Wednesday 30 November 2022

Inspirasi Optimalkan Potensi Desa dari Desa Sumber Agung Bandar Lampung

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia di dua tahun belakangan ini berdampak pada semua orang tanpa terkecuali. Dari 2019 hingga 2021 dan 2022 awal kita harus beradaptasi dengan segala perubahan yang ada, dari yang biasa melakukan sesuatu secara konvensional sampai harus belajar dan terbiasa dengan yang namanya dunia digital. 

kampung berseri astra

Dampak yang sangat terasa memang pada keadaan ekonomi, dari skala rumah tangga biasa hingga ke perusahaan besar. Saya yang terbiasa bekerja dan banyak kegiatan di Bogor, terpaksa harus pulang kampung dulu untuk sementara waktu, tadinya, namun karena pandemi tak kunjung usai saat itu, membuat saya benar-benar pulang kampung ke Lampung dan menjadi warga Lampung kembali.

Biasanya pulang kampung hanya saat lebaran atau musim liburan saja, dan waktunya pun tak lama karena terbatas dengan cuti kerjaan. Tapi karena pandemi dan mengharuskan sebagian orang untuk bekerja dari rumah, membuat saya punya banyak waktu untuk diam di kampung.

Bukan sesuatu yang mudah, saat terbiasa dimudahkan akses dan fasilitas kota, tiba-tiba harus beradaptasi lagi dengan keterbatasan yang ada di kampung. Walaupun terbatas, namun saya bersyukur kampung yang saya tinggali tidak begitu pelosok. Warganya rata-rata petani Karet, Padi dan Jagung.

Dari dulu saya cinta sekali dengan kampung kelahiran saya, yang namanya Margaraya, di Desa Rulung Raya. Ketika pulang kampung itu, ingin sekali rasanya membuat kampung saya lebih berkembang dan berseri lagi, sayangnya saya belum menemukan potensi yang bisa dikembangkan dan sepertinya sebagian warga juga susah untuk diajak bekerjasama. Untuk bangkit bersama untuk Indonesia, kita harus kerjasama, membangun Indonesia bersama-sama.

Tapi untuk kali, bukan kampung Margaraya yang ingin saya ceritakan, melainkan sebuah Desa yang ada di Lampung juga, yang punya banyak potensi wisatanya, yakni Desa Sumber Agung, Bandar Lampung.

Desa ini menginspirasi saya, terutama sosok Ibu Ikke, pengurus dan penggerak Kampung Berseri Astra Sumber Agung Bandar Lampung, yang sudah berhasil melakukan pemberdayaan di kampung halamannya, untuk menjadikan desanya menjadi desa wisata hingga mencapai prestasi, mendapatkan penghargaan dan bantuan dari Astra untuk bisa mengembangkan desanya lebih luas dan berdaya lagi untuk masyarakat yang ada di sana.

Kampung Berseri Astra Desa Sumber Agung, Bandar Lampung.

Sebenarnya setiap daerah atau desa itu punya potensi masing-masing untuk dikembangkan, hanya saja kita memang butuh orang-orang seperti Ibu Ikke yang rela berjuang dan pantang menyerah untuk mencari tau ada apa saja yang bisa dioptimalkan dengan melihat potensi yang ada di desanya. 

Contohnya Desa Sumber Agung, dengan sumber daya yang melimpah, sayang bila tak dioptimalkan pengelolaannya. Apalagi Desa ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat Wan Abdurahman, sebuah kawasan konversi yang dikelola langsung oleh pemerintahan Propinsi. Hal itulah yang dilihat oleh Ibu Ikke. 

Dengan rasa cinta terhadap tanah kelahirannya, Bu Ikke bertekad untuk membuat membangun desanya lebih maju lagi. Dan seharusnya saya pun bisa begitu, ya? 

Dengan melihat potensi sumber daya alam yang ada dan ingin lebih memberdayakan lagi masyarakatnya, pelan-pelan semua itu Ia kelola bersama dengan teman-temannya dan dengan dukungan masyarakat sekitar. Dan mimpinya untuk memajukan Desa Sumber Agung akhirnya terwujud dengan datangnya dukungan dari Astra di tahun 2017. 

Astra memberikan bantuan melalui beberapa program untuk Desa Sumber Agung berupa fasilitas beasiswa pendidikan-beasiswa lestari Astra untuk anak-anak sekolah, dari SD sampai SMA. Astra juga memberikan dukungan fasilitas untuk menunjang pelajaran berupa buku dan alat-alat belajar yang diberikan langsung ke sekolah.

beasiswa kampung berseri astra

Astra juga mendukung Desa Sumber Agung dalam fasilitas layanan kesehatan untuk pertumbuhan anak balita dalam mengurangi stunting dengan memberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan). Dukungan juga diberikan untuk pelestarian lingkungan, dan pendampingan UMKM bagi masyarakat agar lebih produktif lagi.

Program dan dukungan dari Astra untuk Kampung Berseri Astra Desa Sumber Agung ini tentu sangat bermanfaat untuk masyarakat. Karena selain memberikan alat-alat produksi untuk membangun UMKM, untuk meningkatkan produktivitas dan sumber daya manusia, Astra juga memberikan pelatihan digitalisasi, agar perekonomian masyarakat dalam menjalankan UMKM nya tetap berjalan, terutama di masa pandemi kemarin, yang semuanya beralih ke digital.

Dengan potensi dan optimalisasi yang terdapat di Desa Sumber Agung serta bantuan dukungan program dari Astra, masyarakat Desa Sumber Agung jadi terbantukan dan bermanfaat.

Kampung Berseri Astra 

Astra sudah banyak mendukung, membangun kampung-kampung ataupun desa-desa yang memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan di Indonesia, dengan memberikan bantuan program pengembangan masyarakat berbasis komunitas. 

Melalui program Kampung Berseri Astra ini, Astra dan masyarakat bisa berkolaboras, bekerjasama membangun dan mewujudkan Indonesia yang cerdas, produktif, bersih dan sehat bersama-sama, melalui kampung-kampung dengan cara meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sumber:
https://insanwisata.com/buah-manis-pemberdayaan-kampung-berseri-astra-di-bumi-malayu/
https://lampost.co/berita-kampung-berseri-astra-resmi-diluncurkan.html

Foto: Instagram Kampung Berseri Astra Sumber Agung.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih - @melfeyadin