Thursday, 12 October 2017

Cara Aman ke Luar Negeri dengan Travel Insurance



Jadi karena belum pernah traveling ke luar negeri, saya baru tau lho, kalau untuk melakukan perjalanan ke Negara luar itu, kita perlu banget untuk punya travel insurance atau asuransi perjalanan. Karena segala macam resiko dalam perjalanan itu bisa saja terjadi kapan aja, kan? Jadi bisa dibilang, asuransi perjalanan ini penting banget kita cari tau, manfaatnya, cara klaimnya, preminya, cara pembeliannya, apa saja yang dicover dan lainnya, wah banyak sekali ya? Karena apa, di jaman sekarang orang-orang lebih suka melakukan traveling dari pada menghabiskan uang untuk shoping.
ISB
Tapi, oke mari kita cari tau di sebuah talkshow yang saya ikuti hari kemarin (11/10) di Aruba Caribbean Restauran and Bar, Pasaraya Grande, Jakarta Selatan. Bersama teman-teman komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) dalam acara Blogger Gathering yang diselenggarakan oleh Mobil123, portal otomotif No 1 di Indonesia. Event gathering kali ini bekerja sama dengan MSIG Insurance, dengan tema yang sangat menarik, yaitu: “Tips Cara Pengajuan Klaim Asuransi Perjalanan Yang Efektif”

Narasumber yang hadir saat itu dari MSIG Online, Bapak Bernadus dan Pak Hendri, yang siap memaparkan tips-tips cara pengajuan klaim asuransi perjalanan dan mengenalkan tentang MSIG Online, layanan Travel Insurance yang bisa kita beli secara online dan beberapa kebelihannya dibanding dengan travel insurance lainnya. Dengan moderator dari Mobil123, Mas Indra Prabowo, selaku Managing Editor and Head of Media.


MSIG Online sendiri adalah bagian dari PT. Asuransi MSIG Indonesia, yakni salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. Untuk pusatnya ada di Jepang, dan regionalnya berlokasi di Singapore. Di Indonesia sendiri, MSIG telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun. 

Dan apa aja sih klaim yang sering terjadi saat melakukan perjalanan ke luar negeri? Kalau di dalam negeri kan mudah, ya? Tapi jika sedang di luar, dan tiba-tiba kita mengalami kejadian yang tidak mengenakkan? Menurut data, klaim yang sering terjadi itu ialah:
  1. Keterlambatan penerbangan 
  2. Biaya medis pengobatan karena sakit selama perjalanan
  3. Kehilangan uang dan barang pribadi
Tapi sebelum kita meng-klaim asurani, kita perlu tau dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan, karena jika tidak jelas, berakibat lamanya proses klaim yang kita ajukan. Berikut hal-hal yang perlu kita persiapkan sebelum pengajuan.

Untuk keterlambatan penerbangan, ini dokumen yang disiapkan: 
- Formulir klaim 
- Polis Asuransi 
- Kartu Identitas 
- Surat keterangan dari penerbangan, dan 
- Boarding pass 

Sedangkan untuk klaim biaya medis pengobatan karna sakit, kita bisa menyiapkan beberapa hal berikut ini selain 3 poin yang sama dengan keterlambatan pesawat: 
- Diagnosa dokter yang menyatakan sejauh mana gangguna fisik atau cedera 
- Bukti pembayaran 
- Surat kuasa apabila klaim diajukan oleh pihak lain selain pemegang polis atau tetanggung. 

Dan untuk klaim kehilangan uang atau barang pribadi, selain 3 tersebut di atas, yang perlu disiapkan adalah surat laporan dari pihak kepolisian. Ini yang sering terjadi, ya? Sudah sering banget kita dengar kalau traveling ke luar negeri jika tidak hati-hati, terutama di beberapa Negara bagian Eropa sana. Para wisatawan kehilangan barang, ntah dijambret atau yang lainnya. 

Untuk di MSIG Insurance sendiri, menurut Bpk Hendri, yang membedakan MSIG Travel Insurance dengan travel insurance lainnya adalah soal klaim ini. Jika di Insurance lain, klaim keterlambatan pesawat kita musti menunggu waktu hingga 4 jam lamanya. Namun di MSIG dalam waktu 3 jam kita bisa langsung mengajukan klaim. Untuk menjamin kerugian yang akan kita alami, travel insurance ini membantu sekali untuk melindungi selama perjalanan kita di luar negeri. Selain itu untuk pembelian kita bisa lakukan secara online dan bisa dibeli sehari sebelum keberangkatan. Cukup mengakses websitenya di www.msigonline.co.id lalu mulai mencari tau jenis asuransi apa yang kita butuhkan. Apakah ingin melakukan traveling itu secara individu, family atau bussines trip. Well, dalam MSIG Online, kita bisa memilih paket masing-masing dengan preminya dimulai dengan harga Rp. 32 ribu untuk perjalanan 1-3 hari. Di sana kita bisa melihat apa saja yang dicover oleh MSIG saat kita traveling.




Selain itu berikut adalah tips singkat cara pengajuan klaim yang efektif dari MSIG. 

- Pahami dan pelajari semua manfaat asuransi yang akan kita/telah kita beli. 
- Catat dan segera laporkan melalui Call Center apabila terjadi klaim. 
- Lengkapi seluruh dokumen sesuai dengan jenis klaim yang diadukan. 

Di MSIG Asuransi, untuk pengajuan klaim, kita bisan langsung menghubungi nomor kontak berikut: 

Layanan 24 jam MSIG Asuransi 
Call Center: +62 21 2927 9631 
Whatsapp: +62812 9464 4004 
Atau bisa membuka websitenya di www.msig.co.id 

21 comments:

  1. Aih kamu mau ke Swiss ya? winter lho di sana. Aku ke Netherland aja :D

    ReplyDelete
  2. Penting nih asuransi traveling, apalagi kalo tujuannya jauh ke luar negeri. 😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, mas. Krn kita ga tau perjalanan itu ya

      Delete
  3. Aku baru tau noh MSIG Online, senang ikutan acara ini kemarin jadi banyak tau tentang travel insurance.

    ReplyDelete
  4. Kebetulan banget baca ini, aku kan mau ke Korea

    ReplyDelete
  5. Wah lebih mudah ya.
    Klaim jd gampang

    ReplyDelete
  6. Wah, bermanfaat banget nih, infonya. Pingin ke luar negeri suatu hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin semoga keinginannya terkabul ya mbak

      Delete
  7. Asuransi perjalanan emang penting ya. Khawatir terjadi musibah di jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, klo kenapa2 jd enak urusannya ya

      Delete
  8. Asuransi buat kehilangan barang nih yg paling penting

    ReplyDelete
  9. Waah nambah referensi lagi. Penting banget nih buat apply visa. Makasih mbak :)

    ReplyDelete
  10. Aku pernah beberapa kaii pakai dan memang beanfaat bangeeet Mel :)

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu