Monday, 23 October 2017

Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Content Writer


Banyak yang bisa kita lakukan dengan internet banyak peluang yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan internet. Sebagai seorang blogger, peluang untuk menjadi seorang entreprenuer lebih luas lagi. Selagi mau terus berusaha dan belajar, apapun bisa kita lakukan, termasuk untuk berevolusi menjadi seorang content writer dalam tingkatan yang lebih tinggi. Tidak hanya menulis di blog pribadi, tapi seorang blogger juga bisa menjadi penulis di website-website resmi.
Manfaatkan peluang, itu yang saya petik dari mengikuti seminar and talkshow IDEAPreneur dengan tema "Jadi entrepreneur hebat dengan memanfaatkan dunia digital" dalam sebuah sesi yang saya ikuti beberapa hari yang lalu (20/10) di CNI Expo 2017 di gedung CNI dalam rangkaian perayaan ulang tahun CNI yang ke-31 tahun. Dan ulang tahun CNI sendiri dirayakan setiap tanggal 1 Oktober 1986. CNI Expo ini berlangsung sejak tanggal 18 Oktober hingga 20 Oktober 2017 dan puncaknya tanggal 21 Oktober yang lalu.


CNI (PT. Centra Nusa Insan Cemerlang) sendiri adalah perusahaan multi level marketing yang juga ikut mengikuti perkembangan jaman terutama di dunia digital. CNI Ikut melakukan revolusi dalam sistem penjualan. Jika CNI dulu yang kita kenal adalah MLM yang jualannya door to door atau mulut ke mulut, tidak untuk saat ini. Ada inovasi yang CNI lakukan dengan memanfaatkan dunia digital, yakni dengan membuka toko online yang bisa kita akses di GeraiCNI. Sekarang anggota CNI lebih mudah lagi dalam menjalankan bisnisnya, karena pasarnya menjadi lebih luas dan pembelian produk-produk CNI pun bisa dilakukan online.


Ada beberapa narasumber yang ikut berbagi pengalamanannya di seminar IDEAPreneur, mereka-mereka adalah yang menjalankan bisnis dan menjadi seorang entrepreneur dengan memanfaatkan dunia digital. Salah satunya adalah Teh Ani Berta, seorang Blogger, founder ISB (Indonesian Social Blogpreneur) yang sudah lama saya kenal dengan banyak pengalamannya sebagai penulis konten di berbagai website. 

Ani Berta
Di kesempatan itu Teh Ani Berta berbagi tips dan pengalaman bagaimana cara seorang blogger bisa mengambil peluang untuk menjadi content writer profesional. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan seorang penulis konten, dan melakukan diskusi hangat, tanya jawab dengan peserta yang mengikuti talkshow.

Lalu mengapa dan bagaimana menjadi content writer?

Pekerjaan menjadi content writer itu tidak mudah, kita harus tau celahnya, dan sebagai blogger menjadi content writer itu bagus banget. Dilatari oleh pertumbuhan era digital, kebutuhan informasi yang terus meningkat, dan setiap perusahaan atau organisasi itu memerlukan informasi maupun publikasi setiap kegiatan.
Ini lah kenapa blogger punya kesempatan emas untuk menjadi content writer. Karena blogger itu punya kemampuan story telling yang bagus. Sebagai blogger, kita bisa menjadi content writer perusahaan atau perorangan. Atau bisa menjadi ghost writer dan kontributor untuk perusahaan maupun organisasi.
Caranya kita bisa mengirimkan lamaran atau proposal melalui PR atau Marcomm ke perusahaan yang akan kita tuju.


Namun, kita harus tau juga tujuan menjadi content writer itu untuk apa? Untuk menjadikannya sumber penghasilan atau sukarelawan? Mengenali website-website tujuan yang akan menjadi tempat kita menjadi content writer itu juga penting. Cari yang sesuai minat kita untuk menulis, biar pekerjaan menjadi content writer pun menjadi lancar.

Nah, untuk itu kita perlu tau apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang content writer. Berikut tips yang dibagikan oleh Teh Ani Berta dalam talkshow waktu lalu:

Do
  • Buatlah tulisan miminal 500 kata
  • Sesuaikan gaya kepenulisan dengan ciri khas website tersebut
  • Tulisan harus merujuk 5W (Who, What, When, Where, Why)
  • Tidak memasukkan unsur opini kecuali untuk feature story
  • Atur jadwal update sesuai kesepatakan kerja sama
  • Isi kanal-kanal website sesuai kategori yang dikuasai
  • Baca kembali setelah menulis draft
Don't
  • Plagiat atau copy paste
  • Menggunakan bahasa alay atau singkatan
  • Memasukkan unsur opini terlalu personal
  • Menyebutkan brand terlalu hard selling tanpa persetujuan website/portal
  • Diskreditkan orang lain
  • Keluar dari idealisme
  • Menuliskan berita atau opini tidak sesuai fakta atau tidak terverifikasi.
Lalu apa benefit yang akan kita dapatkan jika menjadi seorang content writer? Nggak mungkin hanya materi saja yang kita cari, kan? Dengan menjadi content writer, kita akan punya branding yang kuat, punya portfolio yang bagus, menjadi social entrepreneur juga, hobi menulis yang menghasilkan tentunya, relationship yang luas. Selain itu, skill, wawasan dan ilmu yang kita dapatkan akan terus meningkat. Karena dengan menjadi content writer, otomatis kita juga akan banyak membaca beragam tulisan dengan banyak informasi. Dan tulisan kita pun pastinya akan bermanfaat untuk orang lain. 

Tips berburu bahan konten:
- Workshop
- Talkshow
- Wawancara Narasumber
- Buku, Majalah, Koran, Televisi
- Diskusi Forum secara Live
- dan Event-event.

So, apakah siap menjadi content writer? Yuk, kita belajar dan mencoba bersama-sama setelah membaca materi yang saya tulis ulang dalam postingan ini.


5 comments:

  1. foto terakhirnya keren nih, unik momennya :)
    btw, jadi content writer itu sesuatu banget. seru dikejer2 deadline hehehe

    ReplyDelete
  2. content writer ini menantang karena harus mengubah gaya tulisan dan mengulas beragam topik. Kudu terus belajar.

    ReplyDelete
  3. Content Writer ibarat blogger naik kelas ya teh. Moga aku bisa mengikuti jejakmu.

    ReplyDelete
  4. Jadi CW memang perlu banyak belajar ya. Materinya OK banget dan pas sama bidang yang dulu pernah saya geluti. Profesi yang menjanjikan dan menghasilkan.

    ReplyDelete
  5. Syaa belum full terjun ke profesi itu. Padahal sudah ngincer daei dulu he he

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu