Sunday, 25 February 2018

Mengulas Tentang Kelezatan dari Bika Ambon yang Wajib Kamu Coba

Hmm, saya suka banget sama yang namanya Bika ambon, yang merupakan jenis makanan khas  dari kota Medan. Buat kamu yang belum pernah mencicipi makanan khas ini, maka wajib banget untuk mencoba kue yang rasanya menakjubkan ini, karena Bika Ambon ini memang menjadi makanan khas yang berasal dari kota Medan. Tapi kalau mau coba kue yang satu ini nggak perlu jauh-jauh harus datang ke sana, karena Bika Ambon sudah mudah sekali kita jumpai dimana pun. Karena sekarang kue ini pun juga sudah banyak tersedia di beberapa toko-toko kue, toko oleh-oleh atau bahkan di situs belanja online terpercaya, yang juga sudah menyediakan pembelian kue khas Medan ini. Tinggal pilih berapa kotak yang mau dibeli.
Karena makanan khas dari kota Medan ini memiliki bahan dasar dari telur, santan, dan gula. Kue ini jadi mampu memberikan cita rasa yang gurih dan melezatkan. Kalau kamu penasaran dengan cita rasanya, maka perlu dicoba untuk membuat kue Bika Ambon sendiri di rumah, karena saya juga penasaran bagaimana cara membuatnya. Kalau dari baca-baca resep sih terlihat mudah dan nggak menyulitkan banget, tapi belum tau bagaimana eksekuisinya, kadang teori nggak semudah prakteknya. Tapi apa salahnya dicoba ya?

Dan berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat Bika Ambon, bahannya yaitu sebagai berikut ini:

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:
  • Kuning telur ayam 17 butir.
  • Santan kental 600 ml.
  • Air kelapa segar 200ml.
  • Ragi santan 10 gram.
  • Tepung terigu 100 gram.
  • Tepung sagu 300 gram.
  • Vanili 1 sendok.
  • Gula pasir 450 gram.
  • Garam secukupnya.

Cara pembuatannya yaitu:
  1. Campurkan ragi instan dan tepung terigu kemudian aduk secara merata, lalu tambahkan air kelapa segar dengan menambahkannya sedikit demi sedikit dalam adukan, jangan sampai mengendap, apabila sudah selesai mengaduk, maka diamkan kurang lebih 15 menit.
  2. Campurkan vanili, gula pasir, garam, kuning telur di tempat yang berbeda kemudian campur secara merata.
  3. Gabungkan kedua adonan tersebut, aduklah hingga kedua gabungan adonan merata, kemudian berikan tepung sagu dengan cara menambahkannya sedikit demi sedikit dan aduklah hingga merata.
  4. Tambahkan santan yang kental dalam adonan dan aduk secara merata.
  5. Agar adonan tidak menggumpal, maka saring adonan tersebut dan diamkan kurang lebihnya 2 jam supaya adonan mengembang.
  6. Siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan minyak agar adonan tidak lengket.
  7. Masukan adonan dalam loyang dan masukkan pada oven, jangan terlalu panas agar tidak hangus nantinya.
  8. Panggang adonan kurang lebih 7 hingga 13 menit.
  9. Jika warna sudah kecoklatan maka angkat dan potong-potong sesuai dengan selera.
  10. Kue sudah siap disajikan.
Dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di atas maka kita dapat untuk membuat kue khas Medan ini di rumah sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak uang, serta kita pun juga tidak akan mengalami kesulitan dalam mempraktekkan membuat resep-resep itu, terlebih lagi karena bahan-bahan yang kita gunakan pun juga tidaklah sulit untuk didapatkan, karena banyak tersedia di toko-toko bahan kue, jadi bisa berhemat, dengan begitu kita dapat untuk membuat tanpa harus ribet lagi. Dan kita juga bisa mengerjakan pekerjaan lain atau mencoba resep kue lainnya dari sisa bahan kue tersebut.

Tapi bagi kamu yang ingin mencicipi kue Bika Ambon ini pun tidak harus membeli di luar rumah, karena bisa membuatnya di rumah sendiri, dengan cita rasa dan porsi yang sesuai dengan yang kita inginkan dan tentunya tidak ribet. Atau kalau tidak mau repot atau ribet, bisa pesan online, yang cita rasanya tidak perlu diragukan lagi.

    5 comments:

    1. Pantas ya buka ambon tu enak dan mahal, lha satu resep aja telurnya 1i hehehe

      ReplyDelete
    2. Mau dong bika ambon nih, hehe. Resepnya boleh lah dinote dulu natar baru dipraktekkan.

      ReplyDelete
    3. Ini niiih oleh2 wajib buat org2 yg br pulang dr Medan

      ReplyDelete
    4. udah lama gak makan iniiii, baca resepnya tapi tetep malas coba maunya tinggal makan :D

      ReplyDelete
    5. Teman ku pernah bawa oelh oleh dari medan yang satu ini,, rasanya enak banget dan bikin ketagihan hhe

      ReplyDelete

    Tinggalkan Jejakmu