Wednesday, 19 April 2017

11 Jajanan Khas Betawi Yang Perlu Dicoba


Jakarta sebagai ibukota Indonesia mempunyai daya tarik tersendiri, salah satunya adalah jajanannya. Jajanan khas Betawi ini akan membuat kamu selalu ingat tentang indahnya ibukota Jakarta yang kita cintai.     
Buat teman-teman yang sedang liburan ke Jakarta atau tinggal di jakarta, apakah teman-teman sudah mencoba 10 jajanan khas Betawi ini? Saya urutkan dari yang paling enakya ya menurut saya…

1. Kerak Telor


“Kerak Telor” adalah jajanan yang cukup sulit ditemui setiap harinya, tapi kamu pasti akan menemukannya saat event Pekan Raya Jakarta (PRJ), karena disana banyak sekali pedagang kerak telor yang akan kamu temukan. Atau kamu bisa menemukan Kerak Telor ini di event Car Free Day, di pusat Jajanan di Monas, atau saat event-event besar yang melibatkan budaya Jakarta.
Jajanan khas Betawi ini dibuat dari bumbu-bumbu, ketan putih dan telur, kamu bisa memilih ada telur ayam atau telur bebek, kata sebagian orang sih telur bebek lebih enak.
Cara memasaknya cuku punik. Kerak telor dimasak diatas bara api, namun sesekali pedagang membalikan wajannya sambil dikipas-kipas agar terpanggang merata, hebatnya kerak telor sama sekali tidak jatuh.
Setelah matang, kerak telornya akan ditaburi bawang goreng dan serundeng lalu dibungkus dan siap disantap deh. Rasanya gurih-gurih manis bercampur pedas dan pulen dari ketannya. Nikmat sekali rasanya.

2. Selendang Mayang





Selendang mayang adalah jajanan yang saya suka setelah kerak telor. Jajanan ini terbuat dari adonan tepung beras lalu dicampur dengan air santan, diberi sirup dan es batu.
Kekenyalan yang dihasilkan dari selendang mayang pasti akan membuat kamu ketagihan dan buat saya sendiri sih tidak cukup hanya satu gelas/mangkuk, maruk, ya? Nggak apa-apa namanya juga doyan.
Selendang mayang sangat susah dicari. Biasanya ada selendang mayang hadir pada event-event besar betawi. Jika kamu kebetulan melihat pedagang selendang mayang ini di suatu tempat, kamu harus beli dan cobain bagaimana rasanya.

3. Asinan Betawi


Apa bedanya dengan asinan di Bogor? Hal ini masih menjadi misteri buat saya, karena di Bogor sendiri juga mempunyai asinan (tapi bukan Asinan Blogger) yang mirip dengan asinan Betawi. Kalau menurut saya sih beda, terutama dari saus/kuah yang disiram ke bahan-bahan asinannya. Jika Asinan Bogor menggunakan kuah dari cabai yang direbus, sedangkan Asinan Betawi menggunakan saus kacang yang sedikit encer.
Dari informasi yang saya dapat (pedagangnya) dan sudah saya coba (makanannya), asinan Betawi terdiri dari sayuran seperti kol, wortel, tauge, mentimun, sawi, dan tahu yang disiram dengan saus cuka kacang yang diberi kacang goreng dan kerupuk diatasnya. Endeus lah pokoknya
Jajanan ini cocok untuk kamu yang suka rasa asin, asam, manis, pedas, pokoknya nano-nano deh.

4. Kue Cente Manis

Foto by jakartacatering.com
Jajanan ini memiliki penampilan yang terlihat manis kalau dilihat, rasanya lembut dan agak kenyal akan memanjakan lidahmu. Bahan utamanya adalah tepung hunkwe dan santan.
Bulir-bulir yang kamu rasakan saat memakannya adalah sagu mutiara yang sudah matang. Kue ini bisa kamu temukan di pusat jajanan khas betawi atau di pasar-pasar.

5. Kue Cucur

Foto by jakartacatering.com
Jajanan khas yang satu ini mempunyai warna coklat, mempunyai bagian yang tebal ditengahnya, pada bagian pinggirnya kering berenda yang kalau kamu gigit akan terasa gurih dan renyah.
Kue cucur terbuat dari tepung beras, lalu warna coklatnya berasal dari gula merah. Rasa yang manis kenyal ini pasti akan membuatmu ketagihan.
Walaupun sekarang tak banyak penjual kue cucur, tapi kamu bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional.

6. Es Doger


Es Doger, jajanan khas Betawi yang sangat cocok disantap saat siang hari, karena akan mendinginkan suasana hatimu yang lagi kepanasan, hehe.
Tidak banyak orang yang tahu kalau ‘doger’ adalah singkatan dari dorong-gerobak. Kamu pasti juga baru tahukan? Saya juga baru tahu karena diberitahu oleh pedagangnya.
Es Doger terdiri dari es dengan parutan kelapa, lalu diberi toping tape, ketan hitam, potongan roti, dan pacar cina lalu disiram susu diatasnya. Kombinasi sempurna ini dijaminakan melegakan tenggorokanmu.

7. Kue Cubit


Siapa yang tak kenal dengan jajanan yang satu ini? Jajanan yang sudah dibuat bermacam-macam rasa ternyata berasal dari Betawi.
Kue mungil yang manis dan lembut ini biasanya ditaburi coklat meses diatasnya, dan paling enak dimakan saat baru diangkat dari loyangnya. Kue cubit sangat digemari oleh semua orang terutama anak-anak kecil, karena biasanya banyak ditemui di tempat jajanan sekolahan.
Kue cubit sekarang berubah menjadi dua macam, kue cubit yang matang dan setengah matang, tapi keduanya mempunyai penggemarnya tersendiri. Kamu lebih suka yang mana?

8.  Kue Pancong


Kue asli betawi yang terbuat dari tepung beras dan dicampur parutan kelapa ini sangat pas dimakan waktu masih hangat.
Rasa kelapa yang gurih lalu dicocol dengan gula pasir adalah kombinasi yang sangat pas. Pastinya kamu bakal ketagihan kalau mencobanya.

9. Kue Talam

Foto by jakartacatering.com
Kue ini sangat mungil namun memiliki rasa yang besar. Citarasa yang legit, manis dan agak lengket ini enak banget. Kamu pasti ga cukup kalau cuma makan satu.
Kue talam ini terbuat dari tepung beras ketan, lalu dimasak dengan santan dan gula, setelah itu dikukus. Gampang ya sepertinya?

10. Kue Dongkal


Menurut saya ini makanan yang paling langka diantara Sembilan makanan diatas. Yap, kue dongkal sudah sangat jarang ditemui, benar-benar sangat jarang. Bahkan anak-anak muda betawi pun banyak yang tidak tahu tentang kue dongkal.
Terdiri dari tepung beras dan gula merah, diatasnya ditaburi kelapa parut. Rasanya manis dan gurih, membuatmu ingin terus menyantapnya

11. Kue Cincin

Foto by jakartacatering.com
Kue cincin adalah salah satu favorit saya pada waktu kecil, walaupun sampai sekarang saya juga ga nolak kalau dikasih hehe. Kue ini disebut kue cincin karena berbentuk seperti cincin, warna coklatnya berasal dari gula merah, manis dan enak cocok disantap dengan teh atau kopi. Biasanya kue ini disajikan ketika ada pernikahan atau pada saat lebaran.

Demikian 11 jajanan khas betawi menurut saya, mungkin teman-teman bisa menambahkan jajanan khas betawi lainnya. Buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba gimana rasanya jajanan khas betawi seperti diatas, kamu bisa memesannya disini jakartacatering.com.

*Foto sebagian dari searching di google

44 comments:

  1. Selendang Mayang dan kue dongkal belum pernah aku coba mba. kayaknya kue dongkal udah langka ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayaknya udah langka, tp kayaknya di pasar2 tradisional gitu masih ada gak ya?

      Delete
  2. Replies
    1. Akupun sukaaaaaa, kenyal2 lembut dan manis. Wuh

      Delete
  3. Kerak telo pernah nyoba tp kurang cocok apa mgkn beliny kudu ke Jakarta ya. Kl yg lain kue pancong tuh aku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kue pancong aku sukaa banget, kerak telor tergantung yg bikin sih, di Jakarta banyak tp klo ktmu yg gak enak ya sama aja ya hehe.

      Delete
  4. Jadi kangen pengen makan asinan Betawi. Kenal asinan itupun karena dikasih sama teman suami yang asli sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy jg udah lama gak makan asinan betawi.

      Delete
  5. Aku pernah sekali makan kerak telor di Jakarta, trus doyan. Pulang ke Malang, susah cari yang rasanya sama. Btw mbak, aku pengen banget Selendang Mayang, belom pernah nyobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sy jg doyan sama kerak telor. Klo Selendang mayang kayaknya bisa bikin sendiri ya.

      Delete
  6. Ujan-ujan gini... Makan asinan betawi, kayanya muanteebbbb tuch... :D
    Jadi KEPENGEN!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mantep bgt, seger2 gitu rasanya.

      Delete
  7. Itu makanannya bikin kangen aja nih, laper :)
    Pengen deh makan kerak telor sekarang, disaat hujan pula .. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kerak telornya yg sedikit pedes ya :D

      Delete
  8. Banyak ya ternyata. Saya pernahnya kerak telor aja. Pengen tuh selendang mayangnya ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy jg masih pengen nyobain selendang mayang hehe.
      Udah lama gak nyicip jajanan ini.

      Delete
  9. Wah kue dongkal kyknya enak tu? Tapi aku bm pernah nemu.
    Kalau kue pancong di sby dulu aku nyebutnya rangin mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rasanya gurih2 manis gitu mbak. AKu baru sekali sih nyobain kue ini :D

      Delete
  10. Di Cianjur juga banyak. Dan diakui sebagai jajan pasar khas cianjur juga. Hahaha padahal bahan dan nama sama an juga.

    Btw asinan nya bikin nelen ludah ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kadang bentuknya sama, tp namanya doank yg beda.
      Jd emg pada intinya sih jajanan pasar di Indonesia itu emg sama ya mbak hehe

      Delete
  11. makanan betawi adalah rasa yang baru di lidah aku.... dan ternyata yang paling aku doyan aku suka adalah asinan betawi.. sukkakkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, aku jg favorite asinan betawi nih cha.
      Segerr bgt

      Delete
  12. Udah nyoba kerak telor nih, makin pengen ke Jakarta nih nyicip makanan Betawi hehhe Gubernur baru euy, nunggu open house xixixi...

    ReplyDelete
  13. wah beberapa sudah coba, kalau aku juag suak soto betawi, mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, soto betawi juga mantap bgt ^^

      Delete
  14. Oh itu kue dongkal. Pernah lihat di abang-abang tapi ga paham apaan

    ReplyDelete
  15. Kue cente manis sama, kerak telor.... pengen nyobaaaaa >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cente manis mah banyak dan mudah ditemui

      Delete
  16. es doger ternyata dari betawi ya, kirain teh sunda mel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg sebnernya kurang tau bgt ini aslinya dr mana :D

      Delete
  17. Dari makanan di atas, semua udah pernah dicoba. Dan saya baru tau klo nama asli awugawug itu kue dongkal. Btw kalo kue rangi itu khas betawi juga bukan mba?

    ReplyDelete
  18. hmm baru tau cucur asli betawi, kirain dari sunda
    suka banget cucur dan kue cincin
    kue cincin kalo di sunda mah namanya aliagrem yah

    ReplyDelete
  19. belum pernah nyoba kerak telor.. dari dulu penasaran padahal. ntr klo k jkt n nemu penjual kerak telor mau ah

    ReplyDelete
  20. es doger tu khas betawi yah mba ?
    aku baru tau malahan eheh
    fafort baget ini aku, apalaig waktu jaman kuliah suka minum es doger dideket masjid kampus :D

    ReplyDelete
  21. aku baru tahu Mel, Kue cucur dari betawi. Kue cucur adalah camilan paling kusuka loh

    ReplyDelete
  22. Duh ini aku suka semua makanannya. Enak-enak semua.

    ReplyDelete
  23. Aku udah coba semua, kecuali kerak telor malah yang belom hiks. Paling suka kue cubit, liat selendang mayang kayaknya seger ya, manis-manis gitu

    ReplyDelete
  24. Kerak telor mah kesukaan aku banget dari dulu. Lagi kecil kalau liburan dan ke PRJ, pasti deh cari kerak telor

    ReplyDelete
  25. Banyak amat nih yang belum aku coba. Yang udah cuma kue cubit, pancong,dan cucur. Kalo k jkt beliin yo mel hihi

    ReplyDelete
  26. Wah, aku baru tau juga es doger itu singkatan dari dorong gerobak :D
    Btw, dari semuanya jajanannya, cuma kue dongkal yang aku belum pernah coba. Tebakan ku mungkin rasanya mirip kue putu kali ya? jadi penasaran.. :)

    ReplyDelete
  27. Sama dg mba wayaa, baru ngeh kpo.doger itu singkatan. Hahaha

    ReplyDelete
  28. asinan betawi, es doger, sm dongkal deh yang favorit ayee mpok hahaha

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu