Monday, 3 December 2018

Sabtu Seru di Tomorrow Today Fun Day Festival


Tadinya saya nggak ada rencana kemana-mana Sabtu (01/12) kemarin. Karena merasa badan masih perlu tambahan waktu untuk beristirahat, yang sebenarnya nggak capek-capek banget. Tapi ntah mengapa, kayak saya tuh lagi lelah banget dengan banyaknya pikiran. Merasa bingung, setahun terakhiran ini saya belum mendapatkan apa-apa, belum ada sesuatu yang membuat saya merasakan perubahan. Seperti masih mencari, mau ngapain saya selanjutnya, dan apa iya saya bakal seperti ini terus. Menjadi pengangguran yang banyak acara..hahahaha.
Jujur saya khawatir, karena masih belum menemukan passion yang tepat, yang benar-benar saya harapkan. Walaupun ya pekerjaan yang saya jalani sekarang ini terasa enjoy, tapi saya masih belum puas. Masih ada sesuatu yang harus saya cari tau lagi, maunya apa sih saya ini?


Ehm, mungkin saya masih melampiaskan kebebasan saya saat ini, ya? Setelah bertahun-tahun merasa terkekang di satu kerjaan, di zona nyaman sebenarnya, namun saya merasa nggak ada pergerakan maupun kemajuan sama sekali. Apalagi ketika saya minta ijin cuti liburan, seringnya  nggak diapprove sama atasan. Dan pada akhirnya saya memutuskan untuk resign dari kerjaan satu tahun yang lalu. Dan mungkin saat ini saya masih menikmati kebebasan, menjadi full time blogger yang dikejar-kejar deadline, yang bebas mau cuti kapan karena nggak ada yang melarang, bisa traveling kemana pun saya mau, tanpa harus memikirkan kapan saya harus pulang. Hehe.

Yaahh, tapi tetap harus dipikirkan sih, karena yang namanya traveling itu pasti ngabisin duit. Sementara kalau nggak pegang kerjaan, duitnya akan dari mana coba? Saya juga nggak mau menjadi anak milennials yang hanya memikirkan kehidupan jangka pendek. Saya harus punya tujuan dan kedepannya mau bagaimana.


Ok, sekian curhatnya, kita kembali ke hari Sabtu bersama Modalantara, di Tomorrow Today Fun(d) Festival. Oh, tunggu modalantara itu apa? Jujur saya baru mendengar namanya. Namun setelah menghadiri even Tomorrow Today kemarin itu, saya mengerti mengapa ada modal antara di antara kita.

Yup, dikutip dari websitenya langsung, modalantara.com adalah portal informasi fintech Indonesia yang menyajikan beragam informasi seputar fintech secara komprehensif dan mencerdaskan. Sebagai protal yang berisi beragam informasi mengenai fintech, modalantara.com mengusung visi Fintech for Better Indonesia, dengan menempatkan diri sebagai media informasi yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Yang mengedepankan prinsip-prinsip jurnalistik dan informatif. Modalantara sangat membantu para stakeholder (pemerintah, pelaku industri fintech dan penggunanya) dalam mengedukasi masyarakat mengenai hal-hal penting terkait fintech dan potensi kedepannya.


Partisipasi modalantara.com di Tomorrow Today menurut saya sangat penting. Karena dengan banyaknya informasi yang didapatkan, kita tidak serta merta atau tergiur untuk langsung mempraktekkan semua ilmu dan informasi mengenai investasi yang didapat dari event tersebut. Karena semuanya harus dipikirkan, tidak bisa tergesa-gesa, apalagi sampai salah langkah, memilih perusaahaan simpan pinjam yang tak terdaftar OJK.

Karena kita tau, saat ini banyak sekali perusahaan pinjaman online yang mencekik penggunanya, dengan bunga yang sangat tinggi. Dan tak ada proteksi ketika dikejar-kejar rentenir online. Di era yang serba gampang seperti sekarang, kita harus cerdas memilih, dan modalantara sebagai perantara untuk kita mendapatkan banyak informasi mengenai peer to peer lending alias pinjaman online berbasis teknologi.

Karena ternyata event ini juga menjawab semua keresahan saya selama ini, mengapa resign, mengapa harus menabung, berinvestasi, dan segala macam soal dunia financial. Saya tau, menjadi freelancer yang nggak punya pendapatan tetap seperti saya ini harus cermat banget dalam mengatur keuangan.


Nah, di Tomorrow Today kemarin itu, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Namun, sayang ada beberapa talkshow dan workshop yang tak sempat saya ikuti dan terlewatkan.Pada topiknya tuh bagus banget. Acaranya sendiri cuma sehari, tepat 1 Desember 2018 lalu di Senayan City. Ada tiga stage yang bisa diikuti, bekerja sama dengan Sorak Gemilang Entertainmen (SGE) dan Narada Asset Management.

Beragam edukasi financial bisa kita dapatkan di sini, seperti Financial Trainer dan Founder QM Financial Ligwina Hananto, Manager Investasi dari PT Narada Aset Managemen, Para Entrepreneur, Social Media Influencer yang kreatif dan inspiratif, ada Kaesang Pangarep juga lho ternyata, tapi jadwalnya sore. Jadi saya nggak sempat buat nyimak buat dapat ilmu bisnisnya membangun Sang Pisang. Kemarin hanya sempat mendengarkan sharing dari Jovi Adhiguna (Content Creator), Nicole Patricia (Fotografer) dan Kenny Santana (Travel Blogger). Oh ada Agatha Suci juga. 

Saya banyak mendapatkan masukan dari dua narasumber, Nicole dan Kenny. Bagaimana mereka berani resign dari pekerjaan kantornya, dan fokus untuk menjalankan hobi yang menghasilkan, insight nya itu keren banget menurutku. Karena jaman sekarang itu kan kita seringnya menjadi follower atau melihat trend yang sedang banyak dikerjakan banyak orang. Lalu ramai-ramai membangun bisnis atau pekerjaan yang serupa. Padahal, nggak bisa seperti itu. Semua itu harus sesuai dengan passion kita, supaya kita ikhlas menjalankan setiap kegiatan yang kita lakukan. 


Keren banget sih menurut saya, karena Tomorrow Today Fun(d) Festival ini acaranya kekinian banget. Edukasi Financial yang dikemas dengan art dan musik, yang milennials banget. Karena di sana dihadirkan juga spot foto yang instagramable namun berisikan pesan-pesan tentang financial. Jadi nggak cuma foto-foto doank, ada informasi dan edukasi yang kita dapat. Seperti di instalasai #MikirPanjang di sini, kita dibuat mikir, selama ini dana yang kita punya itu sudah dialokasikan kemana aja sih? 

Terus, selama acara kemarin diselingi juga dengan hiburan musik dari musisi-musisi tanah air yang lagi hits banget. Ada Tulus, HiVi, Teza Sumendra, terus ada siapa lagi ya kemarin. Sedikit lupa.


Harapannya sih, acara-acara seperti ini sering digelar, biar anak-anak milennials seperti saya semakin melek financial.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Jejakmu