Wednesday, 17 October 2018

Apa Jadinya Jika Tubuh Saya Membengkak


Saya jadi ingat waktu masih kecil dulu. Pengalaman menahan malu karena tubuh saya tiba-tiba membengkak. Bukan cuma tubuh, tapi sampai ke wajah, bibir, kepala dan ya bisa dibilang sekujur tubuh, deh. Bengkak-bengkak disertai gatal, perih dan merah. Sering akhirnya jadi bolos sekolah karena bengkak-bengkak ini masih belum hilang, dan sakitnya (akibat dari garukan kuku) masih terasa. Bahkan sampai lecet-lecet, yang parah malah sampai demam segala.

Yah, kalau sekedar bengkak sih nggak masalah ya, tapi kalau sampai perih karena iritasi yang disebabkan gatal-gatalnya itu yang nggak tahan. Tersiksa, terkadang jadi nggak bisa ngapa-ngapain karena tangan sibuk meraba-raba, mengelus, menggaruk-garuk badan. Persis seperti monyet hihihi.
Penyakit ini disebutnya Biduran, atau kalau menurut bahasa kedokteran dinamakan Urtikaria, sebuah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur-bilur merah yang muncul ditubuh yang terasa gatal. Penyebab utamanya adalah alergi, macam-macam alergi.

Dan Urtikaria juga ada beberapa jenisnya. Jika menilik dari informasi yang saya baca, jenis Urtikaria yang saya derita adalah Urtikaria Fisik, yakni sitmulasi suhu panas, dingin, sinar matahari, tekanan, getaran atau keringat. Atau lebih tepatnya karena alergi cuaca, perubahan suhu yang ekstrem, terlalu panas, atau terlalu dingin. Keringat yang terkena debu dan kotoran akibat dari terpaan sinar matahari.
Jika sudah seperti itu, apalagi jika kondisi tubuh sedang nggak fit atau kelelahan, gejala biduran atau urtikaria ini langsung muncul.

Saat ini memang sudah jarang saya mengalami biduran, nggak seperti seperti waktu masih kecil dulu, yang bisa setiap saat, yang sangat mengganggu. Setelah dewasa, munculnya biduran hanya ketika saat tubuh sedang tidak sehat dan cuaca, udara yang kotor juga penyebab utama biduran yang saya alami.

Seringnya banyak orang bertanya, apa obat yang tepat untuk menyembuhkan atau menghilangkan penyakit biduran ini. Waktu saya masih kecil, obat-obatan yang sering saya konsumsi itu sifatnya tradisional, dari bahan-bahan alami yang ada di dapur, seperti beberapa rebusan dari daun-daunan, atau membaluri tubuh dari tumbukan daun-daun herbal itu. Tapi lebih seringnya saya diberi rebusan air jahe, ini fungsinya untuk menghangatkan tubuh, karena biduran yang muncul di tubuh saya itu akibat dari alergi dingin.

Meminum air jahe yang hangat memang menjadi solusi cepat buat menghilangkan biduran. Karena Jahe mempunyai manfaat alami buat kesehatan, selain buat menghangatkan tubuh, efek relaksai yang sangat terasa adalah membuat tubuh terasa lebih nyaman.


Setidaknya tubuh yang hangat ini bisa mengurangi lebih banyak lagi munculnya bengkak dan gatal dari ruam kulit karena biduran itu sendiri. Sekarang karena suka malas merebus sendiri Jahe untuk menghalau dingin dan alergi yang menyebabkan biduran, saya lebih sering untuk membeli sari jahe yang sudah banyak dijual. Seperti Herbadrink Sari Jahe.

Kenapa memilih Herbadrink Sari Jahe? Karena minuman serbuk instant ginger tea ini nggak membuat saya repot lagi untuk merebus dulu jahe yang mau diminum, karena dikemas secara praktis dan higienis. Herbadrink Sari Jahe tinggal seduh, tapi tetap terjaga kebersihannya. Selain itu rasanya tetap enak dan segar.

Selain itu, Jahe juga nggak Cuma punya manfaat alami buat menghangatkan tubuh, tapi manfaat lainnya juga banyak, seperti untuk melancarkan peredaran darah, mengatasi mual, mengurangi nyeri otot, ini penting nih soal otot, karena seringnya duduk di depan laptop, otot-otot menjadi kaku karena kurang getak.


Enaknya Herbadrink itu juga punya banyak pilihan varian rasa alami lainnya. Selain Herbadrink Sari Jahe yang punya dua pilihan, Sari Jahe Herbadrink atau Sari Jahe Herbadrink Sugar Free. Ada juga Sari Temulawak, Lidah Buaya dan Herbadrink minuman lainnya.

Kenapa nggak minum obat dokter? Untuk obat biduran yang direkomendasi atau yang dianjurkan oleh dokter itu nggak ada yang cocok buat saya (dari dulu). Karena efeknya membuat saya semakin menderita karena dada yang terasa sesak, susah bernafas. Ini juga terjadi dari reaksi dari biduran, yang disebabkan oleh penyempitan saluran udara.

Jadi memang saya lebih suka minum obat dari ramuan herbal alami atau yang minum-minuman yang instan tinggal seduh seperti Herbadrink Sari Jahe ini.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Jejakmu