Friday, 2 December 2016

5 Tata Cara Menikmati Seduhan Kopi Supaya Selalu Mantap


Banyak sekali orang yang bertanya-tanya alasan utama seorang pecinta kopi merogoh kocek lebih dalam untuk menikmatinya. Biji minuman berwarna hitam ini memang sudah dikenal sejak lama dan jenisnya beragam, pecinta nya pun tidak sedikit. Minuman berwarna hitam ini pun dikenal sebagai minuman terbaik untuk moment terbaik. Sehingga tidak heran jika beberapa jenisnya dijual dengan harga tinggi karena dikenal menyediakan rasa dan aroma terbaik dari yang terbaik.



Tips Menikmati Seduhan si Biji Hitam 

Minuman berwarna hitam ini berasal dari biji tanaman dengan nama yang sama, warna aslinya tidaklah hitam melainkan hijau. Sebelum bisa diolah menjadi serbuk dan diseduh menjadi minuman biji tanaman dipastikan sudah tua dan dikeringkan. Usai dikeringkan kemudian di sangrai baru ditumbuk atau digiling sehingga warnanya berubah menjadi hitam. Beberapa biji tanaman ini tidak dipanen kemudian diproses sebab jenis tertentu ternyata memiliki proses panen yang unik sehingga meningkatkan kualitas rasa dan harganya.
Bagi siapa saja yang merasa kurang cocok dengan minuman hitam kental ini bisa jadi keliru ketika menikmatinya. Rupanya untuk mendapatkan sensasi nikmat menyeruput minuman ini memiliki tata cara berbeda, yakni:
  1. Jenis yang sesuai dengan selera,
    Jenis si biji hitam ini lumayan banyak namun umumnya masyarakat Kita akrab dengan jenis Robusta dan Arabica. Bila menyukai cita rasa yang pahit maka Robusta bisa dijadikan pilihan, namun untuk pecinta rasa asam sudah tentu lebih cocok dengan Arabica.
  2. Memilih waktu terbaik untuk menikmatinya,
    Apabila menyimpan stock kopi dalam bentuk biji maka jika disimpan dengan baik akan bisa bertahan sampai satu bulan. Namun jika menyimpan dalam bentuk serbuk maka pastikan kurang dari dua minggu sudah dihabiskan. Jika lebih lama maka bijinya akan kehilangan aroma yang membuatnya kurang sedap. Kemudian ketika diseduh sebaiknya saat menuangkan air tidak sambil diaduk, biarkan aromanya keluar. Ketika ingin diseruput tunggu empat menit kemudian.
  3. Sebaiknya tidak dinikmati sambil merokok,
    Kebiasaan masyarakat Kita memang kerap menikmati secangkir biji hitam sembari merokok namun justru merupakan kebiasaan keliru. Sebab batang rokok akan mempengaruhi lidah sebagai indra pengecap yang membuat seduhan si hitam kurang terasa. Selain itu merupakan kombinasi kurang sehat dan dianjurkan untuk dihentikan saja. Supaya minuman yang dibuat dari si hitam ini terasa lebih nikmat dan aromanya lebih kuat.
  4. Memilih makanan ringan sebagai teman minum yang pas,
    Minum seduhan biji hitam jika sendirian tentu akan terasa hambar maka idealnya didampingi makanan ringan. Namun jangan sembarangan sebab makanan pendamping yang keliru akan merusak cita rasa minuman itu sendiri. Idealnya tentu saja disesuaikan dengan selera, bagi penikmat biji hitam lokal bagusnya diseruput bersama kacang tanah rebus dan singkong goreng. Apabila biji hitam dari Amerika Latin akan lebih cocok didampingi cake manis dengan asa coklat.
  5. Dianjurkan cukup dua cangkir sehari,
    Meminum si biji hitam ini sebaiknya tidak berlebihan mengingat di dalamnya terkandung kafein yang tidak sedikit. Dianjurkan maksimal dua cangkir dalam sehari yang membantu memenuhi kebutuhan kafein dalam kadar cukup. Kafein efektif membantu menjaga fokus, memberikan energi, dan juga suntikan semangat. Dianjurkan menikmatinya di pagi hari sekitar jam 8 kemudian di jam 2 siang sembari didampingi cemilan yang cocok. Terlalu banyak minum kopi selain tidak baik untuk badan juga menghilangkan sensasi nikmatnya. 


14 comments:

  1. Nah, kalau menyeduh kopi lebih baik jangan pakai air dispenser mbak.. lebih bagus malah pakai air yg dmasak. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Saya cukup nyeduh Ka**l A*i saja. :'D

    ReplyDelete
  3. Menikmati kopi memang pas untuk menghilangkan stres. :)

    ReplyDelete
  4. Aku kurang begitu ngerti jenis kopi sih. Tapi aku suka kopi yang disangrai bareng jagung. :)

    ReplyDelete
  5. Makanan ringan ebagai teman kopi yaaaa wafer Tango! :D Hehehehehe

    ReplyDelete
  6. Iya ngopi enaknya sambil makan cemilan heheh

    ReplyDelete
  7. Wah, Robusta Lampungya satu mbk, bisa kirim ngak tuh ke Jepara mbk? hehe

    ReplyDelete
  8. Wah.. aku baru tahu tata cara ini. memang benar, sih, kerasa banget jika paduannya tidak pas.

    kalo aku suka yg robusta. Kurang suka kopi dengan rasa asam

    ReplyDelete
  9. kalau tips biar minum kopi tidak deg-deg an kak?

    ReplyDelete
  10. Melly suka kopi juga ternyata, aku nggak minum kopi karena jantung degdeg an.

    ReplyDelete
  11. dari dulu saya belum kesampaian untuk menikmati secangkir kopi hasil racikan barista.. saya penasaran saja sama rasanya. :D

    ReplyDelete
  12. point ke empat: +makanan ringan sebagai teman minum yang pas, mantap banget nih
    salam
    Ragam Tarian Orang Blora

    ReplyDelete
  13. aku suka kopi seduh manual brew v60, rasanya pas.

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu