Sunday, 14 January 2018

Cara Memilih Bed Cover untuk Kualitas Tidur yang Baik


Bed cover adalah sejenis seprei tebal yang dapat digunakan untuk selimut sekaligus penutup spring bed yang saat ini menjadi komponen wajib dalam setiap kamar tidur modern. Hal ini dikarenakan bedcover penggunaannya sangat praktis dan efisien. Penentuan bedcover yang tepat dapat mempengaruhi kenyamanan dan kualitas tidur Anda sekaligus dapat membuat ruangan kamar tidur Anda menjadi lebih enak dilihat dan tidak lagi membosankan rasanya berada berjam-jam di atas tempat tidur dan kamar.

Prinsip dasar dari pemilihan bedcover sejatinya tidak berbeda jauh dari pemilihan seprei atau selimut, setidaknya yang menjadi patokan adalah tingkat keempukan dan kehalusan bahan bedcover. Terlebih lagi bedcover sering digunakan di malam hari sehingga wajib memilih yang nyaman dipakai. Berikut ini tips-tips yang mungkin dapat membantu Anda menemukan bedcover yang tepat untuk kamar tidur Anda.

  1. Bahan yang nyaman.
Kesan pertama begitu menentukan kesan seterusnya, begitu juga dalam penentuan pilihan bedcover. Bahan yang dipakai haruslah sama seperti bahan untuk pakaian, dalam artian harus nyaman dan tidak panas. Terlebih jika Anda tinggal di wilayah beriklim tropis dan Anda pun tidak menggunakan AC di dalam kamar. Oleh karenanya, bedcover haruslah berbahan adem, halus dan pastinya lembut, tidak terasa gatal di kulit. Kain katun atau linen biasanya yang paling nyaman untuk dijadikan sarung bedcover.

  1. Motif yang sesuai.
Pemilihan bedcover juga harus disesuaikan dengan penggunanya. Misalkan jika Anda adalah pasangan suami istri atau seorang wanita dewasa misalnya, bedcover dengan motif floral atau bernuansa romantis bisa jadi pilihan yang pas. Sedangkan apabila Anda seorang pria lajang, motif bed cover yang lebih maskulin seperti polos, motif abstrak dan sebagainya tentu akan lebih cocok untuk Anda. Begitu juga dengan bedcover untuk kamar anak, sebaiknya disesuaikan motif dan warnanya sesuai dengan apa yang mereka sukai agar mereka semakin betah berada di kamar dan tidurnya semakin nyenyak.

  1. Harganya sesuai.
Meski urusan harga sebenarnya relatif namun sebaiknya tidak memaksakan diri membeli bedcover yang harganya tidak sesuai dengan kantong Anda, mengingat sebenarnya bedcover bukanlah hal utama di dalam kamar Anda. Namun Anda tetap harus menyadari bahwa harga seringkali berbanding lurus dengan kualitas. Anda tentu tidak ingin membeli bedcover murah dari toko online atau situs belanja misalnya, namun ternyata yang datang adalah bedcover yang murahan dan tidak sesuai harapan. Jadi pertimbangkan kembali jika Anda ingin membeli bedcover dengan harga yang murah.

  1. Sesuai ukuran tempat tidur.
Akan lucu jika Anda membeli bedcover namun ukurannya tidak sesuai dengan ukuran ranjang Anda. Bedcover seharusnya berukuran 1,5 kali lebih besar daripada ranjang spring bed Anda. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan selama memakainya sekaligus agar bedcover tidak terlalu kebesaran dan memberikan kesan kurang rapi. Jadi sebelum membeli, ukur terlebih dahulu ranjang springbed Anda.

  1. Mudah dicuci serta tidak gampang kotor.
Beberapa bahan bed cover ada yang mudah kotor sewaktu digunakan, dan ini akan sangat merepotkan sekali sebab Anda akan kesulitan mencuci bedcover Anda sendiri terutama jika Anda tidak memiliki mesin cuci. Bahkan dicuci di mesin cuci pun tidak menjamin bedcover akan benar-benar bersih, Anda harus membawanya ke laundry dan ini tentu saja cukup membuang uang. Jadi pilihlah bedcover yang warnanya cenderung gelap atau warna-warna selain putih, kuning dan warna cerah lainnya agar memberikan kesan bedcover tidak mudah kotor.

1 comment:

  1. kalo lagi musim hujan, bed cover berguna banget ya... jadi anget :)

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu