Sunday, 24 February 2019

Begini Cara Baru Membaca Berita Olah Raga di GorilaSport


Waktu saya mendapatkan undangan untuk Kumpul Gorila, Selasa, 18 Februari 2019 yang lalu di Fairmont Hotel, Jakarta dari Bang Aswi (teman blogger), awalnya sedikit bingung, apa sih Gorila? Kok malah mengingatkan saya dengan nickname seseorang yang dulu pernah mengisi hati dan hari-hari saya sepuluh yang lalu. Kesel, karena nih Gorila yang sudah menjadi masa lalu ternyata masih suka muncul tiba-tiba di benak saya. Terus malah hampir lupa mengapa dulu saya punya panggilan sayang dan kasih nickname buat si seseorang ini pake nama Gorila. Apa karena badannya kayak Gorila? Eh. Tapi yaaa, si Gorila ini adalah mantan yang susah banget bikin saya move on lho (sampe sekarang).
Lhoo kok malah curhat...hahahaha


Ok.. back to ke acara Kumpul Gorila beberapa hari yang lalu. Jadi, saat pertama saya masuk ke ruangan Jade 2, tempat acara kumpul hari itu, saya malah dibuat tambah bingung. Karena ketika masuk, orang-orang yang ada dalam ruangan itu nggak ada yang saya kenal. Malah saat itu masih ada sesi presentasi dari narasumber dan isinya para komikus-komikus hits di jaman ini, salah satunya ada Mice Cartoon, Mbak Lala (SheilasPlayground). Lalu di luar Jade Room itu di gelar juga pameran lukisan dari ilustrator yang mengikuti acara Kumpul Gorila siang itu. Dan tambah terkejut lagi, saat melihat ada Pak Djohari Zein, seseorang dibalik suksesnya perusahaan jasa ekpedisi JNE yang sekarang menjabat sebagai Komisaris JNE, yang saat ini juga sedang membangun perusahaan di bidang yang sama, yaitu Paxel, namun sistem yang dijalankan sedikit berbeda dari JNE.


Saya pikir saya salah ruangan, tapi saya melihat juga ada beberapa teman-teman blogger yang sudah duduk manis di meja peserta Kumpul Gorila. Acara yang baru dimulai sekitar pukul 2 siang itu diawali dulu dengan makan siang bersama-sama dengan peserta Kumpul Gorila yang sudah digelar sejak pagi, namun blogger dijadwalkan siang untuk bergabung. Salah saya memang, mengapa nggak searching terlebih dahulu apa sih Gorila?

Baiklah, rasa penasaran saya mengapa ada Pak Djohari di acara hari itu terjawab, karena dalam rundown yang saya terima, ada sesi berkenalan dengan Pak Djohari, yang sebelumnya sudah saya ketahui profilnya ketika menghadiri acara perkenalan Paxel dengan Blogger beberapa bulan yang lalu. Sebuah perjalanan hidup yang sangat menginspirasi.


Buat yang belum mengenal Pak Djohari Zein, beliau adalah seorang mualaf dari keluarga yang punya latar belakang agama yang berbeda. Menjadi mualaf sejak tahun 1985 dan praktiknya hanya status agama saja yang berganti. Baru ketika sedang membangun JNE Pak Djohari ditawari untuk menunaikan ibadah haji oleh rekan kerjanya. Dalam perjalanan ibadah hajinya, Pak Djohari melihat Jabal Rahmah (tempat bertemunya Adam dan Hawa), di situ Pak Djohari mengaku bergetar, karena menurutnya ini bukan pertama kalinya melihat Jabal Rahmah. Setelah diingat-ingat, Jabal Rahmah ini pernah masuk dan ia lihat dalam mimpi ketika masih duduk di bangku SMP. Jabal Rahmah menjadi titik terang dan kesadaran Pak Djohari untuk menjadi benar-benar seorang muslim. 

 

Pak Djohari punya cita-cita, ingin punya perusahaan yang karyawannya tak ragu-ragu untuk menolong orang. Dan agama menjadi pedoman Pak Djohari untuk menjalankan bisnisnya, banyak ayat-ayat Al-Quran yang menjadi inspirasi Pak Djohari untuk membangun perusahaan, salah satunya dari Surat Huud 11:17, yang isinya "dan Tuhanmu tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, selama penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan" Karena dengan menebar kebaikan, kita juga akan mendapatkan kebaikan. Inspiratif sekali bukan? Memang benar ya, kalau kita baik sama orang, Tuhan juga akan menolong dan memberikan kepada kita kebaikan-kebaikan lebih dari yang sudah kita berikan kepada orang lain.


Selain JNE, Paxel, ada juga perusahaan lain yang dikembangkan Pak Djohari bersama koleganya, seperti Alien, Kolase, Omiyago, dan termasuk Gorila yang menjadi terobosan baru di bidang olah raga dan ilustrasi. Bersama Leo Tigor dan Sheila Rooswitha, Pak Djohari mendirikan Gorilasport.com sejak dua tahun lalu, tepatnya April 2016. 

Nah, apa yang menarik dari Gorila Sport dibandingkan dengan media olah raga yang lainnya?
Mendengar kata ilustrasi, saya mulai paham mengapa banyak ilustrator dan komikus di Kumpul Gorila hari itu. Karena yang membedakannya adalah, Gorila Sport merupakan konten kreatif olahraga yang menyajikan berita dengan sentuhan ilustrasi pertama di Indonesia.


Jika dilihat dari evolusi media. Dulu kita membaca berita dari koran, majalah, televisi, radio, atau selebaran. Dan terus berkembang dengan munculnya internet yang membuat orang semakin mudah mengakses informasi apa saja, termasuk berita olah raga dari penjuru dunia. Sekarang orang-orang bisa sudah bisa menjadi jurnalis, dan bisa memilih sendiri berita atau informasi apa yang kita suka. Seperti itulah era media saat ini, semuanya serba digital. Semua bisa diperoleh lewat internet, membaca komik ataupun mengakses berita olahraga.

Dan nggak kebayang kan? Serunya baca berita tapi dalam bentuk gambar atau komik? Inilah seru dan uniknya Gorila Sport. Dan sejak peluncurannya pertama kali tahun 2016 silam, Gorila Sport sudah banyak banget mendapat perhatian dari kalangan pecinta olahraga dan komikus maupun ilustrator. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang membaca berita di Gorila Sport.


Sport yang dikemas lewat gambar, yang lebih menarik untuk dibaca. Dan saat ini Gorila Sport siap meluncurkn konten baru yang dibuat dalam sepuluh rubrik yang variatif. Rubrik-rubrik baru ini nggak cuma membahas perihal olahraga saja, tapi hal lainnya juga, seperti gaya hidup, fashion, atau sesuatu yang sedang trend saat ini, termasuk membahas tokoh-tokoh yang menarik untuk dikulik beritanya.

Dan berikut, 10 rubrik baru yang diluncurkan oleh Gorila Sport.
  1. Desa Gelong
    Rubrik Desa Gelong isinya nanti akan memunculkan tokoh yang akan menjadi icon Gorila Sport yaitu si Gori Gorila. Dan akan menjadi rubrik andalan di Gorila Sport.
  2. Suara Gorila
    Rubrik ini isinya berupa news olahraga yang sedang hangat dibahas.
  3. TokohKalau di rubrik ini isinya menceritakan satu tokoh olah raga, seperti pemain sepak bola, seperti informasi pribadi dari si tokoh yang mungkin selama ini tidak diketahui. Tokoh-tokoh  yang muncul di gorilasport adalah figur penting di bidang olah raga.
  4. Tahukah Kamu?Yah tentu saja rubrik ini berisi informasi dibalik sebuah peristiwa atau kejadian yang terjadi pada seorang tokoh atau hal lain di bidang olah raga. Berupa pengetahuan atau fakta-fakta dalam bentuk gambar dari salah satu tokoh atau peristiwa tertentu.
  5. Komik StripDi sini, kita bisa membaca berita dalam bentuk komik, obrolan-obrolan menarik, kisah-kisah menarik yang seru dan lainny seputar olahraga.
  6. Nyinyir
    Yup, dari nama rubrik nya saja udah ketahuan ya, isinya akan seperti apa. Nyinyir, nggak seru kalau nggak ada nyinyiran terhadap olah raga. Berita yang nyinyir atau penuh kritikan akan dikemas lucu. Sehingga enak dibaca.
  7. CerkomberWait, ini saya belum nyambung dan paham isinya apa saja. Ok, coba nanti saya tanyakan ke adminnya.
  8. Jebol!!Rubrik ini sudah pasti ngomongin gol-gol yang terjadi di dunia olah raga sepak bola (cmiiw).
  9. StarterPack
    Kalau yang ini isinya mengulik tentang fashion atau apa saja yang dikenakan oleh seseorang fans olah raga atau olahragawan dari ujung kaki sampai ke ujung kepala.
  10. Gambar Kuuy
    Ini yang menarik, rubrik ini buat kamu yang suka menggambar plus suka olahraga dan ingin menyalurkan kesukaannya tersebut dan dilihat lebih banyak orang, monggo salurkan hobimu ke rubrik ini. Gak cuma gambar, tapi bisa kirim video animasi juga. Kalau gambarnya paling banyak dilihat, konon bakal dapat hadiah/reward dari Gorila Sport.
Gorila Sport ini nggak cuma sebagai pelopor media olahraga berbasis ilustrasi aja, tapi lebih dari itu. Ini seru dan unik banget, karena bisa saja orang-orang yang tadinya nggak suka baca berita olah raga atau nggak suka dengan dunia olahraga akan menjadi lebih tarik untuk sedikit lebih tau mengenai olah raga dari membaca komik olahraga yang disajikan oleh Gorila Sport. Dan menurut Matthius Chalim (CEO Gorila Sport), Gorila Sport adalah ruang kreasi bagi para pekerja seni/illustrator dan para pecinta olahraga di Indonesia.





1 comment:

  1. Kok unik, ya. Tapi menarik karena selama ini berita olahraga terlalu monoton. Aku paling skip halaman olahraga karena gak ngerti bahasannya, kecuali badminton.

    Habis ini tak iseng buka webnya, penasaran sama rubrik nyinyir, haha

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu