Saturday 5 November 2022

3 Artis Berhasil Bangkit Setelah Terjerat Kasus Narkoba

Kalau ngomongin artis, selebritis dan dunia entertainment di televisi, memang sepertinya nggak bisa jauh dari pemberitaan yang kurang mengenakkan ya, istilahnya mah pasti ada aja gosipnya. Ntah itu berita artis pacaran, menikah, selingkuh, KDRT, drama gimmick nggak jelas hingga kena kasus narkoba, dan lainnya.

narkoba
Narkoba. Foto: Halodoc

Kita sebagai masyarakat atau yang sekarang sering disebut netizen sudah terasa kebal dengan berita-berita tersebut. Seakan-akan berita seperti itu sudah biasa, "Yaudahlah ya, namanya juga artis, kalau nggak pansos dengan berita negatif, pasti beritanya nggak naik". Dan terkadang medianya juga terlalu membesarkan kasus-kasus yang sebenarnya nggak perlu terlalu diekspos.

Tapi ya balik lagi, mencari dan menyiarkan berita yang mengundang banyak komentar netizen itu sudah jadi pekerjaan media berita. Jadi tergantung kita menyikap semua pemberitaan itu untuk jadi sebuah pelajaran hidup.

Terakhir berita yang sempat menghebohkan dan membuat huru hara dunia keartisan adalah KDRT yang dialami penyanyi dangdut dan suaminya. Namun di tahun-tahun lalu yang lebih menghebohkan adalah berita dari banyak artis Indonesia yang tersandung narkoba, terutama di masa pandemi Covid-19.
Salah satunya yang nggak disangka-sangka itu adalah artis cantik Nia Ramadhani.

Mengapa saya bilang nggak disangka-sangka? Karena kalau dilihat dari kehidupannya, seperti nggak mungkin dia sampai menggunakan narkoba. Punya suami pengusaha, anak-anak yang lucu dan sehat, popularitas dan kecantikan yang sebagian membuat perempuan Indonesia iri luar biasa termasuk saya.

Bisa dibilang hidupnya sempurna, nggak ada kekurangan sama sekali. Tapi ya, kita sebagai netizen hanya bisa melihat hidup 'luar'nya saja, hanya dari TV, medsos dan pemberitaan di media massa. Kita nggak pernah tau bagaimana kehidupan yang sebenarnya, yang dialami oleh seorang selebritis seperti Nia.

Selain Nia Ramadhani, ada beberapa artis lain yang juga sempat tersandung kasus narkoba. Seperti Raffi Ahmad dan Roger Danuarta. Sebenarnya banyak yang lainnya, tapi saya ingin membahas 3 artis ini saja.

  • Raffi Ahmad

Siapa yang nggak tau Raffi Ahmad ya kan? Artis multitalented yang wajahnya muncul hampir di semua acara stasiun televisi. Tapi siapa yang sangka juga, Raffi Ahmad juga pernah tersangkut kasus narkoba di tahun 2013 silam. Tiba-tiba namanya muncul di berita jadi hot gosip dan ditangkap BNN (Badan Narkotika Nasional) di rumahnya.

Kasus Raffi Ahmad ini gempar banget, banyak orang yang nggak percaya, seorang Raffi Ahmad, gitu lhoo. Masa sih pakai narkoba? Tapi untungnya kasusnya nggak berlangsung lama.

Dan sekarang Raffi Ahmad sudah lepas dari jerat-jerat narkoba yang membuatnya banyak merugi terutama dalam hal keuangan. Dia sekarang hidup bahagia dengan menjalani hidup tetap menjadi selebritis dengan banyak followers bersama keluarga. Anak-anaknya yang lucu menjadi penyemangatnya untuk lebih menjalani hidup kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Dia berhasil bangkit dengan menjadi youtuber

  • Roger Danuarta

Yang kedua Roger Danuarta. Artis yang menjadi idola remaja perempuan pada masanya ini juga pernah terseret narkoba di tahun 2014 lalu. Dia menyebut kalau menggunakan narkoba akibat salah pergaulan, dan peristiwa tersebut merupakan kehidupan tersuram yang pernah dialaminya.

Narkoba membuatnya kehilangan banyak harta, bisnis dan karir yang membuatnya terkenal selama ini. Namun beruntung, setelah lepas dari narkoba hidupnya menjadi lebih terarah dengan memperdalam ilmu agama yang baru dianutnya. Dan sekarang Roger Danuarta pun hidup lebih bahagia bersama keluarga, setelah menikah dengan seorang perempuan yang berprofesi sebagai artis juga.

  • Nia Ramadhani

Seperti yang sudah sempat saya bahas di atas tadi, Nia Ramadhani adalah artis Indonesia yang terakhir beritanya menghebohkan karena tertangkap narkoba bersama suaminya, Ardi Bakrie, tahun 2021 lalu. Keduanya divonis penjara dan akhirnya menjalani rehabilitas selama 8 bulan lamanya. 

Nia Ramadhani berhasil melepas berita dan keterikatannya dengan narkoba setelah menjalani rehabilitas di akhir Maret 2022 lalu. Alhamdulillah, dia sekarang jauh lebih produktif, lebih sehat dan bahagia dengan gemar berolah raga, dan rutin berlatih olah raga lari GBK, Senayan.

Hal itu Ia buktikan dengan mengikuti beberapa event lari marathon, seperti Onepride Fun Run 5K di bulan Juli, Jelajah Timur Run For Equality di bulan September dan terakhir OKtober lalu mengikuti Jakarta Marathon 22, Hal Marathon (HM) 21K.


Dukungan keluarganya pun membuatnya menjadi semangat, memang terlihat dari raut wajahnya yang sekarang terlihat lebih fresh, dan beraura positif, berbeda sekali dengan sebelumnya saat masih menggunakan narkoba.

Nia Ramadhani, Raffi Ahmad dan Roger Danuarta hanya sebagian artis Indonesia yang tertangkap karena kasus penyalahgunaan narkoba. Namun mereka berhasil untuk kembali bangun dan menata ulang kariernya. Namun tak sedikit pula yang tak bisa melepaskan narkoba dari hidup mereka dan berulang kali keluar masuk penjara dan rehabilitasi. 

Dan tentu saja, apa yang mereka alami itu akan mendapatkan stigma negative dan diskriminasi pula oleh masyarakat. Namun orang-orang seperti mereka tak seharusnya dijauhi atau dimusuhi, justru saat mereka bisa lepas dari jeratan narkoba kita juga harus berani untuk merangkul dan membimbing, agar mereka bisa kembali percaya diri untuk jalani hidup ke arah yang lebih baik.

Good job untuk Nia Ramadhani, Raffi Ahmad ataupun public figure yang lainnya, yang tadinya mungkin dapat pengaruh dan contoh yang buruk bagi masyarakat, namun bisa melewati itu semua dan menjadi lebih positif lagi dengan hidupnya.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih - @melfeyadin