Friday, 28 April 2017

Ini Dia Tips Ringan Merawat Kendaraan

Pertamina Lubricants ft: @beritasatu
Jadi begini, saya merasa tertohok banget kemarin ketika hadir di acara Blogger Gathering bersama Mobil 123 Portal Otomotif No 1 di Indonesia di The Hook Restaurant and Bar (25/04) untuk yang kesekian kalinya. Tadinya saya nggak mau ikut, tapi karena temanya sangat menarik dan pas banget buat saya yang seorang lady biker (gaya banget kan jadi lady biker). Materi yang akan dibahas di acara kemarin itu penting buat saya. Temanya itu  "Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum" bersama Pertamina Lubricants. Acara yang sekaligus memperingati perayaan Hari Kartini itu juga sebagai wujud kepedulian Pertamina dan juga Mobil 123 terhadap pengendara wanita Indonesia agar mau lebih memperhatikan perawatan kendaraan roda duanya.

Kenapa penting? ya karena selama ini saya nggak terlalu perhatian sama kendaraan motor yang saya miliki, perawatan kendaraan sepenuhnya saya serahkan ke ahlinya yang secara rutin 2 bulan sekali saya service ke bengkel resmi. Biasanya pun ketika service motor, saya nggak tau apa-apa. Motornya saya tinggal sementara saya beres-beres di rumah (kebetulan bengkelnya dekat rumah). Jadi saya terima beres, kalaupun ada yang bermasalah dengan motor saya, mekanik akan mengirimkan sms konfirmasi apakah saya perlu mengganti sesuatu yang perlu diganti itu atau nggak.


Blogger

Dari obrolan gathering kemarin, apa yang saya lakukan itu tidak sepenuhnya salah, malah dianjurkan jika memang tidak mengerti otomotif sama sekali. Namun, kita perlu memperhatikan hal-hal lain yang bisa kita lakukan sendiri. Contohnya, soal pelumas atau oli yang digunakan untuk perawatan kendaraan. Pengalaman, saya pernah lupa mengganti oli hampir  4 bulan lebih karena lupa, motor mesin jadi seret berat dan terasa sekali kering dari suaranya yang berisik. Padahal pelumas atau oli ini fungsi utamanya adalah melindungi bagian mesin dan mencegah terjadi gesekan langsung.

Nara sumber acara blogger gathering Mobil 123
Nah, masih ngomongin soal perawatan kendaraan, di acara gathering kemarin saya mendapatkan tips-tisp sederhana dari Pak Agung Prabowo, selaku Technical Specialis Integrated Lubrication Management Academy PT. Pertamina Lubricants. Selain Pak Agung, ada juga Mbak Ipoet Kusumonegoro (anaknya Indro Warkop) yang membagi tipsnya sebagai Lady Biker, termasuk Syafudin Sales Region 3 PT Pertamina Lubricants, yang bakal ngasih tau produk-produk terbaru Pertamina Lubricants.

Mbak Ipoet, Pak Agung, dan Pak Syafudin
Ada 10 tips ringan merawat mobil dan 9 tips ringan merawat motor yang disampaikan oleh Pak Agung, saya uraikan sedikit-sedikit, ya.

10 Tips Ringan Merawat Mobil

Nah, walaupun saya belum punya mobil, tapi tau bagaimana caranya merawat mobil juga perlu.

  1. Ketersediaan Toolkit,
    Toolkit ini seperti oben-obeng dan perlengkapan ringan lain yang harus selalu ada di mobil, jadi ketika dibutuhkan mendadak dan jauh dari bengkel, bisa digunakan sementara.
  2. Tekanan Angin,
    Cek tekanan angin pada masing-masing ban, ini berlaku untuk mobil maupun motor, konon suhu udara waktu siang atau malam yang berubah, akan mempengaruhi tekanan setiap ban. Jadi disarankan untuk selalu cek berkala tekanan ban ini. Terutama untuk sering membawa beban berat.
  3. Kondisi Jok Mobil
    Kebersihan mobil harus diperhatikan, terutama jika seringnya membuka kaca mobil, pasti banyak debu-debu yang menempel pada jok mobil. Nah supaya tidak mengundan penyakit ataupun kuman yang terbawa dari luar, jok mobil juga harus rajin dibersihkan, bisa dengan cara ringan menggunakan vacum cleaner.
  4. Kebersihan Body Mobil
    Ini yang penting, tampilan luar harus kinclong dulu. Kalau kotor goresan pada body mobil susah terlihat.
  5. Kebersihan Kaca
    Jangan kira setelah memandikan mobil, kaca-kaca ikut bersih juga, kita harus bersihkan detil, sudut kaca yang seringnya ada kotoran nyempil.
  6. Fungsi Lampu
    Cek semua fungsi lampu, indikator dan lainnya. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik, karena lampu-lampu ini vital sekali untuk membantu pengendara.
  7. Cek Oli Mesin
    Walaupun oli mesin ini punya rentang waktu guna, namun kita bisa mengeceknya secara langsung, jangan sampai di jalan tiba-tiba kehabisan oli. Gunakan oli yang baik, nanti akan dibahas dibagian akhir.
  8. Cek Air Radiator
    Ini hal penting lainnya, air radiator berperan penting untuk kendaraan, karena jika air radiatornya habis ini akan berpengaruh pada kinerja mesin.
  9. Kondisi Aki
    Nih, kalau akinya habis otomatis berpengaruh pada kondisi kelistrikan pada kendaraan, jangan sampai kita teledor melakukan pengecekan kondisi aki.
  10. Keberadaan Ban Serep
    Ini yang paling penting lagi, terutama jika dalam perjalanan jauh kita bisa mengantisipasinya jika terjadi ban bocor, tapi ban serep juga harus dicek, jangan sampai ketika ingin digunakan, ternyata ban serepnya juga tidak baik.
Nah ini yang penting, gimana caranya merawat kendaraan motor buat perempuan, nggak cuma buat perempuan. Tapi bisa juga berlaku untuk pengendara laki-laki juga. Karena nggak sedikit juga pengendara wanita maupun laki-laki yang nggak perhatian pada hal remeh temeh seperti ini. Karena taunya cuma 'bawa motor' tapi nggak paham bagaimana caranya merawat (seperti saya). Berikut ada 8 tips ringan dari Pak Agung Prabowo. Yuk kita baca.

9 Tips Ringan Merawat Motor

  1. Cek kondisi oli
    Seperti yang saya bilang diatas, saya pernah lupa mengganti oli lebih dari 4 bulan, jika waktu itu saya pikir tidak apa-apa, ternyata itu salah. Karena oli punya peranan penting untuk melumasi komponen pada mesin motor. Kalau oli kering atau bahkan habis, bagaimana hasilnya? Tentu berpengaruh pada tarikan mesin motor. Selain sebagai pelumas, oli juga berfungsi untuk membersihkan kerak dari sisa pembakaran. Jadi pastikan ganti oli secara berkala dan gunakan oli rekomendasi pabrikan sesuai dengan jenis mesin motor. 
  2. Cek Kondisi Aki
    Ini juga pernah saya rasakan, pernah aki habis namun saya tidak menyadarinya, ternyata ini berpengaruh pada kelistrikan sama seperti pada mobil. Ketika aki habis, lampu-lampu dan juga klakson tidak berfungsi maksimal.
  3. Perhatikan rantai dan gir
    Untuk hal ini jujur saya tidak begitu paham, karena sehari-hari menggunakan motor matik, namun pastikan rantai motor tidak terlalu kencang atau kendor. Karena bisa menyebabkan rantai putus.
  4. Periksa kondisi koil dan busi
    Nah ini maksud saya, hal-hal yang seperti ini yang saya tidak paham tentang otomotif, apa yang dimaksud koil atau busi. Jadi saya serahkan ke mekanik bengkel. Tapi fungsi kedua elemen ini sangat vital, karena menghubungkan arus listrik pada motor.
  5. Perhatikan Selang Bensin
    Jika selang bensin sudah berumur dengan ditandai retakan, segera ganti, apalagi jika sering menggunakan bensin yang bukan dari POM.
  6. Panaskan motor secukupnya
    Maksimal waktu untuk memanaskan motor itu 2 menit, ini agar bensin tidak terbuang sia-sia. Pun pada motor yang sudah lama tidak digunakan, panaskan minimal seminggu sekali, ini supaya mesin-mesin motor tetap bekerja.
  7. Periksa Tekanan angin ban
    Ini sama seperti pada mobil, periksa kondisi tekanan angin pada ban, agar perjalanan menjadi nyaman. Karena ban itu part paling penting.
  8. Gunakan Part sesuai rekomendasi pabrikan
    Menggunakan part sesuai rekomendasi pabrikan itu untuk menjaga mutu, termasuk oli mesin yang dipakai. Tidak hanya tergantung pada merek/brand, tapi apakah part-part itu juga sesuai dengan mesin motor atau tidak. 
  9. Jangan lupa cuci dan salon motornya.
    Ini yang saya bilang merasa tertohok banget, karena motor saya sudah lebih dari 5 bulan tidak dicuci, jadi kemarin sepulang dari acara gathering saya langsung mencuci motor hingga kinclong. Ini bukan soal kebersihan dan agar motor terlihat baru terus. Tapi jika motor bersih, kita bisa melihat dengan jelas apabila ada kerusakan/kebocoran pada komponen-komponen motor. Saat mencuci motor juga ada yang perlu diperhatikan.
Jika sudah tau bagaimana caranya merawat motor, saatnya kita mengenal oli mesin pada kendaraan. Dalam jumpa blogger gathering kemarin, Pak Agung juga berbagi tips dan pengetahuan bagaimana memilih oli mesin dan mengenal tipe-tipe oli mesin yang baik untuk kendaraan.

Tapi kita harus tau dulu nih, apa sih fungsi oli untuk kendaraan? Yang pertama tentunya sebagai pelumas mesin dan untuk membersihkan mesin. Untuk motor baru, mengenal oli yang mutunya baik itu ternyata cukup mudah, jika kilometer sudah mencapai 1000-1500 tetapi oli tetap jernih, itu tandanya oli tersebut tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengenali fisik oli pun demikian, kalau warnanya berubah menjadi coklat kehitaman tapi tetap encer, itu berarti oli tersebut menjalankan fungsinya untuk membersihkan bagian-bagian mesin.


Sesuai dengan tips diatas, agar tidak salah pilih oli, gunakan rekomendasi pabrikan, salah satunya dengan Pertamina Lubricants yang bekerja sama dengan  merek-merek kendaraan. Kita juga nggak bisa sembarangan menggunakan oli mesin ini, karena nggak semua mesin motor menggunakan oli yang sama. Contoh kecilnya saja, untuk kendaraan matic olinya tentu berbeda dengan kendaraan manual.


Nah, ngomongin soal oli atau pelumas mesin, ada produk terbaru nih dari Pertamina Lubricants. Terutama untuk kendaraan motor matic, namanya Enduro Matic G SAE 20W-40 API SL JASO MB, pas banget nih saya lagi mau ganti oli. Enduro matic G ini didesain khusus untuk penggunaan sehari, terutama untuk kendaraan matic dengan transmisi otomatis (CVT), seperti motor Beat, Mio, N-Max, Vario dan lain-lain. Salah satu keunggulan Enduro Matic G ini, harganya bersahabat banget, terus bahan bakunya semi sintetik, dari penjelasan Pak Agung soal oli mesin. Oli mesin yang menggunakan bahan baku semi sintetik ini kinerjanya lebih efektif dibandingkan dengan oli yang dari bahan mineral. Wangi dan kualitasnya di atas genuine oil pada umumnya.


65 comments:

  1. Keren Mba Mel, jadi kamu sebagai bikers perempuan jangan mau kalah dong yaa sama yang laki :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong mbak, harus bisa ngoprek motor sendiri :D

      Delete
  2. Tips merawat kendaraan bermotor ini bisa disosialisasikan ke teman sama saudara juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke tetangga juga, terutama soal kebersihan motor haha
      krn kuliat motor tetangga jg pada kotor bgt :D

      Delete
  3. Jadiiii...gimana rasanya mandiin motor mel? Ngerawatnya ga susah kaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mandiin motor ya ke tukang steam motor aja mas hahaha
      ga repoot :p

      Delete
  4. Tipsnya bermanfaat bgt jd pengen bialng ke mama pasti beliau makin seneng dpt tips batu ngerawat kendaraan heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus mbak, kasih tau ke mamanya ya. Atau mbaknya deh yg bantu ngerawat motor/mobil nya mama :)

      Delete
  5. saya dah pernah coba yg Enduro Matic G SAE 20W-40 , motor biasa klo mo distater bunyi berisik skr jadi halus. jd mikir2 mo beli lagi buat servis bln depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius nih mbak? Aku blm nyoba nih, rencana weekend besok sekalian servis rutin.

      Delete
  6. Ngomong ngomong soal cuci motor, aku juga belum cuci nih. Hehehe. Kadang aku naik aja tapi lupa perawatannya

    ReplyDelete
  7. Kaya aku niih..pernah punya pengalaman bodor.
    Karena wanita biasanya gak pernah ceki-ceki keadaan kendaraan, jadi pas bernagkat anter anak-anak, aku langsung berangkat.


    Pantes...
    Kok kerasa berat dan miring ke kiri...ternyata oh tenyata....mobil aku ban nya kempes.

    Heeueheuu...kok bisa gak teliti gitu yaa...?

    ReplyDelete
  8. Saya nih mbak buta soal kendraaan. Kadang ban kempes aja suka ga nyadar :( sama sih... biasanya langsung antar ke tukang service aja ya per berapa bulan gitu :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja mbak ky aku.
      buta bgt soal kendaraan :D

      Delete
  9. Punya kendaraan memang harus bisa merawatnya ya, nggak cuma bisa pake aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan cuma bisa merawat diri aja ya mbak hihihi

      Delete
  10. belum ngerti sama beginian. Biasa suami aja yang ngurusin. padahal buibu juga harus ngerti y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus tau mbak, krn klo pas suaminya gada kan repot jg nantinya :D

      Delete
  11. Thank you mbak tipsnya. tau sendiri kalau udah jadi ibu-ibu merawat mobil jadi nomer sekian hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget mbak, emak2 biasanya terima beres klo soal perawatan mobil ya :D

      Delete
  12. Tengkyu tipsnya. Suamiku termasuk bawel klo soal kendaraan pdhl bojone lempeng. Jd dia yg rajin ngecek dan bawa ke bengkel, istrinya tinggal pakai #mintadikeplak haha :P
    Ya ya, ntr aku akan lbh aware jg urusan begini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, klo dah punya suami enak, ada yg ngingetin. Nah single kayak eke nih hahaha
      udah mah lempeng gada yg ngingetin hahaha

      Delete
  13. Klo pake ini suara motornya halus Mel. Aku pake ini :)

    ReplyDelete
  14. Belajar dulu cara merawatnya, jadi ketika sudah punya, gak keaulitan. Hehe

    ReplyDelete
  15. Wah dapat info keren tentang maintain kendaraan pribadi, smoga bisa praktek deh Kaka😎

    ReplyDelete
  16. kalau aku suka perhatiin mel, sampai anak tukang bengkel pernah tuh lengket sama aku. Aku tanya tanya terus setiap gerak montirnya. Hehehe, anaknya masih bayi mpe gede aku tahu... sekarang gak suka ke bengkel, biar suamiku ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka ga enak klo kebanyakan nanya, apalagi klo montirnya lg banyak kerjaan, takut ganggu :D

      Delete
    2. Harus bisa merawat kendaraan juga ya, nggak cuma mengendarai aja ��

      Delete
  17. Aku jadi inget jaman SMA ganti oli motor masa setelah setahun 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahun sekali? whwhwhw
      gimana itu suara motornya mbak? :D

      Delete
  18. Tips yang bermanfaat Mbk Mel, aku sering kelupaan mengecek kendaraan nih. Tau-tau starter motor macet hiiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini, smart mom harus peduli sama kesehatan kendaraan jg. APalagi klo tiap hari anter jemput anak sekolah ya.

      Delete
  19. Enak ngerawat pasangan apa motor mbk mell

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ngerawat pasangan yg punya motor hahaha

      Delete
  20. Tipsnya penting bgt nih, thanks ya udah sharing lady biker hehehe

    ReplyDelete
  21. ganti oli emang harus rutin, kalo gak rutin suka bikin pusing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bikin pusing bgt om klo ga rutin.

      Delete
  22. Wah, terima kasih artikel l0 Tips Ringan Merawat Mobil ini. Sebagai anak Ertiga Club Indonesia terbantu banget deh.
    Apalagi mau ada JAMBORE NASIONAL ERCI #3 2017 di Lampung pas 13 Mei 2017 besok.
    Mohon izin dibagikan ke teman-teman ERCI seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih om Zaki Senafal yang baik dan tidak sombong sama sekali. Sampe terharu gini linknya mau dishare :D

      Delete
  23. Thanks mel, tipnya pas buat pemotor kaya aku nih, aku suka kurang aware sama tekanan angin dan penggantian oli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sama mbak, yuk kita lebih perhatian lg. Apalagi ini motor kan berjasa bgt ya

      Delete
  24. biar mematahkan anggapan bahwa perempuan cuma bisa make kendaraan doang tapi gak bisa ngerawat

    ReplyDelete
  25. Wah penting bgt nih infonya.lady biker jg ttp bs eksis ya Mba

    ReplyDelete
  26. makasih udah share mell, nice info

    ReplyDelete
  27. Artikel menarik,, menambah pengetahuan..
    Makasi mbak..

    ReplyDelete
  28. Bener juga ya Mell, emang untuk beberapa hal kita juga harus tau. Nggak boleh main serahkan aja sama bengkel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.
      Klo ga tau ntr pusing sendiri klo ada masalah ya

      Delete
  29. Aku suka lupa ngecek olie.
    Ini infon menarik

    ReplyDelete
  30. Aku suka lupa ngecek olie.
    Ini infon menarik

    ReplyDelete
  31. Melly, walo udah pinter merawat motor tetep makan pecel kita kaaan....

    ReplyDelete
  32. Poin nomor 9 perawatan motornya 'jleb' banget 😂😂 musim hujan bikin males bawa motor ke salon motor 😂😂

    ReplyDelete
  33. Makasih tipsnya Mel. Aku nih paling males ngerawat motor.

    ReplyDelete
  34. Sebagai pemilik kendaraan, harus tau banget, ya, soal merawat kendaraan supaya mandiri. :D

    ReplyDelete
  35. Kendaraan yg dipake sendiri sehari-hari mmg harus rajin dirawat Mel, itu sama dgn merawat keselamatan kita sendiri ya

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu