Saturday, 30 June 2018

THR Lebaran Buat Beli Kamera Mirrorless



Awal-awal menjadi blogger, saya nggak pernah kepikiran bakal bisa bertahan sampai sekarang dan merasakan perubahan-perubahan yang mencolok, khususnya perubahan pemanfaatan digital di kehidupan yang serba internet. Sepuluh tahun nge-blog saya menjadi paham, bahwa perkembangan dunia teknologi semakin maju. Dan cara orang-orang untuk tetap eksis dan bertahan di dunia yang serba digital ini semakin beragam.
Dahulu, jika ingin posting blog, saya cukup dengan hanya satu foto, itu pun foto dari hasil searching di google lalu diupload ulang di blog dengan tak lupa mencantumkan sumbernya. Tapi lambat laut kebutuhan foto semakin banyak, tak cukup satu dua foto untuk menggambarkan apa yang sedang kita ceritakan. Apalagi sekarang, tulisan blog tanpa foto itu seperti sayur tanpa garam. Dan nggak asik, jika foto yang kita posting ternyata sama dengan di blog teman lain. 

Dan saya merasakan betul, sejak kemunculan aplikasi Instagram yang bisa kita unduh di smartphone, orang-orang semakin banyak memerlukan foto untuk diposting. Jadi, semakin banyak pula orang yang membutuhkan kamera untuk mengabadikan momen-momen penting dalam hidup ini.
Walaupun sudah banyak kamera smartphone dengan fitur yang canggih dan bisa dibilang sudah cukup untuk memotret sesuatu, namun punya kamera digital ternyata masih sangat diperlukan. Yup, khususnya buat saya yang hanya punya satu smartphone dan setiap hari harus memfoto sesuatu untuk keperluan posting blog. Foto produk atau saat hadir di sebuah acara untuk event-event tertentu yang dihadiri blogger.


Nah, karena itu lah, saya galau, mau beli kamera atau ganti smartphone untuk foto-foto. Dua opsi ini dikarenakan saya sebelumnya sudah punya kamera pocket. Tapi ternyata kamera pocket atau saku ini kurang efisien saya pakai. Karena proses transfernya cukup merepotkan, belum ada fitur wifi dan harus menggunakan kabel data. Dari kamera saku ke laptop baru dipindahkan ke smartphone. Terutama jika sedang butuh foto-foto dengan gambar yang lebih tajam dibandingkan kamera smartphone. 



Jadi, saya mulai nabung sedikit-sedikit dari tahun lalu ditambah dengan kumpulan THR lebaran tahun ini buat beli kamera mirrorless ini, dan memang butuh sih karena ternyata menjadi penulis blog saja tidak cukup. Muncullah sekarang pekerjaan baru yang semakin banyak peminatnya, yakni menjadi video blogger atau disingkat vlogger. Di era yang serba digital dan internet murah sekarang, orang-orang memang lebih suka menonton video dibandingkan membaca.

Dan kamera mirrorless yang ringan dan pengoperasiannya yang mudah ini jadi peralatan yang rasanya harus ada untuk menunjang semua keperluan menulis blog atau video blog itu.
Tapi ya itu, memilih kamera mirrorless yang sesuai kebutuhan ternyata cukup sulit juga, apalagi ketika membaca satu persatu fitur-fitur yang disematkan. Semakin canggih semakin mahal. Dan harganya juga beda-beda. Saat itu saya memilih dua merek kamera, Canon atau Sony, saya membaca semua reviewnya di blog maupun youtube, untuk membandingkan serta menyesuaikan kebutuhan dan budget. 

Foto dari iprice


Pertama-tama, sebelum memutuskan untuk membeli, saya lihat-lihat dulu harga kamera Canon di beberapa toko online dari salah satu website khusus seperti iprice yang mengumpulkan perbandingan harga kamera Canon dan harga kamera Sony. Dan pilihannya banyak, ada promo-promo khusus, dari diskon free ongkir atau lainnya. Seperti sekarang ini,

Membandingkan harga seperti ini buat saya penting, untuk memperhatikan kondisi barang dan apa saja yang nanti kita dapatkan saat membeli. Karena terkadang mudah sekali tergiur harga murah, tapi ketika barangnya tiba di rumah , ada yang tidak lengkap.

Nah, memilih dua merek ini yang bikin galau, karena type dua-duanya punya fitur dan spesifikasi yang hampir sama. Antara Canon EOS M10 atau Sony Alpha.

1 comment:

  1. Makasih Mbk menjadi referensi nih pengen juga beli kamera

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu