Monday, 15 May 2017

Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2017


Jakarta, 9 Mei 2017, ini adalah hari yang paling bahagia yang pernah saya rasakan di awal bulan Mei. Aura kebahagian dari peserta dan tamu undangan yang hadir di acara Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2017, yang berlangsung di Hotel Grand Mahakam Jakarta, Selasa kemarin begitu cepat menular. Saya sampai terharu melihat kedekatan, semangat dan kebahagian yang mereka tampakkan. Apalagi ketika nama-nama sebagian finalis disebutkan sebagai pemenang. Sehingga terlihat jelas, tekad kuat yang ada di dalam diri mereka, rasa ingin membangun dan mengembangkan wirausaha mikro yang mereka kelola. Juga kebanggaan positif yang terpancar dari wajah-wajah penuh senyum dan ramah yang biasa mereka berikan ke setiap orang, terutama calon consumen yang tertarik dengan produk-produk hasil produksi para finalis yang mereka pamerkan di acara CMA 2017 ini.

Acara yang dimulai pukul 13.00 WIB itu berjalan lancar walaupun agak sedikit ngaret karena harus menunggu beberapa hal. Namun tidak mengurangi keseruan acara. Apalagi dimulai dengan sesi hiburan fashion show dari pada peserta finalis yang mewakili daerahnya masing-masing. Pesertanya lengkap dari propinsi-propinsi di beberapa Pulau di Indonesia. 

Pengumuman Pemenang Wirausaha Mikro Terbaik Indonesia

Saya baru tau jika ajang kompetisi dan penghargaan Citi Microentrepreneurship Awards ini sudah berjalan untuk yang ke 12 kalinya, sejak diselenggarakan dari tahun 2005 lalu. Program unggulan dan merupakan inisiatif dari Citi ini didanai langsung oleh Citi Foundation. Programnya sendiri dilaksanakan di 30 negara, termasuk di Indonesia. Event tahunan ini bertujuan tentunya untuk mendukung dan meningkatkan wawasan para pengusaha mikro tentang betapa pentingnya kewirausahaan dan akses keuangan. Di Indonesia sendiri sejak diselenggarakannya ajang ini, keseluruhan Citi Indonesia melalui Citi Foundationnya sudah menarik lebih dari 5.500 pengusaha mikro dan sudah memberikan penghargaan ke lebih dari 120 pengusaha mikro. 



Menurut Bapak Batara Sianturi (CEO Citi Indonesa) yang turut hadir di acara CMA 2017ini, kemandirian kewirausahaan selalu berawal dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Jadi Citi Indonesia percaya dan yakin, jika semakin banyak masyarakat yang berani dan siap berwirausaha yang dimulai dari skala mikro, maka semakin besar juga peluangnya untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia yang meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Selain Bapak Sianturi Batara, hadir juga Bapak Budi Mustopo, Asdep Pengembangan Kewirausahaan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Ibu Elvera N. Makki (Affairs Citi Indonesia) dan Bapak Andi Ikhwan ( Program Director Agriculture and Finansial Service mercy Corps Indonesia. Beliau-beliau ini nantinya yang akan memberikan piagam penghargaan untuk 9 (sembilan) wirausaha mikro terbaik dan satu award khusus, apresiasi buat Lembaga Keuangan Mikro (LKM) terbaik.


 

Diacara ini juga dijelaskan bagaimana proses seleksi untuk menentukan 9 pemenang dalam ajang CMA 2017. Menurut Ibu Elvera N. Makki, sejak dibuka pendaftaran untuk periode 2016-2017, 9 November 2016 lalu, ada lebih 500 pengusaha mikro dari seluruh propinsi di Indonesia yang ikut mendaftarkan usahanya dalam ajang Citi Microentrepreneurship Awards. Dan proses seleksinya ini dilakukan dalam 3 tahapan.
Pertama, dari semua aplikasi yang masuk, panitia melakukan survei langsung ke lapangan untuk melihat langsung usaha yang dilakukan peserta. Selanjutnya disaring untuk memilih 50 peserta terbaik dan dikerucutkan lagi menjadi 20 finalis yang akan mengikuti bootcamp di Jakarta 4 Mei lalu. Bootcamp yang merupakan untuk berbagi pengalaman dan berbagi ilmu dari dan untuk masing-masing peserta finalis, yang menghadirkan ahli untuk pelatihan.
Setelah mengikuti bootcamp, tahapan terakhir 20 peserta finalis ini disaring kembali untuk menentukan 12 finalis yang akan mendapatkan penghargaan CMA 2017. Penjurian dilakukan terdiri dari 2 klasifikasi, yakni juri strategis dari berbaga media dan juri teknis dari pelaku UKM, akademis dari ITB, dan penggiat entrepreneur.



Dan berikut adalah pemenang Citi Microentrepreneurship Awards 2017 dari masing-masing kategori.

Ada 5 (lima) pemenang pengusaha mikro untuk kategori kompetisi;
  1. Green Microentrepreneur : Briane Novianti Syukmita (Jawa Barat)
  2. Agriculture Microentrepreneurship : Heri Susanto (Lampung)
  3. Service Microentrepreneurship : Nufus Mutmainah (NTT - Lombok)
  4. Fishery Microentrepreneurship : Aris Hartana (Jawa Tengah)
  5. Creative Microentrepreneurship : Rita Indriana (Yogyakarta)
3 (tiga) pemenang untuk kategori penghargaan khusus;
  1. Young Microentrprenurship : Endi Putra Roza (Sumatera Barat)
  2. Best Woman Microentrepreneurship : Lia Nilamdewi (Jawa Barat)
  3. Most Innovative Microentrepreneurship : KPPS Bina Sejahtera Ummat Banda Aceh
Dan terakhir Pemenang untuk Microentrepreneur of the Year 2017 : Rita Indriana (Yogyakarta)

Selain mendapatkan hadiah uang, seluruh pemenang CMA tahun ini akan mendapatkan kesempatan pelatihan dan pembinaan agar usaha mereka yang dikelola semakin berkembang dan dapat kesempatan lebih untuk memperluas jaringan kewirausahaan. Selamat untuk seluruh pemenang.

3 comments:

  1. Tas dan sandalnya bagus, dari bahan apa itu ya?

    ReplyDelete
  2. Wiih pemenangnya ada yg dr lampuuung

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu