Wednesday, 30 November 2022

Inspirasi Optimalkan Potensi Desa dari Desa Sumber Agung Bandar Lampung

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia di dua tahun belakangan ini berdampak pada semua orang tanpa terkecuali. Dari 2019 hingga 2021 dan 2022 awal kita harus beradaptasi dengan segala perubahan yang ada, dari yang biasa melakukan sesuatu secara konvensional sampai harus belajar dan terbiasa dengan yang namanya dunia digital. 

kampung berseri astra

Dampak yang sangat terasa memang pada keadaan ekonomi, dari skala rumah tangga biasa hingga ke perusahaan besar. Saya yang terbiasa bekerja dan banyak kegiatan di Bogor, terpaksa harus pulang kampung dulu untuk sementara waktu, tadinya, namun karena pandemi tak kunjung usai saat itu, membuat saya benar-benar pulang kampung ke Lampung dan menjadi warga Lampung kembali.

Monday, 28 November 2022

Tips Sederhana Merawat Kendaraan

Kurang lebih setahun, selama pandemic Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia 2 tahun lalu, saya meninggalkan Bogor untuk ‘mengungsi’ sementara (work from home) di rumah Ibu di Lampung, namun akhirnya malah menemukan jodoh dan menikah, dan sekarang justru bener-bener stay dan akan pindah menjadi warga Lampung (kembali) mengikuti suami. 

toyota new vellfire
 

Selama mengungsi itu kendaraan motor saya di Bogor terbengkalai dan tidak terpakai. Namun, seminggu sekali saya menitip pesan ke kakak yang masih tinggal di sana, untuk selalu memanaskan mesin kendaraan jika sedang tidak digunakan bareng temannya, maklum kakak saya nggak bisa mengendarai kendaraan.

Sunday, 20 November 2022

Perjuangan Seorang Selebritis from Zero to Hero

Dulu waktu masih kecil, belum mengerti apa-apa, saat Televisi masih berwarna hitam putih, saya selalu bertanya-tanya, bagaimana sih orang-orang yang sering muncul di TV itu bisa masuk TV? Apakah mereka diciptakan spesial dan berbentuk kecil-kecil sehingga bisa masuk dan bergerak-gerak di dalam TV, menari-menari, berakting dalam sinetron, membaca berita, bernyanyi, dll? Hahaha. Ini pikiran dan imajinasi anak-anak banget yang memang belum bisa sepenuhnya mencerna sesuatu.

cerita-ade-nia-ramadhani

Mulai beranjak remaja dan dijelaskan bagaimana proses seseorang bisa ada di televisi, saya mulai paham, bahwa seseorang bisa ada di dalam televisi berkat adanya teknologi rekaman video yang diputar dan disalurkan ke media televisi. Intinya, ya seperti itu. 

Wednesday, 16 November 2022

Siap-siap Ganti Gadget ASUS Zenfone 9

Saya mengenal smartphone ASUS Zenfone 5 itu sejak tahun 2018 hingga sekarang di 2022. Sepanjang perjalanan saya menggunakan Smartphone ASUS belum pernah mengalami masalah yang begitu berat. Bahkan jatuh berkali-kali saja, tak membuat ASUS Zenfone 5 yang saya rusak.

Hanya saja dalam waktu 3 bulan terakhir, ASUS Zenfone 5 saya mulai agak rewel, terutama di baterainya. Hal ini karena smartphone yang saya punya digunakan untuk jadi modem wifi (tethering ke laptop) selama pandemi kemarin. Jadinya sudah minta diganti dengan Smartphone ASUS yang baru. Yang ini sebenarnya masih nyaman dipakai, sih, hanya saja terasa so yesterday. Dan saya juga butuh gadget yang up to date dengan teknologi smartphone terbaru.

Saturday, 5 November 2022

3 Artis Berhasil Bangkit Setelah Terjerat Kasus Narkoba

Kalau ngomongin artis, selebritis dan dunia entertainment di televisi, memang sepertinya nggak bisa jauh dari pemberitaan yang kurang mengenakkan ya, istilahnya mah pasti ada aja gosipnya. Ntah itu berita artis pacaran, menikah, selingkuh, KDRT, drama gimmick nggak jelas hingga kena kasus narkoba, dan lainnya.

narkoba
Narkoba. Foto: Halodoc

Kita sebagai masyarakat atau yang sekarang sering disebut netizen sudah terasa kebal dengan berita-berita tersebut. Seakan-akan berita seperti itu sudah biasa, "Yaudahlah ya, namanya juga artis, kalau nggak pansos dengan berita negatif, pasti beritanya nggak naik". Dan terkadang medianya juga terlalu membesarkan kasus-kasus yang sebenarnya nggak perlu terlalu diekspos.

Sunday, 16 October 2022

Selimut Polusi Mengancam Kehidupan

Hati siapa yang tak pedih, melihat berita beberapa hari ini yang mengabarkan bencana longsor dan banjir yang melanda sebagian daerah di Indonesia. Terutama yang terjadi di Kota Bogor. Perubahan cuaca secara ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini telah menyebabkan terjadinya sejumlah bencana di beberapa daerah. 

polusi udara
Polusi udara foto detikcom

Hal ini tentu saja membuat kita bingung, sebenarnya apa saja sih penyebab bencana ini? Dan mengapa setiap kali musim hujan datang, bencana ini selalu saja muncul.

Kejadian ini mengingatkan obrolan saya dengan seorang teman. Dia bertanya-tanya dengan bencana yang akhir-akhir ini terjadi di Bogor. "Kenapa ya tanah dan banjir jadi sering banget melanda Bogor? Apa karena hutan-hutan di atas sana sudah beralih fungsi menjadi kafe-kafe dan destinasi wisata kekinian?"

Tuesday, 30 August 2022

Makna Merdeka Bagi Orang Yang Pernah Mengalami Kusta

Di negara kita Indonesia, ternyata Kusta masih menjadi masalah serius yang harus ditangani bersama. Kalau menurut data dari WHO, Indonesia menjadi negara ketiga dengan pasien kusta terbanyak setelah India dan Brazil. Dan ini menimbulkan masalah yang beragam, nggak cuma di kesehatan saja, tapi meluas ke masalah lainnya, seperti sosial, ekonomi, dan budaya. Pasien kusta masing sering mengalami stigma buruk dan diskriminasi dari masyarakat umum.

Oleh karenanya, Kantor Berita Radio-KBR kembali menggelar talkshow atau diskusi ruang publik yang disiarkan di 150 jaringan radio di Indonesia, tentang betapa pentingnya kita mengetahui dan memahami apa itu penyakit Kusta atau sering juga disebut sebagai penyakit Lepra, dengan tema Makna Kemerdekaan Bagi OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) melalui channel Youtube Berita KBR 24 Agustus 2022 lalu, dengan menghadirkan dua narasumber, Dr. Mimi Mariani Lusli (Direktur Mimi Institute) yang juga seorang penyandang tunanetra, dan Mbak Marsina Dhede (OYPMK - Aktivitas Wanita dan Difabel).

Tuesday, 23 August 2022

Masak Kangkung dan Jus Sehat Buat Bekal Suami ke Kantor

Beberapa hari ini saya lagi suka banget bikin jus buat diminum berdua bareng suami, kadang bikin jus campuran sayuran hijau yang dibeli di pasar, atau ke Toko buah terdekat nyari buah-buahan segar. Sebagai pengantin baru,mengonsumsi jus sayuran atau buah ini kan bagus yah buat promil, selain sehat dan mengandung banyak vitamin, jus sayuran dan buah-buahan segar ini bagus juga untuk membersihkan toksin di dalam tubuh. 

foto pernikahan melfeyadin
Foto pernikahan
 
Ini jus favorit yang sering saya buat di rumah sejak awal masa pandemi kemarin, namanya Jus Campur Sehat. Bahan-bahannya mudah dibeli di Toko buah atau grocery store, seperti Nanas, Jeruk Nipis, Wortel, Jahe, Madu dan Apel. Semua bahan ini dihaluskan menggunakan blender atau juicer. Khasiatnya banyak, buah dan sayur ini kaya akan vitamin, bagus buat mata, dapat meningkatkan imun tubuh, dan dapat menghilangkan stress. Dulu sih stress karena ditanya kapan nikah terus sama orang-rang, tapi sekarang sudah punya suami.

Sunday, 21 August 2022

Jualan Online Pertama Kali di Blibli 11th Anniversary

Suatu hari ketika lagi mengunjungi rumah sepupu di Way Kandis, Bandar Lampung, sembari menyampaikan undangan pernikahan saya bulan Juli lalu, saya mendapatkan pesan dari dia, bahwa sebagai istri dan ibu rumah tangga sebaiknya kita punya penghasilan sendiri. Bukan tidak bersyukur dan merasa cukup dari hasil pemberian suami, tapi kalau punya uang atau penghasilan sendiri itu lebih nikmat, kita juga bisa membantu perekonomian keluarga, begitu katanya. Sehingga sebagai istri tidak melulu minta uang kepada suami.

Secara kebetulan karena selama ini terbiasa mandiri, pesan tersebut saya aamiin-kan saja. Dan bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Karena sebelum punya suami pun, semuanya memang saya lakukan sendiri, kerja sendiri dan cari uang sendiri, jadi ketika sudah menikah saya tinggal menyesuaikan, tapi saya pun masih kagok kalau mau minta ke suami, hehe. Mungkin karena masih baru, jadi hal seperti itu masih belum terbiasa.

Monday, 8 August 2022

Miliki Layanan Provider Internet Cepat Dari First Media

Jika kita pernah mendengar tentang koneksi internet, apa yang akan kita pikirkan? tentu saja kita akan memikirkan berbagai macam kegiatan seperti chatting dan browsing. Koneksi internet sekarang ini sudah kian menjamur dan memang menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki. Melalui First Media, kita akan dengan mudah memiliki akses internet yang dapat kita gunakan semau kita  

internet cepat

First Media Internet 

Apa itu First Media? First Media ini merupakan salah satu media penyedia layanan provider internet rumah tercepat dan juga tv kabel terbaik yang pernah ada. First Media sudah menjadi pilihan provider layanan internet yang terbaik dan juga terpercaya. Sinyal internet yang dihasilkan dari First Media ini juga super kencang dan bisa diandalkan.