Friday, 16 June 2017

Mudik Aman dan Nyaman Lewat Udara


Sebelum Ramadhan kemarin, teman-teman di sebuah grup yang saya ikuti mulai sibuk mencari informasi tentang transportasi yang akan mereka gunakan untuk mudik nanti menjelang lebaran. Terutama tentang harga tiket pesawat dengan tujuan yang berbeda, yang jika kita perhatikan jika mendekat musim hari raya seperti itu, harganya akan melonjak tinggi karena permintaan yang tinggi pula. Nah, saat itu ada teman yang share soal promo tiket pesawat PP Lampung - Jakarta dengan harga yang sangat sangat murah sekali. Jika biasa untuk sekali jalan kita bisa sampai menghabiskan dana untuk beli tiket sekitar Rp. 500 ribuan. Namun saat promo jika beruntung kita bisa dapat di bawah harga Rp. 100 ribu.
Dan ini serius, karena beberapa teman kemarin sempat beli tiket untuk mudik dengan harga nggak sampai Rp. 100 ribu. Asik banget. Tapi sayang saya ketinggalan informasi soal promo tiket murah ini, padahal jika dihitung-hitung lumayan sekali jadi lebih hemat pengeluaran.
Padahal rumah saya di Lampung itu dekat sekali dengan Bandara Radin Intan yang ada di Branti, Lampung Selatan. Hanya perlu waktu 30 menit sampai rumah. Tapi, kalau pulang ke Lampung saya malas naik pesawat, karena dari Bogor ke Bandara Soetta nya lumayan jauh. Kecuali, jika dari Lampung ke Bogor/Jakarta. Karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk menunggu di Bandaranya. Tapi, jika ingin mudik aman dan nyaman selama perjalanan, pilihan transportasi udara sudah jadi pilihan yang tepat. Karena ada beberapa kelebihan mudik lewat udara dibanding lewat darat atau lautan.

Pertama, naik pesawat itu menghemat waktu. Seperti contoh, jika saya pulang ke Lampung. Jika naik bus saya perlu waktu sekitar kurang lebih 10 jam perjalanan darat dan menyebrang lautan. Namun jika naik pesawat saya hanya perlu menghabiskan waktu tak sampai 1 jam. Tapi ya itu tadi, naik pesawat itu kita harus prepare waktunya menunggu di Bandara. 1-3 jam sebelum terbang, kita sudah harus sudah siap. 

Kedua, naik pesawat itu nyaman dan aman, karena proses atau prosedur untuk naik pesawat itu sangat ketat. Kita harus beberapa kali melewati metal detektor untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.
Tapi berbicara naik pesawat, ternyata banyak orang yang belum pernah naik pesawat. Sehingga kadang bingung apa yang harus dilakukan saat berada di Bandara atau di dalam pesawat pas lagi terbang.
Seperti yang saya lakukan 2 tahun lalu, waktu dikasih kesempatan untuk mencoba naik pesawat pertama kalinya. Agak deg-deg-an awalnya, terus banyak bertanya sama teman yang sudah sering naik pesawat, bagaimana prosedurnya.

Awalnya saya pikir naik pesawat itu ribet. Nggak ngerti beli tiket pesawatnya dimana, check in bagaimana, dan sebagainya. Tapi ternyata nggak seperti yang saya bayangkan. Semua proses yang harus kita lalui itu akan berjalan lancar jika kita mengikuti semua aturannya. Istilah jangan yang aneh-aneh, sabar dan patuhi.
Berikut saya berikan tips yang saya rangkum dari berbagai sumber demi keselataman, keamanan dan kenyamanan penerbangan mudik lewat udara. Khususnya untuk yang baru pertama kali naik pesawat seperti saya.
  • Datang lebih awal agar lebih banyak waktu untuk mengenal mencari tau apa saja yang ada di bandara, tempat check ingate dan waiting room di mana.
  • Siapkan tiket dan identitas lengkap lainnya sebelum check in dan pastikan datanya sama, agar saat proses check in tidak menggangu antrian lain.
  • Daftarkan bagasi saat check in.
  • Cari tau gate tempat menunggu pesawat.
Dan perlu kita tahu, di Bandara dan pesawat dilarang sekali nyeletuk atau membicarakan kata bom. Karena salah-salah kita akan dicurigai. Jadi demi keamanan, lebih baik diam saja atau jangan pernah bercanda soal bom.

6 comments:

  1. Dan akhirnya jalur mudik lebaran lewat udara gak jadi, karena lalu lintas udaranya lagi macet

    ReplyDelete
  2. Semoga lancar selalu di perjalanan dan selamat

    ReplyDelete
  3. makasi tipsnya ya mba melly, naik pesawat kalau ikuti alurnya nggak ribet ya

    ReplyDelete
  4. Wah, kece nih tipsnya Mbk, mudik naik pesawat bebas macet, nyaman pula ya

    ReplyDelete
  5. Jalur udara juga lebih cepat yah, jadi ngga terlalu memakan waktu lama dalam perjalanan.

    Semoga semua berjalan lancar saat mudik nanti

    ReplyDelete
  6. Memang lebih nyaman sih kalau lewat udara mbak. Cepat sampai, meskipun ongkos agak mahal dikit

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu