Wednesday, 19 July 2017

Penting Mana Laptop Atau Emas?


Baru Awal puasa kemarin saya mulai berpikir untuk belajar investasi, tapi bukan investasi yang gimana-gimana, tapi mulai berpikir untuk mencoba lagi menabung ngumpulin uang dalam bentuk logam mulia (emas). Menurut pendapat teman, investasi emas ini lebih baik dari pada menabung uang secara konvensional, seperti biasa di bank. Walaupun sebenarnya banyak pilihan, misal deposito dan sebagainya. Tapi emas ini nilainya nggak akan turun, jadi jika suatu waktu dibutuhkan, tinggal dijual kapan saja, nilai jualnya pun bahkan bisa lebih tinggi karena akan menyesuaikan harga jual beli saat ini dan akan datang.
Nah, kemarin sudah terkumpul sekian sekian rupiah, sudah cukup jika untuk dibelikan beberapa gram emas. Sudah disisihkan sebagian juga untuk keperluan mudik lebaran. Tapi yang namanya pengeluaran tak terduga itu ada saja, ya. Budget yang sudah kita rencanakan untuk ini itu ternyata ngga sesuai kenyataan, haha.

Jadi ternyata tabungan saya harus dikurangin, karena saya sedang butuh laptop baru untuk menunjang aktivitas online, seperti ngeblog, bikin draft postingan, edit foto, edit video, buat schedule postingan kerjaan di social media, ngedata ini itu dan lainnya, termasuk yang nggak boleh ketinggalan download atau nonton drama Korea terbaru. 

Kenapa butuh laptop baru, padahal yang lama masih bisa dipakai? Laptop yang sekarang itu laptop seri mini atau orang nyebutnya netbook, layarnya kecil. Saya sudah mulai pusing kalau kelamaan ngetik di layar kecil seperti sekarang, terutama kalau lagi mengerjakan tugas di rumah. Ditambah laptop merek Axioo yang saya dapat hasil ikut kuis ini juga batrenya sudah nggak bagus. Karena jika digunakan saya harus selalu nyolok kabel charger, itu bikin nggak nyaman banget dan sepertinya jadi boros listrik juga. Lama kelamaan bakal berpengaruh ke kinerja laptop, hardwarenya bisa cepat rusak, jika kelamaan dipakai, maklum harga laptopnya terjangkau. Yang paling terasa jadi lemot banget kalau dipakai untuk yang berat-berat, main game atau edit video.


Soal laptop ini saya sedang mencari yang harganya terjangkau, nggak perlu yang spek terlalu tinggi yang penting cukup dan sesuai kebutuhan untuk saya pakai, budget juga terbatas. Lagian sayang kalau punya laptop canggih tapi nggak dimanfaatkan, dipakai hanya buat nonton drama Korea plus nge-draft doank atau main game. Kalau bisa, laptop bagus bisa dijadikan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bukan cuma jadi pajangan. Hehe, karena ada beberapa teman yang ‘maksa’ seperti itu. Beli laptop harga mahal, keren tapi cuma buat nonton atau buka facebook. 

Jadi saat ini saya lagi membaca beberapa review di internet dan mempertimbangkan rekomendasi dari beberapa teman, soal brand dan kegunaan laptop. 

Namun walaupun laptopnya belum terbeli, karena masih menunggu waktu yang pas, antara beli online atau langsung datang ke toko-toko. Saya sudah punya beberapa pilihan mau beli laptop yang seperti apa, terutama soal warna dan desainnya.


Kemarin sudah membandingkan beberapa harga di beberapa online store seperti MatahariMall.com online store yang menjual banyak pilihan barang ternasuk laptop dan aksesorinya. Kebetulan lagi banyak diskon dan pilihan merek, dari harga yang tergolong murah, sampai yang mahal banget menurut saya. Tapi nggak heran sih, karena ada uang ada barang, mau barang berkualitas berarti harus rela mengeluarkan uang lebih. Mau harga murah tapi cepat rusak, ya berarti seperti laptop saya sebelumnya. Hehe. 

Dan rata-rata untuk harga laptop yang ukuran layar 14 in harganya di atas 3 juta rupiah. Seperti Asus dan Lenovo, jadi ya sepertinya saya akan menyesuaikan budget juga. Cari laptop yang harga sekitaran itu. 

Saya juga lagi nyari tas laptop sekalian. Sama seperti membeli laptop, nggak perlu yang mahal-mahal deh tasnya, yang penting nyaman dipakai, bisa menahan beban dan aman untuk laptop, harus yang backpack karena jika di bawa mobile jadi lebih praktis. Desainya tas-nya sesuai untuk laptop, bukan tas yang bisa dimasukkan laptop (ngerti ya maksud saya). Budget terbatas tapi banyak maunya? Iya, itu lah manusia..hihihi. 

Selain Laptop dan Tas Laptop, list yang kudu dibeli juga itu adalah mouse, mouse pad dan cooler pad. Banyak, kan? Iya, mungkin itu juga kenapa laptop saya harus diganti, karena setiap kali laptop nyala, saya nggak menggunakan kipas tambahan, cooler pad, jadi kata adik saya, laptopnya overheat, tiba-tiba mati sendiri. Bisa nyala jika chargernya nempel di laptop. 

Jadi gimana soal investasi emasnya? Hmm, sepertinya saya memang harus mendahulukan membeli laptop dulu deh. Adakah teman-teman yang mau merekomendasikan saya membeli laptop? Atau mungkin ada brand tas laptop yang awet saya pakai? Feel free ya, saya butuh masukan juga.

25 comments:

  1. Hwaaa aku langsung sedih lihat Axioo. Axioo itu laptop pertamaku yg benar2 milikku sendiri, nggak dipinjam suami & anak2. Warnanya biru muda. Trus ada perampok masuk rumah kami & laptopku termasuk yg dibawa. Padahal isinya semua foto anak & piknik kami di Sumatra. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Axioo ini laptop pertamaku juga. Sayang sih sebenernya, tapi repot chargernya itu deh. Bikin males.

      Delete
  2. Iiih stiker hello kitty nya lucuuuuu :D

    ReplyDelete
  3. Mbak Mell, kenapa aku malah gagal fokus sama tulisan "Legenda Gunung Merapi", ya? *minta ditoyor :P

    Btw, aku selama ini pakai Asus. Beli tahun 2012, sampai sekarang masih bisa dipakai (pernah dua kali ganti keyboard, baterai kudu nyolok juga). Kepikiran ganti baterai... tapi, belum juga kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, pas moto laptopnya pas lg nonton film itu, eh gak nonton sih. Pas kebetulan aja lg ada dichannel itu.

      Delete
  4. saya juga butuh laptop nih mba hehehe...
    utk investasi, memang katanya invesasi emas berupa batangan lebih menguntungkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak beli laptop bareng, siapa tau dpt diskon hahaha

      Delete
  5. Gagal fokus sama cincin hello kittynya hihih, samaan nih sama gelangku,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cincin anak2 haha
      tp aku sukaaaaa, lucu gitu kan.

      Delete
  6. Dulu aku beli emas dulu, yg dipake itu. Kemudian nabung lagi buat beli laptop. Skrg lanjutin nabung emas, dikit2 gak langsung bleng brapa gram gitu.

    Laptop beli buat kerja bkn buat buka fb saja, ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku jg mikirnya gitu. Nabung lg deh buat beli emas. hehe

      Delete
  7. Untuk sekarang saya pilih laptop dulu. Emas bisa dicicil

    ReplyDelete
  8. klo kondisinya begitu, yah mending beli deh mbak, nantikan hasil dari nge-laptop bisa dibuat beli emas :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas..
      aku jg jadi mikir gitu. Nanti nabung lg.

      Delete
  9. Saya juga pakainya notebook nih mbak. Kepengin sih pakai laptop. Tapi mau cari yang ringan biar enteng dibawa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun, ringan dari segala sisi termasuk harga hihi

      Delete
  10. keduanya juga bisa dikatakan penting sih, emas bisa jadi investasi laptop juga. jadi sama sama penting sih buat saya hehe

    ReplyDelete
  11. Laptop kak. menurutku sih. laptop barang investasi yang gak diem. kalo emas diem aja...

    laptop dipake buat menghasilkan uang. uangnya ditabung. kalo dah cukup beli emas... hehehe..awal bulan agustus aku beli laptop kak. aamiin

    ReplyDelete
  12. kalo menurut saya pentingan laptop kak, soalnya seluruh data-data penting dan harga dari data-data itu lebih jauh berhaga daripada emas ka, itu menurut saya loh ka hehe.

    ReplyDelete
  13. Huuuah cincin hello kitty nya imut banget.
    Laptop sama emas penting mana? Dua2 nya penting. Yang utama laptop dulu, klo laptop sudah ada, baru deh beli emas buat tabungan :)

    ReplyDelete
  14. Antara laptop sama emas mana yg lebih penting menurut saya si laptop. Selain karena banyak ilmu yg dapat dipelajari lewat laptop, juga jika kita kreatif kita bisa menghasilkan duit hanya lewat laptop. Klw udah punya duit kan enak tinggal beliin emas aja :D

    ReplyDelete
  15. For the individuals who for some reason don't have their documentation of their portable workstations, you can discover the measurement physically. You should utilize a typical adaptable measuring tape.cooler

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu