Wednesday, 24 May 2017

Tips Memilih Jumlah AC Hemat Energi Untuk di Rumah



Tips Memilih Jumlah AC Hemat Energi Untuk Rumah Anda Cuaca panas yang tidak menentu dan terkadang membuat suhu meningkat drastis seringkali menjadi keluhan banyak orang, mungkin salah satunya Kamu yang membaca postingan ini. Penggunaan AC hemat energi adalah salah satu cara mengatasi masalah cuaca ini. Selain bisa mendinginkan ruangan tentu AC jenis ini juga ramah lingkungan dan mampu menghemat energi. Buat Kamu yang saat ini sedang berencana untuk membeli AC yang hemat energi untuk dipasang di rumah, mungkin masalah harga dan jenis serta merek AC adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Namun di luar ketiga poin tersebut ada beberapa hal yang juga harus kita perhatikan. Yuk, simak beberapa tips lainnya disini..

Sesuaikan Dengan Jumlah Kamar Tidur dan Ruangan Lain yang Akan Dipasang AC yang Hemat Energi
  • Penggunaan AC di Ruang Kamar
AC seringkali dipasang di kamar tidur karena saat istirahat akan lebih baik jika udaranya sejuk. Oleh karena itu sebelum memutuskan membeli AC, Kita harus mempertimbangkan jumlah kamar tidur yang akan dipasangi AC hemat energi. Jika memang budget tidak mencukupi untuk memasang AC di seluruh kamar tidur maka jalan terbaik adalah dengan memasang AC dengan skala prioritas. Skala prioritas ini bisa Kita ambil dari suhu kamar mana yang lebih panas dari kamar lainnya, atau mungkin kamar tidur siapa saja yang membutuhkan pemasangan AC. Semua ini bisa Kita putuskan sendiri atau berdiskusi dulu bareng-bareng sama keluarga tercinta.
  • Penggunaan AC di Ruang Keluarga
Selain kamar tidur, AC biasanya juga dipasang di ruang keluarga. Hal ini cukup penting karena biasanya semua anggota keluarga akan berkumpul di ruangan ini untuk bersantai atau sekedar mengobrol. Tentunya udara yang sejuk dan segar sangat dibutuhkan di ruangan ini. Namun sebelum memutuskan memasang AC di ruang keluarga, sebaiknya Kita harus memastikan dulu apakah ruang keluarga di rumah merupakan ruang tertutup atau tidak. Untuk AC hemat energi jenis low watt sangat cocok digunakan pada ruangan yang sering dibuka tutup. Sedangkan AC hemat energi jenis inverter lebih cocok untuk ruangan yang sepenuhnya tertutup.

Sesuaikan Kapasitas AC dengan Luas Ruangan atau Area 

Penting untuk menyesuaikan kapasitas AC yang kita gunakan dengan luas area. Karena jika salah perhitungan, bisa-bisa kita melakukan pemborosan energi. Sebaiknya hitunglah terlebih dulu luas ruangan di rumah dan sesuaikan dengan kapasitas AC yang ada. Ingat bahwa kapasitas AC standar dan AC hemat energi memiliki perbedaan yang cukup signifikan sehingga akan berpengaruh pada energi dan watt yang akan digunakan.

8 comments:

  1. Di rumahku, ga usa makek AC, AC nya langsung dari alam sekitar

    #Desa Ketowan, Jawa Timur :D

    ReplyDelete
  2. sekarang sudah canggih ya.. AC juga sudah ada yang bisa menyesuaikan dengan suhu ruangan, jadi gak perlu remot lagi. hehe
    tapi jangan bergantung pada AC juga sih, soalnya gak baik buat kesehatan

    ReplyDelete
  3. Super canggih. :) Tapi untung aku nggak tinggal di kota yang panas. :)

    ReplyDelete
  4. Kalau menurutku, ac sih emang bagusnya di salah satu ruangan yang paling penting, ya? Misal ruang tamu atau ruang keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ruang wc juga hahha

      Peace, just kidding :D

      Delete
  5. Kalau misalnya negosiasi kamar siapa yang dipasangin AC, saya pasti ga mau ngalah hehe.. ga tahan panas.

    ReplyDelete
  6. sebenarnya aku pribadi gak suka AC, tp anak2 ga bs bobo klo ga pake AC. jd ACnya buat bobo ajah

    ReplyDelete
  7. Pake AC emang bikin betah di rumah tapi sebaiknya sekali kali AC dimatikan kemudian buka jendela supaya ada sirkulasi udara

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu