumbui sedikit dengan tambahan kaldu ayam. Setelah itu selesai deh, hidangan Mie Godog Spesial Bakmi Mewah tinggal disantap.




2 comments:

  1. waah... bakmi ini bisa dibuat mie godog ya, saya suka mie godog :)

    ReplyDelete
  2. Enak nih bakmi mewah. Bumbunya pas di lidah, nggak terlalu asin dan nggak ada rasa MSG yang nyelekit.

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu