Sunday, 24 March 2019

4 Manfaat e-Smart IKM Untuk Kemajuan Industri Kecil Menengah


Semua orang bilang punya usaha itu gampang, memulai usaha itu mudah, tapi mengapa ketika kita menjalankannya, sebagian orang mengatakan itu lumayan sulit. Banyak pelaku industri yang akhirnya gulung tikar, karena tidak siap dengan banyaknya tantangan dan persaingan. Strategi-strategi yang diberikan pengusaha yang sudah berhasil lewat motivasi yang mereka berikan, belum mampu untuk mengembalikan dan mempertahankan sebagian usaha yang sedang dijalankan.

Apanya yang salah? Sering kali kita bertanya seperti itu.
Nggak ada yang salah sebenarnya, hanya saja mungkin kita belum memanfaatkan teknologi masa kini untuk mendukung usaha yang sedang kita geluti dalam penjualan, terutama bagi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM). 

Friday, 22 March 2019

Resep Masak Tongseng Sapi Buat Pemula



Beberapa hari yang lalu saya datang ke salah satu festival kuliner terbesar yang diadakan oleh salah brand Kecap yang hits banget di Indonesia. Dan itu pertama kalinya saya mengunjungi Festival Kuliner dari brand ini, yang setiap tahunnya selalu diadakan. Untungnya lokasi festival ini mudah dijangkau juga akses transportasinya banyak pilihan. Walaupun sempat nyasar sebentar, karena salah pintu masuk, yang akhirnya saya harus jalan kaki dari FX Sudirman ke titip lokasi event itu digelar. Tapi nggak jadi masalah, karena ada di pusat kota, Gelora Bung Karno jadi mudah ditemukan. Dan lagi sekarang di area GBK itu trotoar buat pejalan kaki sudah nyaman banget, saya jadi suka dan betah jalan kaki, yang tadinya kepikiran buat naik ojek online.

Thursday, 21 March 2019

Cara Memilih Cat Rumah Minimalis Yang Membuat Rumah Semakin Mewah


Tak bisa dipungkiri jika setiap tahun, kita pastinya akan menemukan cat rumah apa sajakah yang akan ngetren di tahun tersebut. Tak hanya itu saja, biasanya warna cat rumah ini juga akan ditentukan dengan desain rumah yang kita miliki. Salah satu desain rumah yang popular saat ini adalah rumah minimalis. Desain rumah seperti ini memang tidak pernah ada matinya dan selalu membuat banyak orang terkesan. 

Wednesday, 20 March 2019

Belajar Cara Mudah Berinvestasi Dari KoinWorks

Foto: aturduit.com
Selama ini sering banget dapat materi tentang perencanaan keuangan mengenai investasi. Tapi sampai sekarang belum juga satupun yang saya realisasikan, kecuali menabung dalam bentuk Emas. Padahal otak saya ini udah gelisah, pengen banget gimana caranya, supaya uang tabungan saya ini nggak mengendap begitu aja di rekening bank. Ingin punya usaha, tapi belum ada ide sama sekali mau bikin usaha apa? Mau diinvestasikan dalam bentuk menjadi modal, terus bingung juga mau dimodalin kemana? Dalam bentuk apa nantinya? Dan kepikiran resikonya juga, kalau merugi gimana? Ntar uang saya habis begitu aja? Pastinya nggak mau salah langkah, kan.

Apalagi dana yang saya punya itu  nggak sebanyak seperti orang lain, seperti untuk investasi properti misalnya, yang nggak mungkin hilang kecuali dijual. Tapi saya pengen banget, uang yang ada itu berputar, mengalir dan menghasilkan. Karena investasi sekarang itu kan penting banget untuk masa depan, sebagai tabungan masa depan. Ah, mungkin saya harus mencari lebih banyak lagi informasi perihal perencanaan keuangan dan investasi ini ya?

Friday, 15 March 2019

Pukul Sebelas Lewat Lima Menit di Trans Studio Bandung

 

Sudah 30 menit berlalu, malam ini saya masih terpekur memandang layar laptop yang dibeli dari hasil ngeblog setahun yang lalu. Dan berpikir, apakah manusia hanya punya dua hati, hati yang baik dan hati yang jahat. Seperti sebaik-baiknya manusia, ia akan punya sisi jahatnya juga, pun begitu sebaliknya. Sejahat-jahatnya manusia, ia akan memunculkan sisi baiknya yang ia simpan rapat-rapat dan sembunyikan kepada semua orang. Tapi sepertinya, ada manusia yang nggak punya keduanya. Manusia yang tak punya hati. Kalau ngga punya hati, rasanya sulit ya untuk bisa memandang sesuatu yang ada di depan mata dengan cara positif.

Saya jadi teringat dengan sesi terapi Bars yang saya lakukan seminggu yang lalu saat Blogger View di Blogger Day 2019 di Bandung bersama ratusan teman-teman Blogger dari beberapa daerah. Sebuah terapi yang mengajak semua peserta Blogger Day 2019 hari itu untuk selalu berpikir positif, menghilangkan pikiran-pikiran negatif menjadi positif. Dan merasa tersentak ketika dr. David dari Lineation yang langsung mengatakan dan merasakan ada banyak aura yang kurang baik dari teman-teman blogger, ketika memasuki ballroom di Crowne Plaza Bandung Hotel yang menjadi tempat Blogger Day 2019 hari itu. Penasaran rasanya aura seperti apa yang terpancar dari ratusan blogger yang hadir.

Saturday, 9 March 2019

5 Masjid Ini Menjadi Menjadi Inspirasi Busana Muslim Shafira


Pernah bermimpi kapan saya bisa keliling dunia, menjelalahi keindahan dunia dari sisi seorang Muslim, dengan mengagumi masjid-masjid yang berdiri megah yang ada di dalamnya. Menyaksikan betapa syahdu nya rumah ibadah umat Islam, yang menjadi inspirasi semua orang. Ah, tapi mimpi itu sepertinya akan segera terwujud, setidaknya dengan usaha mimpi yang kita bangun bisa menjadi nyata. Bismillah...

Jika teman-teman pernah membaca postingan saya di bulan Januari yang ini Mengenal Shafira dan Inspirasi 30 Tahun Perjalanannya pasti sudah mengenal Shafira itu siapa? Buat yang belum sempat baca, saya kenalkan dulu ya, Shafira ini adalah brand fashion muslim pertama yang ada di Indonesia, yang didirikan oleh Ibu Feni Mustafa sejak 30 tahun silam. Di kala Indonesia saat itu masih banyak aturan dan larangan dengan penggunaan hijab bagi wanita muslim di sekolah-sekolah. Tapi Alhamdulillah, saat ini kebebasan untuk menunjukkan identitas kita sebagai wanita muslim di Indonesia sudah nggak ada yang perlu ditakutkan lagi.