Friday, 3 November 2017

Tips Melakukan Penghematan Pulsa Listrik dengan Cara Tepat

Image by merdeka .com
Ketergantungan masyarakat pada listrik memang bisa dikatakan cukup tinggi untuk saat ini. sebetulnya bukan hanya listrik, namun ketergantungan masyarakat pada berbagai macam energi hasil bumi yang tidak bisa di perbarui begitu besar. Apalagi semenjak adanya gadget di bidang informasi dan teknologi yang sekarang begitu digandrungi. Dengan semakin tingginya kebutuhan listrik, semakin begitu banyak ajakan untuk menghemat listrik. Seperti yang kita ketahui banyaknya tempat jual pulsa listrik kadang membuat kita menyepelekan, dan menggunakan listrik dengan semau sendiri. Jika kita ingin mencoba melakukan penghematan listrik, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan.
Pertama, mencabut kabel serta peralatan dari sakelar yang tidak dipergunakan. Hindari membiarkan peralatan terpasang di sakelar saat tidak digunakan, entah pengisi daya handphone, setrika, TV, hingga berbagai barang elektronik lain. Saat kita merasa tidak membutuhkan listrik untuk ini itu, sebisa mungkin menghindari meninggalkan barang elektronik dengan kabel yang menancap di sakelar entah dalam keadaan hidup atau mati. Listrik bisa tetap mengalir dari kabel ke peralatan elektronik. Dengan demikian, listrik bisa terbuang sia-sia dan kita pun harus membayar tagihan yang sebenarnya beberapa persen tagihan terbuang secara percuma.

Kedua, menghemat pemakaian lampu. Untuk kebutuhan seperti lampu, siasati kebutuhan ini dengan menggunakan lampu hanya ketika benar-benar memerlukan saja. Gunakan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama di siang hari. Pergunakan lampu yang hemat energi dan untuk penggunaan kebutuhan listrik yang sedikit. Usahakan menerapkan aturan mematikan 2 lampu di jam 5 sore sampai 8 malam. Beberapa cara pengendalian ini akan membantu kita untuk mengurangi ketergantungan serta menekan pembelian token PLN di toko jual pulsa listrik.

Image by Googleplay
Ketiga, gunakan AC saat sedang perlu saja. AC bekerja dengan menggunakan listrik yang lebih banyak jika dibandingkan dengan peralatan elektronik yang lain. Jika di rumah menggunakan AC, pilih AC yang lebih hemat energi, dan memiliki kemampuan untuk menaikkan suhu atau mematikan secara otomatis saat ruangan sudah sedikit orang atau tidak ada orang, sehingga kita tidak harus mendinginkan ruangan yang efeknya tidak dirasakan oleh siapa pun. Sesuaikan suhu dengan luas ruangan serta jumlah orang yang berada di ruangan. untuk suhu 20 derajat Celcius bisa di isi oleh 5 orang. Suhu tersebut bisa dirasakan cukup dingin, bila di dalam ruangan hanya di isi 2 orang. Selain itu pendingin makanan juga harus diperhatikan dengan baik saat menggunakannya. Hindari membuka kulkas dengan waktu lama karena mesin bisa bekerja tinggi untuk menyesuaikan suhu di luar dan di dalam kulkas.

Image by Googleplay
Terakhir, matikan alat elektronik ketika tidur. Hindari kebiasaan ketika tidur menggunakan berbagai macam alat elektronik dengan keadaan menyala. TV yang menyala ketika tidur, gadget dalam proses baterai bisa memberikan efek tagihan menjadi semakin membengkak. Lampu lebih baik dimatikan saat kita sedang beristirahat. Selain bisa menghemat biaya, cara ini juga baik untuk merilekskan tubuh, kita bisa segera beristirahat dengan baik. jangan pernah meninggalkan gadget dalam pengisian daya dan tertidur.

Cara di atas adalah upaya untuk menghemat penggunaan pulsa listrik di rumah kita. mengingat bumi juga sudah tua dan isu hemat energi sedang gencar diperdengarkan, sehingga tidak ada salahnya bila kita ikut berpartisipasi menghemat penggunaan energi listrik, bukan hanya untuk kepentingan kita sendiri, namun untuk anak cucu kita nanti. Kita juga akan bebas dari biaya tagihan yang cukup besar. Jadi, jangan sampai karena tempat jual pulsa listrik dekat, kita jado boros dalam menggunakan listrik.(artikel placement)

3 comments:

  1. Ganti lampu dengan lampu LED juga, Mbak. Lampu ini emang lebih mahal, tapi kan bisa menghemat biaya listrik bulanannya.

    ReplyDelete
  2. Setuju. Karena dekat jadi boros ya mbak. Hiks...

    ReplyDelete
  3. Dulu aku abai mencabut colokan, sekarang alhamdulillah sering mencabut ketika sudah selesai dipakai. Selain untuk menghemat listrik juga menghindari kecelakaan akibat korsleting listrik. Terimakasih tipsnya, Kak.. ^_^

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu