Wednesday, 30 May 2018

Uricran Menjagaku Dari Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan? Ternyata istilah untuk masalah kesehatan karena infeksi saluran kemih di beberapa daerah namanya berbeda-beda, ya. Seperti yang diungkapkan beberapa teman blogger yang hadir pada acara Blogger Gathering bareng Prive-Uricran di Hotel Harris, Kelapa Gading, 26 Mei 2018 yang lalu. Dalam Bahasa Sunda disebut Jeungjeurihan, terus ada pula Mbak Alaika Abdulah dari Aceh menyebutkan satu kata, kalau nggak salah Meuran, terus seperti yang pernah saya bilang di postingan terdahulu, Anyang-anyangan di kampung saya namanya Kempit Ari. Banyak lagi sebenarnya, hanya saja yang lebih terkenal adalah Anyang-anyangan yang diambil dari Bahasa Jawa (Anyeng-anyengan). Istilah untuk menandakan kondisi kesehatan saluran kemih yang tidak sehat.

Di Blogger Gathering hari itu, kami kedatangan narasumber di bidang kesehatan, yang memberikan kami banyak informasi tentang kesehatan saluran kemih, beliau adalah dr. Boy Abidin, SpOG (K) Dokter Kebidanan, yang juga seorang host acara di tv masalah kesehatan, Dr OZ Indonesian di TransTV. Dokter yang ramah, dan tampak awet muda ini nggak pelit soal informasi.

Menurut dr. Boy, banyak sekali yang perlu diperhatikan oleh wanita terutama masalah kesehatan di bagian reproduksi, karena 8 dari 10 wanita mengalami pernah mengalami anyang-anyangan. Karena wanita itu mudah sekali terkena infeksi saluran kemih, yang dikarenakan tubuh wanita itu memiliki uretra yang lebih pendek dari laki-laki. Dan infeksi saluran kemih ini bisa menyerang dan terjadi pada siapa saja, anak-anak, orang tua, ataupun laki-laki.

Dari penjelasan yang disampaikan dr. Boy, berikut beberapa gejala atau ciri-ciri infeksi saluran kemih yang akan dialami seseorang.
  • Nyeri saat BAK (Buang Air Kecil), biasanya terasa panas dan sedikit perih.
  • Sering buang air kecil namun jumlah urinnya sedikit. Bahkan sampai malam hari.
  • Tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil.
  • Buang air kecilnya tidak tuntas (anyang-anyangan)
  • Dan nyeri pada bagian perut bawah.
Jika infeksi saluran kemih ini sudah parah, akan ditandai dengan gejala infeksi saluran kemih yang butuh pertolongan lebih lanjut dan penanganan serius oleh dokter. Di antaranya seperti di bawah ini:
  • Demam tinggi hingga menggigil
  • Hilangnya nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri pada pinggang
Dan ini yang penting, karena rentannya wanita terkena infeksi saluran kemih, dan wanita hamil itu ternyata paling sering mengalami infeksi saluran kemih. Jadi kalau nggak hati-hati, bisa saja berakibat buruk pada kehamilan. Di pertemuan hari itu, ada seorang teman Blogger yang bercerita mengenai hal ini, dia sedikit bandel dengan masalah-masalah yang seperti ini. Sehingga kesehatan pada saat hamil itu sedikit terganggu. Resiko infeksi saluran kemih pada kehamilan, di antaranya bisa saja kelahiran prematur, hipertensi, gagal ginjal, bayi yang lahir berat badannya akan rendah, preeklampsia hingga kematian pada janin. Nah ini bahaya banget, kan?

Jadi, sebelum terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, ada baiknya kita memperhatikan kebersihan pada area intim untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih atau yang sering disebut Anyang-anyangan. Oleh karenanya kita juga perlu tau penyebabnya, sehingga kita bisa tau cara pencegahannya seperti apa.

Dan ini tips dari dr. Boy Abidin yang untuk kita semua agar terhindar dari infeksi saluran kemih, ini juga sebagai penanganan awal cara mengobati anyang-anyangan pada wanita.
  1. Cukup minum air putih, ninimal 8 gelas sehari. Minum sebelum haus. Kekurangan cairan akan ditandai dengan warna urine yang keluar. Kalau warna pekat, kuning kecoklatan itu berarti kita kurang cairan.
  2. Jangan sering menahan pipis. Sering kali kita menahan pipis, terutama di perjalanan, penyebabnya banyak, toilet yang tidak bersih dan lainnya. Sehingga kita menjadi segan untuk melakukan buang air kecil di tempat umum.
  3. Basuh area kemaluan dari depan ke belakang dengan air bersih, gunakan lap/tisu yang lembut. Perhatikan juga tisu yang akan kita gunakan di toilet umum.
  4. Hindari penggunaan bedak, dan gunakan pembersih kewanitaan dengan pH balance.
  5. Jangan terlalu lama menggunakan pantyliner, jaga kebersihan.
Dan yang terakhir jangan lupa untuk mencegahnya dengan mengkonsumsi Cranberry, buah-buahan yang dipercaya dapat mencegah bakteri E-Coli, virus yang akan menempel pada dinding sel epitel saluran kemih dan menyebabkan infeksi. Dengan mengkonsumsi buah Cranberry yang mengandung Proantocyanidin (PAC), bakteri jahat ini akan luntur bersama dengan kita membuang air kencing.

Namun, mencari buah Cranberry ini di pasaran sangatlah sulit, jadi ada yang lebih praktis yang bisa kita andalkan untuk kita jadikan sebagai obat anyang-anyangan. Yakni dengan minum 2 gelas Prive uri-cran. Minuman kesehatan untuk obat anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Ekstrak buah Cranberry yang terkandung dalam Prive uri-cran ini punya kelebihan dibanding antibiotik lain.Salah satunya tidak menimbulkan resistensi antibiotik, dan dapat mensupport jantung, menjaga kadar gula, kesehatan dalam pencernaan dan sebagai antioksidan. Kandungan nutrisi pada buah Cranberry juga banyak sekali manfaatnya, selain untuk mencegah infeksi saluran kemih, juga membantu mencegah kanker. Banyak, sekali, kan? Vitamin C nya juga banyak.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Jejakmu