Thursday, 25 March 2021

Review Rangkaian Perawatan Tubuh dari Scarlett Whitening

Pernah nggak sih kita merasa tertantang melakukan sesuatu, namun apa yang akan kita lakukan tersebut bukan  gaya ‘gue banget’ ditambah tingkat kepercayaan diri yang rendah pula, sehingga rasanya sulit untuk melakukan itu. Kadang terlintas dari pada harus melakukan itu, lebih baik saya disuruh makan cabe satu kilo deh, walau rasanya itu juga nggak mungkin. 


Contohnya sebuah tantangan yang baru saya lakukan beberapa hari yang lalu. Saya diminta untuk membuat video lipsync/karaokean duet dengan salah satu penyanyi dangdut yang punya suara emas. Padahal saya sama sekali nggak bisa bernyanyi apalagi lagu dangdut. Awalnya nggak berani, nggak pede (percaya diri) dan malu banget, tapi setelah dicoba ternyata hal tersebut nggak ‘semengerikan’ seperti yang saya bayangkan.

Monday, 22 March 2021

Solusi Mengatasi Masalah Keuangan di Masa Pandemi

Nggak terasa sudah hampir setahun kita dipaksa untuk beradaptasi dengan adanya pandemi ini. Di awal-awal kemunculan Covid-19 yang penyebarannya begitu cepat, dengan berita-berita yang mencekam pula, kita seakan-akan nggak bisa apa-apa. Harus diam di rumah, semua aktivitas di luar terhenti, mobilitas dibatasi, bahkan banyak karyawan perusahaan akhirnya ikut dirumahkan atau di PHK karena terhentinya produktivitas. Beberapa negara melakukan lockdown, di Indonesia sendiri pun begitu. Hidup terasa melambat, seperti ada dalam sebuah film-film dengan cerita serupa. Di film kita hanya bisa menonton, namun di dunia nyata kita mengalaminya, dan masih belum tau kapan semua ini akan berakhir.

webinar pinjaman online tunaiku

Saat ini yang bisa kita lakukan ada terus dan terus beradaptasi dengan kondisi yang masih belum pulih, dan masih dengan pertanyaan yang sama, sampai kapan kita menjalani kehidupan yang seperti ini? Sampai kapan kita masih dilanda rasa khawatir? Sampai kapan anak-anak tidak bisa berangkat sekolah, dan semua normal kembali?

Thursday, 18 March 2021

Caraku Melindungi Diri Dari Debu Virus Bakteri dan Polusi

Selama pandemic covid-19 yang sudah berlangsung setahunan ini, waktu saya lebih banyak dihabiskan di rumah mengikuti anjuran pemerintah untuk mematuhi protocol kesehatan, stay at home demi mengurangi dan menghindari penyebaran virus. Sampai pertengahan tahun kemarin saya benar-benar nggak kemana-mana, bahkan untuk mudik lebaran Idul Fitri pun jadi tertahan. Sedih banget rasanya nggak bisa bertemu dengan orang tua dan keluarga karena hanya tinggal di kosan saja. 

nasal spray protection

Tapi menjelang lebaran Idul Adha, akhirnya saya memberanikan diri untuk pulang kampung, dan karena pekerjaan lebih banyak dilakukan via online, saya pun stay untuk waktu yang cukup lama di kampung, jauh dari hingar bingar kota dan ketakutan berlebihan akan terpapar virus yang berbahaya.

Friday, 5 March 2021

Menjadikan Langit Biru Dengan BBM Ramah Lingkungan

Akhir-akhir ini saya merindukan sekali touring naik motor menggunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Bogor, ke wisata air terjun, ke kebun teh yang ada di Puncak Cisarua, atau ke desa-desa yang banyak sekali hamparan sawahnya. Melihat pemandangan yang hijau, langit yang biru, menghirup udara yang sejuk dan bersih itu seperti surga dunia yang nggak ternilai harganya. 

langit biru
jalan-jalan

Tapi karena pandemi dan saat ini saya sedang ada di Lampung dan nggak punya motor, keinginan untuk touring itu harus ditahan dulu untuk sementara sampai batas waktu yang saya belum tau kapan bisa terlaksana. Ya maksudnya, kita nggak tau pandemi akan selesai kapan, tapi kita saya pribadi berusaha untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini. Setidaknya saya ingin turut mendukung dan meringankan beban pemerintah dengan stay at home sementara waktu untuk mengurangi semakin meluasnya penyebaran virus covid-19.

Monday, 22 February 2021

Dampak Kekurangan Zat Besi terhadap Tumbuh Kembang Anak

Indonesia punya tantangan besar dalam mewujudkan mimpi menjadi negara maju di tahun 2045 nanti. Dan itu bergantung pada kondisi dan kualitas generasi emas anak Indonesia saat ini yang masih balita. Pekerjaan rumah yang masih harus diperhatikan adalah memperbaiki dan memenuhi kebutuhan gizi mereka dari sekarang. Namun sayangnya, dari riset (Riskesdas 2018) tercatat 1 dari 3 anak Indonesia mengalami anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Kondisi ekonomi Indonesia yang belum merata juga menjadi penyebab anak-anak Indonesia juga mengalami gizi buruk.

webinar-sgm-eksplor

Masalah kesehatan yang dihadapi Indonesia saat ini akan berdampak panjang pada tumbuh kembang anak dan tentunya mempengaruhi kualitas generasi emas Indonesia dan kemajuan Indonesia di masa depan.

Tuesday, 16 February 2021

Mengenal Green Jobs dan Peluang Kerja di Indonesia

Kebutuhan akan sumber daya listrik membuat banyak negara termasuk di Indonesia melakukan inovasi untuk menciptakan energi terbarukan yang ramah lingkungan yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk energi masa depan. Nah, dua tahun lalu saya sempat menghadiri undangan blogger gathering dari salah satu perusahaan dalam negeri yang memproduksi energi terbarukan dengan memanfaatkan tenaga surya untuk menjadi energi listrik, yang diklaim bisa menghemat pengeluaran biaya listrik konvensional selama ini. 

green jobs
Green Jobs. pic: google*

Saat itu saya nggak begitu paham betul akan pengaruh dari manfaat energi terbarukan ini untuk kehidupan kita ke depannya. Namun, setelah mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Coaction Indonesia, saya mulai mengerti, apa yang dimaksud dengan energi terbarukan yang menjadi fokus pada dan menjadi tema webinar hari itu, yaitu tentang Green Jobs.

Sunday, 14 February 2021

Harus Tau Kental Manis SKM Bukan Susu dan Tuntutan KOPMAS Terhadap Pemerintah

Ternyata selama ini kita sudah keliru menganggap SKM atau yang kita sebut dengan Susu Kental Manis sebagai susu. Susu sebagai sumber gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Menilik ke belakang, puluhan tahun silam, masa kecil kita (saya terutama) sering diberi minuman 'susu' kental manis kalengan, yang diseduh dengan air hangat lalu diminum setiap pagi atau sebelum tidur. Padahal ini sangat salah, karena kandungan nutrisi susu yang ada di SKM ini sangat rendah dibanding dengan susu yang sebenarnya.

condesed milk
SKM. Foto: google.

Hal ini menjadi menarik dan jujur saya baru mulai memahami hal ini setelah mengikuti diskusi terbatas bersama KOPMAS (Koalisi Perlindungan Kesehatan Masyarakat) beberapa hari lalu (9/2) melalui zoom meeting dengan beberapa wartawan dan blogger.

Friday, 12 February 2021

Lagu dan Ucapan Romantis di Hari Valentine?

Beberapa hari ini saya lagi suka banget dengan salah satu lagu dari musisi Indonesia yang popularitasnya menurut saya belum terlalu dikenal banyak orang. Hanya orang-orang tertentu saja, terutama yang menyukai genre atau jenis musik yang dibawakan oleh si penyanyi ini. Padahal ini lagu Pop, yang easy listering banget. Yang liriknya mudah dicerna, simple dan deep banget dan sekali dengar bisa langsung hapal dengan melodinya yang indah.

ucapan-hari-valentine
Foto: pexels @feelartfeelant

Saya mulai tau lagu ini karena keseringan diputar atau digunakan oleh pengguna sosial media TikTok untuk menjadi backsound dari konten yang mereka posting. Dan menurut saya, sosial media ini membantu banget untuk membuat sebuah lagu menjadi viral dan dikenal oleh masyarakat luas, nggak hanya di dalam negeri saja. Yang tadinya nggak begitu tau lagu si A, si B atau si C, tapi karena sering dijadikan konten akhirnya menjadi tau dan malah disukai banyak orang.

Wednesday, 10 February 2021

Menikmati Rasa Bolu Cinta Siliwangi di Bulan Februari

Saya pikir saat lagi mudik ke Lampung saya nggak bisa merasakan lagi lezatnya Siliwangi Bolu Kukus yang sudah sering banget saya review di blog ini, sebagai oleh-oleh khas dari Bumi Pasundan, Jawa Barat. Yang store offlinenya banyak sekali di Jabodetabek, terutama di Bogor. Setiap kali saya pulang ke Lampung, memang saya sering banget bawa oleh-oleh Siliwangi Bolu Kukus, yang varian rasanya sekarang tambah banyak, tapi tetep sih, favorit saya yang rasa Alpukat Mentega. 

Bolu Cinta Siliwangi

Tapi ternyata, di Lampung juga sudah ada store SoBis (Sobat Bisnis) atau bisa juga disebut Mitra Siliwangi Bolu Kukus juga lho. Tapi lokasinya lumayan jauh dari rumah ibuku di kampung.

Buat saya Siliwangi Bolu Kukus Alpukat Mentega itu paling enak di antara yang lain, kalau kata anak-anak jaman sekarang "rasanya itu enak banget, fix, no debat! Untuk menggambarkan betapa rasanya memang juara dibanding lainnya.

Tuesday, 9 February 2021

Mencoba Bisnis Startup di Masa Pandemi

Jika mendengar kata startup, yang terlintas di pikiran kita pasti judul drama Korea yang tahun lalu pernah membuat semua orang termotivasi untuk mencoba memulai dan mengembangkan bisnis startup juga. Tapi seperti yang diceritakan di dalam drama series tersebut, nggak semua orang bisa dan mampu untuk bertahan dalam menjalankan bisnis startup. Banyak sekali proses yang musti dilewati dan nggak semua bakat yang ada bisa dikerjakan oleh seseorang yang memiliki bakat tersebut. 

startup
startup. pic: pexels

Kita harus pandai-pandai beradaptasi di tengah kondisi yang nggak menentu seperti saat ini. Banyak bisnis yang gulung tikar karena disebabkan oleh berbagai persoalan dari internal maupun eksternal dan lainnya. Kita nggak pernah bisa memprediksi secara akurat bagaimana perkembangan ekonomi ke depannya. Tapi kita bisa mempelajarinya, sehingga pelan-pelan kita bisa tau bagaimana kita bersikap dan menghadapi setiap tantangan yang ada. Begitu yang saya baca dari artikel yang dibagikan oleh ahli bisnis saat ini.