Sunday, 11 February 2018

Ternyata Seperti Ini Membuat Mobil di Pabrik Mitsubishi


Saya rasanya senang banget waktu kemarin dapat notif, untuk diajak jalan-jalan seharian ke pabriknya Mitsubishi. For you info, brand Mitsubishi ini nggak asing banget dalam kehidupan saya, karena kebetulan oom saya kerja di Mitsubishi. Setiap hari di rumah (waktu saya masih tinggal di rumah si oom) penuh dengan logo dan brand Mitsubishi. Dan dari sejak saya menjadi blogger lalu lumayan sering diundang oleh brand otomotif, saya menantikan banget untuk bisa bekerja sama atau diundang oleh Mitsubishi. Well, saya penasaran karena Mitsubishi ini memang salah satu brand otomotif berkelas dan sudah nggak perlu diragukan lagi kemampuannya di jalanan. 

Jadi, saat ada tawaran seperti kemarin untuk berkunjung ke pabrik Mitsubishi, sudah pasti nggak bakal saya lewatkan kesempatan baik itu, yang diberi tajuk, Xpander - Your Next Generation MPV Plant Tour . Tepatnya tanggal 7 Februari 2018 yang lalu. Saya bersama teman-teman blogger (ISB) dan Mobil 123, portal otomotif no1 di Indonesia, juga ada sebagian dari komunitas blogger Kompasiana, kami mengunjungi pabrik Mitsubishi yang ada di Cikarang. Yang peresmiannya dilakukan bulan April 2017 lalu oleh Presiden RI, Bpk Joko Widodo. Pabrik yang luasnya mencapai 30 hektar ini lokasi tepatnya ada di komplek Greenland International Industrial Center (GIIC) Kota Deltamas, Cikarang Pusat. 

Perjalanan kami dari FX Senayan, tempat meeting poin dan penjemputan hingga sampai di lokasi memakan waktu sekitar 2 jam setengah, plus sedikit macet di jalanan. Sesampainya di pabrik yang bernama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) ini kami disambut oleh hujan gerimis yang menyejukkan cuaca hari itu, yang biasanya terkenal dengan cuaca panas. Di pabrik yang di Cikarang ini Mitsubishi khusus memproduksi mobil Pajero Sport, L300 dan Xpander yang menjadi topik utama dalam kunjungan hari itu. Dalam kunjungan itu kami dibagi perkelompok dan mendapatkan penjelasan proses pembuatan mobil yang dibagi 3 bagian di 3 gedung yang berbeda. Pertama Stamping, tempat pengepresan, welding, dan juga assembling - perakitan. Yang keseluruhan produksinya atau pengerjaannya 40% menggunakan robot. Dalam waktu 1 jam mampu menghasilkan 23 unit mobil, sehari bisa 175 unit. Pabrik Mitsubishi yang di Cikarang ini punya kapasitas 5000 karyawan, lengkap dengan fasilitasnya seperti kantin, koperasi, masjid, loker yang mampu menampung 1000 orang, parkir yang luas untuk motor maupun mobil.

Foto: Tempo
Namun, sebelum kami mengelilingi pabrik dan mendapat info lebih banyak tentang komponen-komponen pembuatan mobil di pabrik Mitsubishi, kami mengikuti rangkaian acara press conference terlebih dahulu. Acaranya sendiri dimulai sekitar pukul 2 siang, yang dihadiri oleh petinggi-petinggi atau bosnya Mitsubishi, di antaranya Mr Takao Kato, Presiden Director MMKI yang menjelaskan tentang company overview, company site, produk, serta plant kedepannya. Mr Kato juga menjelaskan bahwa Mitsubishi mengikuti standar global dalam kualitas produksinya sehingga ekspor ke negara-negara ASEAN. Ada juga Mr. Kyoya Kondo, President Director PT. Mitsubishi Motors.



Selain itu ada juga Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar, seorang pembalap nasional yang sudah menorehkan banyak prestasi di dunia international. Yang hari itu ikut menjelaskan dan juga mengenalkan Xpander dan juga kelebihan-kelebihannya. Xpander yang mulai dipasarkan pada event GIIAS September 2017 lalu sudah menarik minat banyak penggemar otomotif, terhitung hingga saat ini Xpander sudah mendapatkan pemesanan sebanyak 50 ribu unit mobil. Namun walaupun peminat Xpander ini sangat banyak, MMKI komitmen untuk memberikan produk berkualitas. Karena inginnya Xpander dipasarkan dalam jangka waktu yang lama. Dan Xpander sendiri nantinya produksinya bukan hanya untuk domestik saja, tapi 2018 ini akan diekspor ke luar negeri. So, kebayang kan? Bagaimana besar pabriknya? 

Foto oleh Tempo
Sedikit tentang Xpander yang saya ketahui dari hasil mengikuti plant tour kemarin itu. Xpander merupakan model MPV Mitsubishi pertama yang diuji oleh ASEAN NCAP (New Car Assesment Program). Xpander sendiri didesain khusus untuk pasar Indonesia, supaya generasi sekarang bisa menikmati mobil yang nyaman dan aman dalam berkendara. Salah satu kelebihan Xpander ini adalah omotenashi, yakni xpander punya 19 tempat penyimpanan yang bisa dimanfaatkan. Space buat kaki penumpang maupun drivernya sendiri luas, punya mesin 1500cc, ringan namun efisien. Dilengkapi juga dengan fitur Safety Assist Technology yang disebut dengan Emergency Stop Signal. MPV seven seater ini juga memiliki dual airbags.
Dalam kunjungan kemarin itu juga, kami diajak untuk melakukan test drive dengan Xpander, walaupun hanya menjadi penumpang, saya mendapatkan penjelasan dari guide yang menemani, kalau Xpander ini punya tingkat kestabilan yang baik saat dikendarai dalam kecepatan tinggi. Saat pengereman mendadak terasa sekali, karena memiliki sistem ABS yang pakem dan roda tidak mengunci. Sistem suspensinya juga mengadopsi teknologi Lancer Evo X. Banyak sekali deh kelebihannya. Bodynya juga keren. Pantas saja kalau Xpander ini peminatnya banyak.

24 comments:

  1. suka konstruksi dan performa XPandernya :)

    ReplyDelete
  2. Mantap ya jika designya cocok utk masyarakat Indonesia, yg penting bagian kakinya sama-sama luas jadi tetap nyaman meski dlm perjalanan jauh. Keren euy body Xpander

    ReplyDelete
  3. wihh seru jalan2nya ya, informatif pula. Btw, naksir bgt sama si Xpander ini nih..

    ReplyDelete
  4. XPander emang gagah, gak hanya dilihat dari segi bodynya aja, tapi juga saat menjajalnya dijalanan pas test drive kemarin, tangguh euy :)

    ReplyDelete
  5. keren euy. Xpander kapan saya beli ya hahaha...

    ReplyDelete
  6. Body keren, interior luas, mobil selerakuu

    ReplyDelete
  7. Xpander ini emang keren. Salah satu yang pasti gw beli kalau emang ada bujet beli mobil! Seru kayaknya, kangen nih berkunjung ke pabrik dst.. sayang kemaren waktunya ga pas

    ReplyDelete
  8. Ini mobil barunya Mitsubishi ya? Lebih beda dari yang lainnya. Bodynya nggak terlalu gede.

    ReplyDelete
  9. Beruntung bisa ikut visit dan test drive Xpander, seruu

    ReplyDelete
  10. Mobil ini emang maknyus, lapunya cukup tinggi...

    ReplyDelete
  11. Mobil idaman yak Mel. Keren yak Spesifikasinya. Interiornya menakjubkan. Nangkring kek satu di rumah saya yaaa... Aamiin hehee

    ReplyDelete
  12. Pengalaman seru ya Mel, bisa langsung liat proses perakitannya....apalagi saat testdrive bikin jadi penasaran pengen punya ...Amin

    ReplyDelete
  13. Seru banget bisa liat langsung perakitannya..

    ReplyDelete
  14. Mitshubishi sudah tidak diragukan lagi dalam membuat mobil. Dan XPander ini adalah mobil impian keluarga kecil aku.

    ReplyDelete
  15. Suru ya Mba Melly bisa melihat langsung pembuatan mobil di pabriknya. Pasti jadi pengalaman yang tak terlupakan ya Mba.

    ReplyDelete
  16. Mobil ini masa tunggu (pemesanannyap lumayan lama di Kalbar. Laris manis agalnya

    ReplyDelete
  17. Wow keren yah pamannya kerja di Mitsubishi juga. Jadi udah ngelotoklah yah soal brand yg satu ini mbak Mell hehe 🤗

    ReplyDelete
  18. Jangan lupa stirnya bisa di sesuaikan sama dirimu.. itu juga kalau gak ada yang lamar jadi sopirnya. Hehehehe

    ReplyDelete
  19. ini too yg bikin si Xe*** ketar-ketir. ajib modelnya futuristik

    ReplyDelete
  20. suka sama kabin xpander... luas banget

    ReplyDelete
  21. Wah asyik nih jalan-jalan ke luar kota yang tidak terlalu ramai dengan xpander.

    ReplyDelete
  22. Ihhhh kepengen dehhhh ikut test drive.

    ReplyDelete
  23. sukak sama mitsubishi, dulu papahku sempet punya yg mitsubihi lancer dan terakhir ganti pajero, ini xpander keren jugaaa

    ReplyDelete
  24. Desain Xpander ini memang kece ya mbak, udah kelihatan bentuk bodynya dari depan. Mobil idaman ini mah

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu