Friday, 15 September 2017

Tips Mencegah Virus MERS

Haji, foto: liputan6
Selama ini saya nggak terlalu aware dengan yang namanya penyakit atau virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome), yang beritanya kadang tenggelam jika pas lagi nggak musim haji. Padahal virus ini bisa menyerang kita kapan saja. Apalagi setiap waktu warga Muslim di negara kita ini sering melakukan ibadah umroh ke tanah suci, Mekkah dan mungkin sekalian trip ke beberapa daerah untuk menelusuri sejarah jaman Nabi yang ada di Al-Quran, di Timur Tengah sana.
Menurut data, 70% hewan-hewan Unta di Timur Tengah positif terjangkit virus MERS. Yang itu berarti,virus ini akan cepat sekali menular ke manusia.


Dan untuk diketahui, Mers ini pertama kali ditemukan di Saudi Arabia tahun 2012. Yang merupakan penyakit mematikan disebabkan oleh Corona Virus, yang akan menggangu saluran pernafasan pada hewan dan manusia. Semakin berkembang hingga ke Timur Tengah hingga sekarang, dan bisa menyebar ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Sampai saat ini virus Mers belum ada obat atau vaksin yang bisa mengatasi penyembuhannya. Namun, kita semua bisa mencegahnya dengan cara menjaga kebersihan diri, agar terhindar virus yang ciri-cirinya hampir sama seperti penyakit pada umumnya, seperti diare, muntah, flu, batuk, atau sakit tenggorokan. Terkadang kita menyepelekan penyakit ini karena dikira hanya demam biasa. Virus ini harus diwaspadai, karena 40 % korbannya meninggal dunia.

CoronaVirus Foto: Lipi.go.id
Dan saat musim haji, jutaan umat muslim dunia akan mengunjungi Saudi Arabia untuk menjalankan ibadah salah satu rukun Islam, termasuk dari Indonesia. Pemerintah sendiri sudah menghimbau kepada seluruh warganya yang akan berangkat haji atau umroh ke Tanah Suci. Agar mewaspadai penyebaran virus ini ketika kembali tiba di Indonesia. Salah satunya untuk menghindari berinteraksi dengan hewan Unta. Jika sudah terlanjur berinteraksi, kenali tanda-tanda dan jaga kesehatan, serta asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh.

Dari membaca-baca artikel di beberapa media online, berikut saya share ulang tips mencegah virus Mers yang dikatakan mirip dengan penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang berasal dari flu biasa. 



Tips terhindar dari virus Mers.
  • Membawa perlengkapan kesehatan dan kebersihan diri sendiri, seperti Sabun Cair, Masker, Obat Kumur-kumur yang mengandung antiseptik povidon-iodin.
  • Harus rajin-rajin mandi, minimal 2 kali sehari dan cuci tangan menggunakan sabun cair antiseptik yang mengandung Povidon-Iodin. Salah satunya yang terdapat pada Betadine Sabun Cair. Karena terbukti  99,9 % povidone-iodin yang ada di Betadine bisa membunuh virus dalam waktu 15 detik.
  • Disarankan untuk selalu kumur-kumur dengan obat kumur selama melakukan perjalanan ibadah di Timur Tengah dan hingga satu minggu setelah sampai di Indonesia kembali.
Intinya kita harus bisa menjaga kebersihan diri, terutama di pusat-pusat keramaian. Selalu cuci tangan sebelum menyentuh mulut, hidung maupun mata. 


Sumber:
http://lipi.go.id/berita/virus-baru-:-coronavirus-dan-penyakit-sars/176
http://health.liputan6.com/read/3049247/cegah-penyakit-berbahaya-calon-jemaah-haji-dihimbau-bawa-betadine-ke-timur-tengah

3 comments:

  1. Takuuuuuuutttt banget ama virus kaya gitu, terimakasih tips pencegahannya gan

    ReplyDelete
  2. mohon izin berkunjung ya mbak :)

    dosenluarbiasa.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu