Thursday, 11 June 2015

Temu Blogger di Gokana Sarinah

tokopedia-blogger-partnership
Temu Bloggers Tokopedia
Waktu dapat undangan temu blogger Tokopedia melalui grup blogger di facebook, saya langsung mikir dan melihat tanggal. Aduuh, bisa nggak ya saya dateng. Karena kebetulan baru dapat informasi perubahan jadwal kerja dari atasan. Bahwasanya saya diharuskan masuk pada tanggal-tanggal dimana orang-orang lain pada libur. Salah satunya, kalau sabtu saya harus bergantian shift untuk selalu standby melayani customer secara online maupun offline. Kalau misal minggu ini masuk, minggu depan saya libur. Makanya saya suka gregetan kalau pas ada acara keren, tapi pas giliran saya shift kerja. Grrr..pengen sebel, tapi sebel kesiapa? Haha.
Dan untungnya waktu temu blogger Tokopedia kemarin, pas banget saya libur. Horeeeee.
Jadinya, saya janjian sama temen-temen satu (gang geng gong) maksudnya temen-temen yang sehari haha hihi di grup whatsapp untuk dateng bareng, sekalian kopdar dan kangen-kangenan gitu deh ceritanya.

Oh, iyaa..ada yang belum tau Tokopedia? Ahh, nggak gaul banget kalau sampai nggak tau. Laah, iyaa..iklannya setiap hari wara wiri di TV dengan model aktris yang lagi naik daun, Chelsea Islan itu (pemeran Bintang di Tetangga Masa Gitu Netv).

Mas Doni dari Tokopedia
Hehe, ok sedikit saya jelasin Tokopedia itu apa, mungkin taunya cuma toko online saja, ya?
Iya, Tokopedia merupakan perusahaan internet, yang memungkinkan pengguna internet (individu/pemilik bisnis) untuk mencoba memulai bisnisnya dengan membuka dan mengelola toko online melalui Tokopedia dengan sangat mudah, aman, nyaman dan juga bebas biaya. Tokopedia sendiri dibangun pada tanggal 17 Agustus 2009, jadi pas Indonesia merayakan kemerdekaan, Tokopedia juga merayakan berdirinya perusahan bisnis internet ini. Dengan sokongan dana dari Softbank Internet & Media dan Sequola Capital sebesar 100 juta USD, Tokopedia memiliki misi membangun satu juta lapangan pekerjaan di Indonesia. Dengan cara membantu individu maupun UMKM Indonesia untuk mengembangkan bisnis secara online melalui Tokopedia, karena dengan cara ini juga dapat membantu mereka untuk membangun lapangan pekerjaan baru.
Oleh sebab itu, untuk mewujudkan visi misi 'Membangun Indonesia Lebih Baik Dengan Internet' Tokopedia menyelenggarakan kegiatan edukasi untuk para blogger yang dinamakan Temu Bloggers, yang akan menjelaskan tentang Tokopedia itu sendiri dan program Tokopedia Blogger Partnership, di resto Gokana Ramen & Teppan pada tanggal  30 Mei 2015 lalu di daerah Sarinah. 


tokopedia
Dapat hadiah kipas *foto dr blog tokopedia
Acara yang dimulai pukul 2 siang itu dibuka dengan kuis interaktif dari MC Mas Frans Fernando (SEO spesialist Tokopedia) yang disebut fish bowl. Lalu dilanjutkan dengan sesi materi pertama mengenai e-commerce yang ada di Indonesia oleh Doni Nathaniel Pratama (data scientis Tokopedia). Mas Doni juga mengenalkan Tokopedia lebih dalam lagi ke para blogger yang hadir. Yang tujuannya agar para blogger juga bisa membantu atau mendukung Tokopedia mewujudkan visi misi tersebut dengan cara menjadi blogger partnership. Yang ini nanti akan dijelaskan lebih lanjut oleh Mas Joko Soemitro (Seo spesialist Tokopedia). Selain menjelaskan tentang mekanisme kerja sama Tokopedia Blogger Partnership, Mas Joko juga membagi tips n trik membangun blog agar lebih cantik. Seperti bagaimana membuat tampilan artikel blog agar pembaca tak secepatnya meninggalkan blog kita, dan banyak lagi. 
*Materi insight blogger ini akan saya buat postingan terpisah.



Nah, buat teman-teman yang tertarik mengembangkan bisnis online shopnya, bisa tuh mencoba menggunakan Tokopedia. Karena ada beberapa hal kenapa harus dengan Tokopedia. Salah satunya, sistem transaksinya yang sangat aman. Penjual atau pembeli tidak perlu takut barang dan transferannya tidak sampai atau disalah gunakan (penipuan). Karena Tokopedia menjamin prosesnya sampai selesai. Sebagai contoh, pembeli akan mentransfer uangnya terlebih dahulu ke rekening yang ada di Tokopedia, lalu penjual akan mengirimkan barang yang dipesan. Setelah pembeli mengkonfirmasi barang sudah sampai, baru Tokopedia mentransfer kembali dana tersebut ke penjual (terdengar ribet, ya?) Tapi sebenarnya metode ini sudah banyak digunakan e-commerce lainnya juga, hal ini tentunya untuk menghindari penipuan dalam melakukan transaksi online. Terus, kalau pembeli nggak mengkonfirmasi barang sudah sampai bagaimana? Apakah uang yang disimpan Tokopedia itu tidak dikirim ke penjual? 

Contoh konfirmasi pembelian
Tentu saja dikirim, karena Tokopedia akan melakukan konfirmasi sendiri melalui jasa pengiriman barang.
Tertarik bikin online shop?




6 comments:

  1. numpang nyimak ya mel :)

    ReplyDelete
  2. lebih aman dengan rekening bersama ya, mba mell.

    ReplyDelete
  3. pengin nyobaaa akh nunggu hape pintar dulu

    ReplyDelete
  4. Hahaaa nyantai aja nggak bisa dateng ke acara2 begini krn diluar acara. Yg penting ngikuti tweetnya, terus daftar, terus diterima, terus skrg udah posting bbrp dg link ke tokopedia deh heheee. Makasih yg udah ngetwit dr acara tsb :)

    ReplyDelete
  5. Pengin juga jualan via tokopedia Mel selain jadi copywriter-nya ;)

    ReplyDelete
  6. Pengen jualan di tokopedia tapi belum bisa berbisnis hehehe

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu