Tuesday, 14 August 2018

Serunya Menyambut Pawai Obor Asian Games 2018

Api Obor Asian Games di Balaikota Bogor
Senang banget akhirnya Asian Games semakin mendekati pelaksanaannya. Dan pawai obor Asian Games yang sudah sebulan ini berkeliling Indonesia, akhirnya sampai juga di Bogor. Tadinya saya nggak tau kalau jadwal pawai obor hari ini ada di Bogor. Melihat banyaknya siswa siswi SD, SMP di Bogor memenuhi trotoar jalanan sambil membawa bendera merah putih, hati saya langsung terkesiap, terharu. Ini ada apa? Ada tamu negara penting kah yang sedang mengunjungi Bogor atau yang lainnya? Karena sejenak saya lupa bahwa ini bulan Agustus, bulannya Indonesia merayakan kemerdekaan. Ketika saya melewati kantor Walikota Bogor, di sana ternyata lebih ramai lagi. Alunan lagu Via Vallen, Meraih Bintang terus bergema, semakin membuat suasana pagi itu semakin meriah. Wow, saya langsung menangkap keramaian ini pastilah karena Asian Games 2018 yang 4 hari lagi digelar di Jakarta dan Palembang. Dan benar, setelah saya searching beritanya di internet. Torch Relay Asian Games 2018 hari ini jadwalnya sampai di Bogor.
Pantas saja warga Bogor begitu semangat keluar, tumpah di jalanan menyambut obor Asian Games 2018 yang akan sampai di Kota Bogor, kota terakhir sebelum menuju Ibu Kota Jakarta, tempat pelaksanaan Asian Games berlangsung.


Ini seru sekali, saya nggak mau melewatkan kesempataan ini, bangga banget rasanya melihat semua masyarakat Indonesia bersemangat menyambut pesta olah raga terbesar ke dua di dunia ada di Indonesia. Kata-kata penuh kepercayaan tentang, “Siapa Kita? INDONESIA” memang layak kita banggakan. Kita Indonesia, pasti bisa menjadi pemenang dan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. (Anyway, menulis ini saya hampir menangis, haru karena melihat kecintaan masyarakat yang begitu antusias menyambut Asian Games tahun ini). Baru pawai obornya saja energinya sudah terasa, bagaimana nanti saat semua atlit Indonesia berjuang untuk memperebutkan medali dan meraih kemenangannya. Rasanya, pasti akan jauh lebih meriah. Apalagi momen Opening Ceremony Asian Games 2018 (18/08) ini berdekatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2018.


Kembali ngomongin pawai obor Asiang Games 2018 yang saat ini sampai di Bogor. Sejak datangnya api obor Asian Games yang dibawa dari India, tepatnya Stadion Nasional Dhyan, Chand, New Delhi, India, 17 Juli lalu. Api Obor Asian Games dari India ini langsung di bawa, ke Candi Prambanan, Indonesia, lalu digabungkan dengan Api abadi Mrapen, yang menjadi simbol kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games.


Lalu api obor Asian Games 2018 ini dibawa berkeliling Indonesia, dimulai dari Yogyakarta, Mrapen, Simpang Lima (Semarang), Prambanan, Solo, Blitar, Kepanjen, Malang, Bromo, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.


Dari pulau Jawa, api obor kemudian kembali dibawa ke Pulau Dewata Bali, melewati Gilimanuk, Kuta, Denpasar, GWK (Garuda Wisnu Kencana) terus ke Mataram. Lanjut ke Rajampat, Sorong, Tanjung Bira, Makassar, dan Banjarmasin. Dari sana api obor dibawa terbang ke Banda Aceh, Danau Toba, Pekan Baru, Bukit Tinggi, dan Jambi. Sementara sampai di Palembang pawai obor agak lebih panjang perjalanannya. Propinsi Palembang, tempat kedua penyelenggaraan Asian Games selain DKI Jakarta. Di Palembang ada beberapa tempat persinggahan pawai obor, di antaranya, Kota Palembang, Banyuasin, Pematang Ilir, Prabumulih, JSC dan Ogan Ilir, kemudian baru di bawa ke Lampung.


Menyeberangi Selat Sunda, api obor lalu diarak ke Serang, Kabupaten Purwakarta, Bandung, Garut, Cianjur dan hingga sampai ke Kota Bogor tercinta. Api Obor ini diinapkan semalam di kota-kota tersebut, baru kemudian melanjutkan arak-arakkannya, sampai terakhir tiba di Jakarta yang akan disambut langsung oleh Presiden Indonesia dan dinyalakan kembali di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), dan akan terus menyala sampai akhir penyelenggaraan Asian Games 2018 berakhir tanggal 2 September mendatang.

Api Obor Asian Games disambut Walikota Bogor, Bima Arya
Benar-benar luar biasa, baru kali ini merasakan energy positif perayaan kemerdekaan Indonesia yang bertepatan juga dengan event Asian Games. Suasana semarak merah putih ada dimana, seluruh lapisan masyarakat, di desa-desa maupun di Kota semuanya bersemangat. Nggak hanya kota-kota yang dilalui pawai obor Asian Games maupun kedua kota yang menjadi venue pelaksanaan. Tapi di setiap sudut daerah di Indonesia penuh dengan dukungannya. Bangga, saya bangga sekali bisa merasakan semua ini. Semangat Indonesiaku!

2 comments:

  1. masih terasa asian games ya mbak. padahal sudah hampir setengah bulan selesainya . :)
    kemarin nggak sempat ngikuti api asian games di palembang :(

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu