Friday, 26 May 2017

Ini Kebiasaan Belajar Yang Bikin Lancar Kuliah di Jakarta


Ketika sedang berusaha menyelesaikan studi di sebuah universitas di Jakarta Pusat, penting bagi setiap mahasiswa untuk mengenali kepribadian. Pun termasuk lingkungan baru, suasana baru, serta cara belajar yang berbeda dengan sekolah menengah, hal ini tentu akan mempengaruhi banyak hal, termasuk irama hidup serta rutinitas. Di sinilah arti penting mengenali cara dan kebiasaan belajar individu. Kita perlu bertanya ke diri sendiri seperti apa kebiasaan belajar yang baik dan pas untuk kita jalani, agar nilai-nilai dan prestasi yang kita peroleh sesuai dengan yang kita inginkan. 

Apakah kamu termasuk  tipikal mahasiswa yang hanya bisa belajar ketika ada musik atau TV yang dinyalakan? Atau lebih bisa belajar kalau suasana tempatnya itu menenangkan, tidak ada hiruk pikuk suara apapun? Atau mungkin lebih ke tipe mahasiswa yang suka banget belajar bersama dan tidak suka belajar sendirian? Apapun itu yang perlu dilakukan adalah menemukan kebiasaan belajar yang paling cocok untuk kita jalankan.  

 Nah, selain soal memilih universitas di Jakarta Pusat yang mana yang paling cocok untuk dimasuki, kamu juga harus mengenali tipe pelajar seperti apakah kamu selama ini. Setidaknya ada tiga tipe pelajar yang bisa dikenali dari karakteristiknya yang khas.
  • Pelajar kinesthetic
Seseorang dengan tipe seperti  ini adalah orang yang belajar dengan cara bekerja dan menyentuh sesuatu dengan tangan mereka. Pelajar tipe ini adalah orang yang mampu belajar dengan baik ketika mempraktikkan atau melakukannya secara langsung, dan bukan membaca atau mendengar hal-hal terkait dengan materi kuliah yang diberikan. Orang dengan tipe ini tidak bisa memahami materi yang berbentuk gambar atau tulisan.
  • Pelajar visual
Tipe yang satu ini belajar dengan cara yang berbeda dengan tipe kinesthetic. Artinya, mereka hanya bisa memahami bila materi atau informasi disajikan secara visual, seperti menggunakan peta, diagram, gambar, maupun poster. Orang dengan tipe pelajar visual biasanya hanya mampu menyimpan segala macam info bila sumber-sumber info tersebut disajikan dengan cara visual. Sederhananya, tipe pelajar visual adalah orang yang selalu berusaha memvisualkan atau mengimajinasikan segala sesuatu di dalam kepala mereka.
  • Pelajar auditory
Bila kamu adalah tipe pelajar di universitas di Jakarta Pusat yang dengan mudah menyerap serta memahami informasi yang disajikan dengan audio atau suara. Artinya, kamu lebih cepat menyerap informasi dengan cara mendengarkan lawan bicara.
Jadi, tipe manakah yang kamu sering lakukan untuk lebih bisa memahami materi yang masuk ketika sedang belajar?

4 comments:

  1. kayaknya saya termasuk kategori satu dan dua. kalau tiga. nggak bakalan masuk. heheh.
    makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  2. Kayaknya sih itu bukan hanya kebiasaan belajar orang agar kuliah di jakarta saja, tapi semua tempat juga harus gitu

    Kalau aku pribadi, lebih suka langsung praktek, sambil menyelam minum air sekalian :D, kembung donk hahhaa

    maksudnya, saat belajar langsung pada prakteknya, bisa sekalian melihat(Visual) juga mendengarkan (Audio)..... so akan mudah di resap pelajarannya,

    kalau cuma belajar terus, bisa-bisa waktu habis cuma untuk belajar

    ReplyDelete
  3. Metode pertama aku cocoknya Mel :)

    ReplyDelete
  4. Rasanya kalo aku yang ketiga deh, cepat masuk ke otak.

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu