Thursday, 6 September 2018

11 Negara Ikut Meriahkan Festival Bunga Terbesar di Tomohon


Sebagai warga negara Indonesia, seharusnya kita tak perlu jauh-jauh untuk melihat festival bunga yang ada di luar negeri, seperti Keukenhof di Belanda atau Pasadena di Amerika. Karena negara kita Indonesia punya kekayaan alam dan budaya yang nggak kalah menarik dibandingkan negara-negara itu, salah satunya Indonesia punya festival bunga berskala international, yakni Festival Bunga Tomohon, festival bunga terbesar di Indonesia. Dan karena tak kurang dari 11 negara ikut memeriahkan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018, yang digelar di Kota Tomohon, Sulawesi Tenggara. Negara- negara tersebut di antaranya adalah Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Singapore, Bhutan, Georgia dan lainnya. Selain ikutsertaan negara-negara tersebut, banyak pula instansi dalam negeri ikut berpartisipasi. Seperti Kementrian Pertanian, yang membawakan tema Alice in Wonderland. Termasuk dari perusahaan-perusahaan BUMN, seperti Bank BRI dan Pertamina.




Sementara yang menyedot perhatian pengunjung selama acara adalah, hadirnya Pangeran dan Putri kerajaan Georgia. Dan juga hadirnya duta-duta besar negara tersebut di Tomohon International Flower Festival. 


Memasuki usia ke-8. Tomohon International Flower Festival tahun ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 8-10 Agustus 2018 yang lalu, yang mengambil tema ‘Beautiful Tomohon, Sing with Flowers'. Festival ini digelar untuk memperkuat Tomohon sebagai Kota Bunga. Dan menurut Pak Arief Yahya, Menteri Pariwisata Indonesia, event Festival Bunga Tomohon ini sangat luar biasa, karena memadukan banyak budaya, dari Indonesia maupun budaya dari luar. Perhelatan ini juga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di Tomohon, karena bunga-bunga yang dilibatkan dalam event ini berasal dari Tomohon. Dan untuk Kementrian Pariwisata sendiri, kemarin saat parade dimanfaatkan untuk mempromosikan event Asian Games 2018. 


Selama 10 hari kemarin, event Tomohon International Flower Festival 2018 berhasil menyedot banyak wisatawan untuk datang melihat langsung parade bunga, yang menampilkan banyak sekali kreasi, tatanan bunga-bunga nan cantik beraneka ragam. Kita juga patut bangga, karena Tomohon diklaim mempunyai jenis bunga Krisan Putih dan Kuning terbaik di dunia, hal ini berdasarkan penelitian dari sebuah universitas international. Bunga Krisan Putih dan Kuning banyak sekali tumbuh di Tomohon, dan menjadi yang spesial dan khas yang sering digunakan untuk acara Festival.

Oh, selain menampilkan parade bunga dalam Tomohon Flower Carnival sebagai event utamanya, dalam Festival Bunga Tomohon ini juga digelar Tournament of Flower (ToF), lokasinya menempati Jalan Protokol Kota Tomohon. Tahun ini TIFF juga menggelar lomba merangkai bunga terbanyak, yang diikuti oleh ratusan pelajar SD dan SMP di seluruh Tomohon. Lomba ini berhasil memecahkan Rekor Muri Indonesia sebagai Lomba Merangkai Bunga oleh Siswa Terbanyak.


Yang menarik tentu saja, selain menikmati sajian parade bunga dengan hiasan yang penuh warna serta semerbak wangi yang memenuhi lokasi acara, Festival Bunga Tomohon ini juga dihibur artis Ibukota. Kedatangan Judika sebagai bintang tamu, menurut Jimmy F Eman Seak (Walikota Tomohon) diharapkan dapat menghibur masyarakat Tomohon.

Enam tahun lalu saya baru sadar, kalau pernah membuat postingan twitter seperti di bawah ini. Ketika membaca berita ada Festival Bunga di Tomohon, saya nggak tau Kota Tomohon itu ada di Propinsi mana? Pengetahuan geografis saya memang lemah, namun setiap tahunnya saya terus mengikuti berita-berita tentang festival-festival yang ada di Indonesia, berharap salah satunya saya ada di sana, termasuk dalam Tomohon International Flower Festival ini, yang setiap tahunnya selalu sukses digelar. Seperti tahun ini, Festival Bunga Tomohon menjadi festival yang ditunggu-tunggu wisatawan dalam dan luar negeri. Dan setiap tahunnya kurang lebih 26.441 wisatawan mancanegara datang ke Tomohon untuk menyaksikan Festival Bunga terbesar di Indonesia ini, yang tentu saja terus bertambah.

1 comment:

  1. wah di Tomohon juga ada festival bunga yah, keren - keren pula .

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu