Saturday, 5 May 2018

Lampung Jadi Propinsi Pertama Indosat Ooredoo Untuk Ekspansi Jaringan di Luar Pulau Jawa

Indosat Ooredoo di Lampung
Teman-teman mungkin tau kalau selama ini saya menjadi bagian dari tim #IM3OoredooSquad, dari melihat postingan-postingan saya di sosial media, Instagram maupun Twitter. Dan sempat ada beberapa teman yang bertanya-tanya, bagaimana sih caranya bergabung menjadi IM3 Ooredoo Squad, terus benefit apa saja yang sudah saya dapat, sebulannya saya dibayar berapa sama Indosat Ooredoo dan segala macam pertanyaan 'kepo' lainnya. Pengalaman kerjasama saya dengan Indosat Ooredoo sudah terjalin lama sejak saya masih ngeblog di Blogdetik. Bagaimana saya menjadi tim IM3 Ooredoo Squad itu karena akhir tahun 2016 saya ikut kuis yang diadakan oleh IM3 Ooredoo. Ketika saya dinyatakan menang, saya diajak bergabung dengan teman-teman yang lebih dulu bergabung menjadi bagian dari Squad yang lain.


Nanti saya ceritakan apa saja yang saya dapat dari sini, tapi yang paling utama adalah, adanya kesempatan untuk mencoba produk-produk terbaru dari IM3 Ooredoo sebelum launching. Buat saya ini sesuatu yang membanggakan. Contohnya awal April kemarin ketika di telpon oleh Mbak Ghina, salah satu tim digitalnya Indosat Ooredoo, apakah saya available untuk berangkat ke Lampung, ikutan Media Gathering Nasional Indosat Ooredoo dan mencoba jaringan terbarunya 4G Plus terbaru di sana.


Ditanya seperti itu saya pasti mau, kapan lagi bisa ikut Media Gathering Nasional-nya Indosat Ooredoo di kampung sendiri, karena sekalian bisa pulang kampung, kan? Dibayarin pula..hehe.
Karena kesempatan ini akan saya manfaatkan buat mengadu, betapa selama ini saya cukup kesulitan mengakses internet ISAT jika sedang ada di rumah ibuku. Jadi ketika kemarin ditanya oleh Mas Adrian Prasanto (Communication Specialis Expert - Indosat Ooredoo) di Lampung-nya saya dimana? Saya langsung bilang, "Mas Indosat Ooredoo di rumah saya jelek banget, sinyalnya naik turun, seringnya malah tanda X alias nggak ada sinyal" Karena tidak adanya sinyal Indosat di kampung ibuku jadi kontradiktif dengan pekerjaan saya yang selalu mendengungkan produk-produk Indosat Ooredoo.


Tapi saya juga nggak lupa menambahkan, kalau dua minggu sebelumnya saat saya pulang kampung, ada kemajuan dari jaringan Indosat Ooredoo ini, yang sebelumnya selalu tanda silang, pas kemarin pulang sudah ada sinyal Edge yang saya dapatkan. (Ini sebelum saya tau kalau Indosat Ooredoo sudah melakukan atau menambah perbaikan jaringan di Lampung). Dan Mas Pras langsung melaporkan ke bagian terkait dengan keluhan saya itu. Dan informasinya, Indosat Ooredoo seminggu sebelumnya juga sudah menambah kekuatan sinyal di area sekitar Bandara (yang jaraknya cuma 15 km dari rumah ibu).
Catatan, di bagian ini saya belum puas kalau belum membuktikan apakah jaringan Indosat Ooredoo benar-benar sudah bagus di Lampung, khususnya di rumah ibuku. Kalau di daerah Kota Bandar Lampung jangan di tanya, namanya Kota pasti aksesnya lebih mudah. Tapi yang ini saya simpan dulu sambil menikmati kebersamaan dengan puluhan orang-orang baru dan tim Indosat Ooredoo di Media Gathering kemarin itu.
Laut

Media Gathering dan Test Drive Jaringan Indosat Ooredoo di Lampung

Di Lampung kami dijadwalkan akan melakukan banyak kegiatan selama tiga hari bersama puluhan media dan blogger serta tim Indosat Ooredoo dari Jakarta maupun yang ada di Lampung. Dari tanggal 18 hingga 20 April 2018. Meeting poin hari pertama kami di Bandara International Soekarno Hatta, Terminal 3 Ultimate, dengan jadwal pesawat Garuda jam 9 pagi. Namun, untuk mengantisipasi waktu dan kemacetan Jakarta di pagi hari yang nggak bisa diprediksi, kami diminta untuk berkumpul pukul 7 pagi harus sudah ada di sana. Dan saya sejak subuh sudah ada di sana, karena antisipasi tadi.

Paket Unlimited Terbaru dari Indosat Ooredoo
https://indosatooredoo.com/id/personal/producttariff/unlimited
Disana kami sarapan bersama di Kedai Tjap Toean, dan dibagikan kaos seragam untuk kegiatan hari pertama dan jadwal untuk 3 hari ke depan akan melakukan apa dan kemana saja, juga berkenalan dengan yang lainnya. Sesampainya di Bandara Radin Intan II, sekitar pukul 10 pagi, dan langsung dijemput Bus Pariwisata yang sudah siap dengan perlengkapan untuk test drive jaringan hari itu.

Simulasi jaringan
Mba Oni on the bus
Rute test drive jaringan ini melewati jalan utama lintas Sumatera, khususnya di jalur mudik dengan alasan, jalur ini akan digunakan oleh pemudik lebaran tahun ini. Tapi tak hanya itu, jalur ini meliputi jalan utama yang selalu digunakan semua orang. Yang diharapkan selain transportasinya lancar, komunikasi pengguna jalananpun lancar dengan dukungan sinyal kuat dari Indosat Ooredoo. Dan hari itu kami melewati jalan Lintas Sumatera - Bypass Jalan Soekarno Hatta - Panjang - hingga sampai di Hotel Sheraton yang ada Teluk Betung.

Di dalam bus, kami dipandu MC oleh Mbak Oni dan tim dari Indosat Ooredoo yang akan menjelaskan tentang simulasi jaringan dan BTS mana saja yang mengcover sinyal dalam perjalanan kami itu. Selama di perjalanan itu juga, saya mulai paham, bagaimana jaringan-jaringan broadband seperti ini berjalan. Dan semuanya oke, jika sebelumnya ketika saya pulang ke Lampung sinyal selama perjalanan dari Bandara ke Bandar Lampung masih sedikit naik turun, hari itu saya membuktikan kalau sinyalnya sangat stabil, dan itu juga dibuktikan dengan cara melakukan nonton video streaming film di Youtube di dalam bus dengan kualitas video yang dipilih paling tinggi.

Video Call
Sesampainya di Hotel Sheraton, yang menjadi tempat menginap selama dua malam di Lampung, kami beristirahat sejenak untuk Ishoma, lalu melanjutkan untuk Media Briefing bersama tim Indosat Ooredoo di Ballroom Hotel. Siang itu kami berkenalan dengan Presiden Director and CEO Indosat Ooredoo, Pak Joy Wahyudi, yang juga menjelaskan tentang upaya Indosat Ooredoo dalam melakukan ekspansi jaringan di luar Pulau Jawa. Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya, Komitmen ini diwujudkan dengan melakukan penambahan dan peningkatan jaringan. Dan khusus di Lampung ditambah dengan modernisasi jaringan yang sudah ada dengan jaringan baru broadband untuk seluruh wilayah Lampung, meliputi 15 Kabupaten, 213 Kecamatan, yang tersebar dari Bakauheni, Sribawono, Metro hingga di wilayah perbatasan.

Bang Bernard dan Mba Oni
BBQ
Di moment ini juga, Pak Joy menambahkan, dengan hadirnya best network di Lampung, pelanggan dapat menikmatinya sebagai pelengkap di momen Ramadhan dan Lebaran dengan Best produk terbaru, yakni Paket UNLIMITED Youtube, Socmed dan Kuota Utama yang besar dengan harga mulai dari Rp. 5000 dengan masa aktif 3 hari atau 7 hari, sesuai pilihan. Yang sudah bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan sejak tanggal 20 April yang lalu. Mengenai Paket UNLIMITED ini akan saya buat postingan terpisah.


Duren
Pesta Duren
Sore itu, Media Briefing ditutup dengan melakukan panggilan Video Call dengan salah satu pelanggan Indosat Ooredoo yang ada di Kotabumi dan Liwa, yang jaraknya sekitar 5-6 jam dari Bandar Lampung, untuk membuktikan bahwa jaringan terbaru ISAT sudah stabil dan lebih luas cakupan coveragenya. Dan malamnya seluruh peserta Media Gathering diajak untuk pesta duren di pool hotel. Seru!


Menikmati Keindahan Bawah Laut Lampung di Pahawang

Yes, jika dihitung, ini ketiga kalinya saya ke Pahawang, pertama di tahun 2016 dan terakhir 2 minggu sebelumnya (17 Februari 2018) bersama keluarga. Jadi ketika mendapat info seluruh peserta akan menikmati keindahan bawah laut di Pahawang, saya sedikit berujar dalam hati "yaaah ke Pahawang lagi" Walaupun ke Pahawang ini nggak akan pernah membosankan, tapi karena baru 2 minggu yang lalu ke sana, saya masih merasa ada sedikit capek jika harus berenang lagi di laut. Hehe, jadinya hari itu saya hanya melihat keseruan teman-teman yang nyemplung untuk snorkeling menikmati keindahan bawah laut dan berenang bersama ikan-ikan. Dan menjadi juru foto dadakan buat mereka yang baru pertama kali ke Pahawang, ada 3 spot yang dikunjungi Pulau Kelagian Kecil, Cuku Bedil dan Gosong Bakeri.


Hari itu, kami diberi challenge, dengan mencari bendera di dasar laut dan meng-upload hasil keseruan hari itu di sosial media. Ini juga sebagai test drive, apakah benar jaringan Indosat Ooredoo sudah meluas dan bisa dinikmati di pulau-pulau seperti di Pahawang, dan sinyalnya memang stabil. Dan ditutup dengan makan siang bersama di Pulau Kelagian Besar dan bermain-bermain di pantai. Seru, saya baru bisa benar-benar menikmati pantai di sini, karena saat ke Kelagian 2 minggu sebelumnya, pantai ini seperti pasar, karena ramainya pengunjung yang datang. Nah, ini info saja buat teman-teman yang punya rencana untuk snorkeling di Pahawang. Jika memungkinkan pilih hari biasa jangan weekend atau jangan pas libur panjang.



Oh iya, malamnya kami menikmati hidangan seafood dan keindahan Lampung di malam hari di Restauran Bukit Randu di tengah kota. Restaurant ini punya view yang sangat indah, kita bisa melihat Kota Bandar Lampung dengan leluasa dari atas. Selain di sini, ada lagi spot cantik yang bisa dinikmati untuk melihat Bandar Lampung, namun lokasinya agak ke pinggiran kota, tepatnya di Puncak Mas Teropong Laut, siang maupun malam hari tetap indah dilihat.

Digital Day, Wujud Kepedulian Indosat Ooredoo di Bidang Edukasi dan Inovasi

Nah, ini dia kegiatan kami di hari terakhir Media Gathering Nasional Indosat Ooredoo. Pagi itu kami dijadwalkan untuk kunjungan ke salah satu sekolah, yakni SMAN 2 Bandar Lampung, yang lokasinya tidak begitu jauh dari Sheraton Hotel. Yang dinamakan Digital Day #BijakBersosmed yang merupakan bagian dari program CSR-nya (Corporate Social Responsiblity) Indosat Ooredoo. SMAN 2 ini merupakan sekolah favorit di Bandar Lampung. Selain di SMAN2 Digital Day ini juga dilakukan di 15 SMA di Lampung yang tersebar di 3 wilayah Sales Area Indosat Ooredo.


Anak SMA baru lulus :D

Mbak Deva Rachman
Apa saja kegiatan yang dilakukan di pelaksanaan Digital Day ini? Mbak Deva Rachman (Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo) mengatakan bahwa Digital Day ini merupakan bentuk kepedulian Indosat Ooredoo di bidang pendidikan dan inovasi. Yang bertujuan untuk mengajak generasi muda untuk lebih memperluas wawasannya dengan memanfaatkan teknologi digital masa kini dengan hal yang positif. Karena saat ini masih banyak netizen atau warga net yang menggunakan internet untuk hal yang tidak bermanfaat, seperti menyebarkan berita hoax demi keuntungan pribadi, yang akhirnya membajak kebebasan berbagi dan berekspresi di dunia maya.

Digital Day
Oleh karenanya, Indosat Ooredoo mendukung gerakan #BijakBersosmed untuk mengkampanyekan bijak dalam menggunakan sosial media di masyarakat yang bekerjasama dengan banyak pihak, seperti pemerintah, sekolah, komunitas dan yang lainnya. Di SMAN 2 Bandar Lampung kemarin itu, teman-teman media dan siswa/i nya ditantang untuk menjawab pengetahuan umum tentang teknologi digital, permainan yang seru, karena melatih kekompakan dan kerjasama yang baik. 

Restauran Bamboo Seafood
Beli oleh-oleh di toko Yenyen
Hari itu, seluruh peserta Media Gathering Nasional Indosat Ooredoo ditutup dengan makan siang bersama di Restauran Bamboo Seafood, sebelum mengakhirinya dengan berpisah di Bandara Radin Intan untuk kembali ke kota masing-masing, sebelum makan siangpun diajak untuk belanja oleh-oleh khas Lampung di toko Yen-Yen. 

1 comment:

  1. Keren banget ya acara IM3 dan rombongan Blogger ini, semoga makin seru nih jaringan IM3

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu