Monday 28 November 2022

Tips Sederhana Merawat Kendaraan

Kurang lebih setahun, selama pandemic Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia 2 tahun lalu, saya meninggalkan Bogor untuk ‘mengungsi’ sementara (work from home) di rumah Ibu di Lampung, namun akhirnya malah menemukan jodoh dan menikah, dan sekarang justru bener-bener stay dan akan pindah menjadi warga Lampung (kembali) mengikuti suami. 

toyota new vellfire
 

Selama mengungsi itu kendaraan motor saya di Bogor terbengkalai dan tidak terpakai. Namun, seminggu sekali saya menitip pesan ke kakak yang masih tinggal di sana, untuk selalu memanaskan mesin kendaraan jika sedang tidak digunakan bareng temannya, maklum kakak saya nggak bisa mengendarai kendaraan.

Dan Alhamdulillah, motor saya sampai sekarang masih bagus dan sudah saya bawa ke Lampung, walau sudah hampir setahun jarang sekali dipakai. Walaupun banyak juga yang bilang, kalau kendaraan nggak pernah dijalankan, dibawa jalan, kondisi mesinnya pasti bakalan cepat rusak, karatan, dan lainnya.

Well, setiap kendaraan, apalagi mobil kalau tidak dipakai, apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama pasti akan mengalami masalah. Namun jika kita bisa memperhatikan cara merawat kendaraan yang benar, hal itu pasti bisa dihindari.

Ini juga pengalaman yang dialami keluarga suami, punya mobil dari peninggalan orang tuanya yang sudah meninggal, tapi mobil ini baru dibeli 2 tahun lalu, sementara suami dan adik-adiknya belum lancar banget bawa mobil, alhasil mobilnya jadi sering nganggur jarang terpakai, jadi penghuni garasi saja, karena mereka lebih sering naik motor. Mobil baru digunakan ketika dipinjam/disewa tetangga atau dipakai untuk acara keluarga. Sayang banget sih sebenarnya.

Jadi, suami dikasih tips sederhana merawat kendaraan mobil dari temannya yang bekerja di bengkel seperti ini;

  • Pertama, mesin kendaraan harus rajin dipanaskan.
    Kalau mesin lama nggak dinyalakan, bisa membuat oli mesin mengendap terlalu lalu. Jadi hidupkan mesin minimal satu minggu sekali, hal ini juga biar tegangan listrik baterai kendaraan nggak hilang, dan baterainya tidak mudah rusak. Terutama jika kendaraan lama tak terpakai.

  • Kedua, cek kondisi oli mesin.
    Periksa jumlah, kekentalan dan warna oli yang ada di dalam mesin. Ganti oli mesin kendaraan setiap 6 bulan sekali atau setiap 10 ribu km. Gunakan juga oli mesin sesuai rekomendasi dari pabrik mobil.

  • Ketiga, cek kondisi ban.
    Sebelum digunakan, selalu periksa kondisi ban, dari tekanan dan permukaannya. Pastikan ban tidak kempes, dan tekanannya mencukupi. Periksa juga permukaan ban, pastikan nggak ada benda-benda tajam atau kerikil yang menancap. Biasanya jika kendaraan lama tak terpakai, tekanan angin ban juga jadi berkurang. Jadi, jangan biarkan ban kempes terlalu lama apalagi saat digunakan. Karena jika ban kempes atau tekanannya rendah, bisa merusak dan mengubah bentuk ban. Jika dipaksakan di jalanan juga berbahaya bisa menyebabkan kecelakaan.

  • Keempat, periksa lampu-lampu kendaraan.
    Pastikan semua lampu-lampu kendaraan dari lampu depan, belakang, lampu rem berfungsi dengan baik dan normal. Jika lampu mulai redup atau mati saat dihidupkan harus segera diganti, karena lampu membantu daya pandang pengendara, terutama di malam hari.

  • Kelima, jangan lupa servis kendaraan secara berkala.
    Ini penting untuk menjaga kondisi kendaraan tetap terjaga. Karena dari servis berkala, kita jadi tau kondisi kendaraan kita perlu ada perbaikan atau penggantian.

  • Keenam, bersihkan kendaraan dari debu.
    Bersihkan body/eksterior kendaraan dari debu dan kotoran yang menempel, supaya catnya tidak gampang rusak. Apalagi kalau misal punya Toyota New Vellfire, eksterior Toyota Vellfire itu kan keren banget, sayang kalau tak dirawat dengan baik. Perhatikan juga kebersihan bagian interior kendaraan mobil, dari karpet, jok mobil, dasbor ataupun fitur yang lainnya, supaya kesehatan penumpang juga terjaga dan terhindar dari bakteri maupun virus sumber penyakit yang terbawa dari luar.

Punya kendaraan memang harus ekstra dijaga dan dirawat baik eksterior maupun interiornya, terutama mesinnya. Minimal jika kita hanya bisa memakai namun tidak bisa merawatnya sendiri, kita bisa meminta bantuan bengkel yang terpercaya, istilahnya, serahkan saja sama ahlinya. Karena punya kendaraan di jaman sekarang selain sebagai moda transportasi, mobil juga bisa jadi ‘rumah’ kedua bagi seseorang, terutama buat yang punya mobilitasnya tinggi. 

eksterior toyota new vellfire

Well, ngomongin Toyota New Vellfire, ini tuh mobil MPV idaman saya banget. Bagian interiornya luas terus dilengkapi dengan fitur teknologi modern. Body nya apalagi, menurut saya Eksterior Toyota Vellfire begitu menawan dan gagah. Jadi bakal nyaman sekali jika bepergian dan berkendara menggunakan mobil Toyota yang ini. 

Punya kendaraan sekarang memang mudah, semua orang bisa membeli dan memilikinya, namun tak semua orang bisa merawatnya. Kalau mau melakukan perawatan dan punya mobil Toyota misalnya, kita bisa langsung melalui website Auto2000.co.id, ini tuh semacam e-commerce nya Toyota, yang melayani penjualan mobil, suku cadang dan aksesoris resmi dari Toyota Indonesia. 

auto2000

Jadi kita bisa membeli mobil secara digital dengan konsepnya “seamless end-to-end customer experience”. Karena di Auto2000 juga bisa membantu pelanggan untuk melakukan perawatan mobil, after salesnya terpercaya dan dilayani oleh mekanik yang handal dan tersertifikasi. Jadi kalau mau servis kendaraan bisa booking terlebih dahulu melalui aplikasi Auto2000, jadi sampai bengkel langsung dilayani.

1 comment:

  1. Beneer mba, kendaraan itu harus selalu dipanasin mesinnya kalo ga mau rusak. Jadi kalo ada niat bepergian lama, aku selalu minta asistenku utk panasin mobil tiap hari, ga usah lama 15 menit aja cukup. Yg penting ada hiduplah.

    Untungnya suamiku tipe yg telaten Ama mobil dan motor kami di rumah. Rutin di service dan dirawat. Berhubung kami suka Toyota dari zaman pacaran , jadinya memang service selalu di auto2000. April kemarin kami ganti mobil baru, itu beli dari auto2000 juga, tukar tambah Ama toyotaku yg lama. Dihargai tinggi loh Ama mereka, trus banyak dpt bonus kalo beli dr auto2000. Kami dapat beberapa bonus, salah satunya kartu Flazz dengan saldo 2 juta. Lumayan banget buat mudik ke solo, utk bayar tol 😄.

    Jadi pokoknya kalo mau service , jual atau beli mobil baru, kami pasti ga jauh2, mending ke auto2000 aja. Udh percaya dari dulu.

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin