Wednesday, 30 September 2020

Mobil Keren Dari Jaman Dulu

Gara-gara habis nonton Film Enola Holmes yang baru tayang di Netflix, yang menceritakan tentang kisah petualangan adik perempuan dari detektif terkenal di dunia, Sherlock Holmes, yang memecahkan misteri Ibunya yang tiba-tiba hilang. Saya jadi tertarik dengan beberapa alat transportasi yang digunakan di film tersebut. Kenapa tertarik? Ya karena menurut saya kendaraan yang digunakan yang ada di jaman abad 19 itu unik dan mungkin pada masa itu sudah canggih banget, terutama mobilnya.

Gambar Mobil. Sumber foto: Auto2000

Mobil yang saya sebut unik itu muncul di scene saat Enola Holmes kabur dari asrama tempat dia sekolah bersama Viscount Tewksbury. Di situ Enola mengendarai mobil 3 roda milik Nona Horrison, kepala sekolah kepribadian khusus perempuan. Mobil tersebut bisa dibilang lebih mirip bentuknya seperti Kereta Kuda tanpa atap. Namun terlihat beda karena mobilnya sudah digerakkan dengan kendali mesin sederhana, begitu juga dengan kemudi dan rem-nya.

Tuesday, 29 September 2020

Yuk, Coba Lakukan 7 Cara Sederhana Ini untuk Meredakan Flu!

Flu merupakan infeksi virus pada saluran pernapasan semacam hidung, paru-paru dan tenggorokan. Penyakit flu bisa menular dengan mudah ke orang lain lewat banyak cara seperti kontak langsung, berbagi minuman, bersin dan juga batuk. Meski termasuk penyakit ringan, namun kamu tetap harus waspada ya. Sebab flu gampang sekali menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Gejala yang sering ditimbulkan dari penyakit ini adalah demam, badan menggigil, mata berair, sakit kepala, dan nyeri otot.

tips-meredakan-flu
Meredakan Flu. Sumber Foto: pinterest.com

Tapi, kamu gak perlu khawatir, flu sebetulnya dapat disembuhkan dengan sendirinya saat imun tubuh membaik. Jadi, kalau kamu atau anggota keluarga di rumah sedang mengalami flu, jangan buru-buru pergi ke dokter. Karena kamu bisa mencoba 7 tips alam ini untuk meredakan flu, terapkan deh! 

Friday, 11 September 2020

Ngemil Jangan Dijadikan Pelarian

Kamu tau? Saat ingin memulai membuat postingan ini, saya sedang menahan hasrat yang begitu kuat untuk nggak ngemil sambil ngetik. Teman-teman yang kebetulan membaca postingan yang pekerjaan sama seperti saya, menjadi blogger, yang setiap harinya mungkin berada di depan laptop itu, pastinya nggak afdol rasanya kalau nggak ada camilan di meja, jadi kalau nggak sambil ngemilin makanan itu rasanya nggak asik, seperti ada yang kurang, mulut rasanya ingin ngunyah terus. 

cara bijak ngemil
camilan

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, yang setiap harinya berada di rumah terus, ada rasa bosan juga yang berhari-hari bekerja di depan laptop, ngemil seakan menjadi hiburan yang mampu membangkitkan mood untuk bisa beraktivitas lagi atau melanjutkan pekerjaan lainnya. 

Thursday, 27 August 2020

Pemanfaatan Teknologi UV-C Lindungi Diri Dari Mikro Organisme

Di masa pandemi covid seperti sekarang, kita memang harus kerja ekstra untuk menjaga kesehatan, karena kita nggak pernah tau di sekeliling kita, orang-orang yang ada di sekitar kita, benda-benda yang sering kita sentuh terpapar bakteri, virus atau tidak. Kalau misal selama ini malas bersih-bersih rumah, malas mandi, malas nyuci perabotan yang sering disentuh tangan, dan hal lainnya. Sekarang semua itu harus diubah. Jadi rajin bersih-bersih itu udah jadi hal wajib yang nggak boleh ditinggalin saat ini. Karena semakin hari kasus covid ini bukannya semakin berkurang, tapi justru pelan-pelan jadi bertambah tapi nggak ketahuan.

Sementara orang-orang mulai abai, lupa untuk menjaga protokol kesehatan. Karena merasa sudah aman-aman saja. Padahal aslinya ya virus-virus di luaran sana masih bertebaran, nggak keliatan tapi tetap menggerogoti. Nggak cuma soal virus Corona yang sedang viral dan ditakuti, tapi banyak penyakit lainnya yang bisa menyerang kita diakibatkan dari mikro organisme yang ada di sekitar kita, seperti influenza, tubercolosis dan lainnya.

Saturday, 15 August 2020

Masihkah Koperasi Menjadi Andalan?

Setiap kali ada ngomongin soal Koperasi, saya pasti akan selalu ingat semasa kecil dulu. Entah mengapa menyebut koperasi itu terasa seperti sedang bernostalgia. Sepertinya hidup kami saat itu nggak bisa lepas dari yang namanya Koperasi. Saya ingat banget, nggak jauh dari rumah Ibu ada satu gedung yang cukup besar (tembok semen) di antara rumah-rumah kami yang ada di kampung yang rata-rata masih berdinding bambu (geribik), namanya Kantor KUD (Koperasi Unit Desa). Dulu kantor KUD itu punya fungsi yang beragam, terutama dalam menyediakan barang-barang kebutuhan warga yang sehari-harinya berprofesi sebagai petani. Barang-barang tersebut kebanyakan alat dan bahan untuk mendukung pertanian, seperti Pupuk, Bibit dan lainnya.

koperasi
Koperasi, gambar dr kompasiana

Ada petugas khusus yang berjaga setiap hari, dan warga punya kartu anggota untuk bisa membeli barang-barang yang ada di sana dengan cara berhutang/mencicil, istilahnya pinjam di koperasi. Mereka membeli barang dengan cara mencicil di Koperasi, para warga akan membayar setelah musim panen tiba. Tanpa Koperasi, rasanya warga sangatlah sulit untuk bisa membeli atau mendapatkan kebutuhan itu. Menurut saya Koperasi itu sangat-sangat membantu sekali dalam menjalankan perekonomian warga. Saya juga jadi ingat, dulu Ibu saya juga pernah meminjam uang untuk modal usaha dagangnya dari koperasi keliling (yang baru saya tau sekarang kalau itu adalah disebut rentenir) karena bunganya yang sangat tinggi.

Sunday, 9 August 2020

Baper Dengan Keuwuan Lesti dan Billar

Postingan ini mungkin bakal jadi postingan ter-receh saya selama ini karena nge-ship dua artis Indonesia yang lagi viral. Yup, siapa lagi kalau bukan Lesti Kejora dan Rizky Billar, hehehe. Jujur sih ini, saya jarang banget bikin postingan yang beginian, karena kesannya nggak ada kerjaan karena mengurusi kisah percintaan orang lain, terlebih artis yang selama ini nggak begitu saya kenal, maksudnya saya nggak begitu mengenali dengan kehadiran mereka di dunia entertainment Indonesia. Tapi setelah ini jadi tau deh. Malah mulai mencari tau hehe.

Namun, entah mengapa 'virus' leslar (sebutan untuk pendukung Lesti dan Billar) ini begitu merasuki kehidupan saya saat ini. Setiap hari, tiap menit dan jam kalau ada waktu luang saya selalu cek sosial media untuk mencari berita-berita tentang mereka. Gemes gemes gimana gitu rasanya melihat interaksi mereka yang menurut para netizen uwu banget. Sebuah kosakata baru yang sering diucapkan ketika kita merasa bahagia, uwu yang artinya Unhappy Without U.

Friday, 24 July 2020

Sedekah Daging Kurban

Sebagai umat muslim jika sudah memasuki bulan Dzulhijjah, bulan terakhir di penanggalan hijriyah, yang kita pikirkan tentunya adalah hari raya Idul Adha, ibadah haji dan kurban. Buat yang mampu kita menunaikan ibadah haji melakukan wukuf di Arafah, namun jika belum mampu kita disunahkan untuk berpuasa atau melaksanakan kurban, ritual penyembelihan hewan sebagai bentuk persembahan dan ketakwaan kita kepada sang pencipta, Allah SWT.

sedekah daging kurban
Sedekah Daging

Hari Raya Idul Adha sering juga kita sebut sebagai Hari Raya Kurban, karena dalam momen ini, ratusan ribu hewan, Domba, Kambing, Sapi atau Unta dipotong untuk dibagi-bagikan atau disedekahkan. Dalil perintah untuk berkurban ini juga ada dalam Surat Al-Kautsar ayat - Maka dirikanlah shalat atas Tuhanmu; dan berkurbanlah (anhar). Karena berkurban atau menyembelih hewan setelah shalat Idul Adha ini bisa menjadi salah satu amal kebaikan kita yang disukai Allah SWT.

Wednesday, 22 July 2020

Yang Perlu Dilakukan Saat Gigi Bermasalah

Pernah mendengar lagu dengan lirik seperti ini, “lebih baik sakit gigi, dari pada sakit hati ini, biar tak mengapa...”? Ini lagu memang jaman dulu banget sih, lagu dangdut yang dibawakan penyanyi kondang di masa itu, judulnya Sakit Gigi. Tapi menurut saya lagu ini nggak tepat, karena sakit gigi dan sakit hati itu dua-duanya nggak enak, nggak nyaman dan bikin pola hidup kita sedikit jadi berantakan. Sakit hati maupun sakit gigi biasanya jadi menurunkan nafsu makan. Kalau makan kita nggak teratur, ya secara otomatis kesehatan kita yang lain pun jadi terganggu.

penyebab gigi ngilu
Gigi Sensitive. Foto:halodoc

Lalu bagaimana sih, kalau sakit gigi maupun sakit hati itu tiba-tiba datang dalam hidup kita? Apa yang perlu kita lakukan pertama kali sebagai tindakan pengobatan?

Hmm.

Monday, 6 July 2020

Upaya Menjaga Kondisi Laut di Tengah Pandemi

Masih sangat jelas di ingatan bagaimana perasaan saya dulu saat pertama kali bisa melihat laut dan menyeberanginya dengan kapal Ferry dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung ke Pelabuhan Merak, Banten. Rasanya takjub sekali melihat air laut yang begitu luas dan menghampar biru, selama perjalanan di siang hari kami yang di atas kapal bisa melihat Ikan Lumba-lumba berenang beriringan dengan kapal yang kami tumpangi. Dan itu kalau tidak salah saya masih SD, waktu libur sekolah sekitar tahun 90-an.

perubahan iklim dan ekosistem laut

Sudah lama sekali dan setelah itu, setiap kali saya menyeberangi Selat Sunda saya nggak pernah lagi menemukan Ikan Lumba-lumba yang berenang bebas di jalur kapal laut. Dulu saya nggak pernah paham penyebabnya apa. Namun seiring berjalannya waktu, dengan banyaknya informasi yang mudah diakses, saya mulai belajar, bahwa perubahan iklim menjadi salah satu penyebab ikan-ikan tersebut tidak bisa lagi berenang dengan bebas seperti sebelumnya.

Wednesday, 1 July 2020

Mangga dan Kacang Hijau Jadi Varian Rasa Baru Siliwangi Bolu Kukus

Saya happy banget, belum lama ini, Siliwangi Bolu Kukus baru saja membuka store baru, cabang ke-4 di Cikaret, Cibinong-Bogor pada Hari Minggu, 28 Juni 2020 yang lalu, tepatnya di Jl. Raya Cikaret 11-9, Pabuaran, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16915.. Setelah sebelumnya sudah ada Store di Stasiun Bogor, Pakansari Cibinong dan cabang store Siliwangi Bolu Kukus Bandung tepatnya di Moh. Toha Bandung.

Siliwangi Bolu Kukus

Yang menarik, bertepatan dengan pembukaan store cabang Cikaret Cibinong, Siliwangi Bolu Kukus juga meluncurkan 2 varian rasa baru, yakni Siliwangi Bolu Kukus rasa Mangga dan Kacang Hijau untuk melengkapi 10 varian lainnya yang sudah ada, seperti Stroberri Ciwidey, Susu Lembang, Kopi Bogor, Talas Bogor, Ubi Cilembu, Alpukat, Madu Odeng, Kurma, Brownies Coklat, dan Ketan Kelapa.