Sunday, 20 May 2018

5 Tips Mudik Aman Dengan Transportasi Umum


Bulan Ramadhan ini menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Karena pada bulan ini, setiap warga muslim tanah air menjalankan ibadah puasa dan nantinya akan merayakan lebaran dengan keluarga di kampung halaman. Pada waktu menjelang lebaran ada yang memilih untuk mudik ke tempat tinggal asal dengan kendaraan pribadi dan transportasi umum.
Mudik dengan transportasi umum kini menjadi bagian kehidupan masyarakat Indonesia. Selain waktu yang fleksibel, Kita hanya perlu duduk manis dan menunggu sampai ke tempat tujuan dengan menghemat pengeluaran. Namun, di perjalanan kita pastinya akan bertemu dengan berbagai macam orang dengan kepentingan yang berbeda-beda. Untuk itu, ada tips mudik aman dan nyaman dengan transportasi umum.

1. Perencanaan matang
Pada tahap awal, Kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk menempuh perjalanan jauh ini. Pertama kita bisa cari tiket pesawat murah, bis atau kereta api sebagai moda transportasi. Selain itu, rencana perjalanan memengaruhi barang yang dibawa juga. Usahakan tidak terlalu membawa banyak barang karena akan mempengaruhi tingkat kewaspadaan kita di perjalanan nanti.

2. Membawa uang secukupnya
Saat Kita berpergian jauh untuk mudik, selalu diingat ya bahwa tak semua tempat di dunia itu aman. Usahakan untuk membawa uang secukupnya dan simpanlah pada tempat yang aman seperti bank. Jadi jauh lebih baik membawa kartu ATM atau kredit saja, nanti setelah sampai tujuan baru ambil uang cash. Selalu sedia uang receh untuk keperluan penting seperti makanan, minuman hingga memasuki toilet di terminal bis ataupun stasiun bila mengenakan tarif.

3. Jangan tampil mencolok
Berpenampilan mencolok dengan mengenakan pakaian atau perhiasan berlebihan tentu akan mengundang aksi kriminal. Tampil lebih sederhana tentu akan lebih baik. Perhatikan pula pakaian serta dandanan. Pakaian dan dandanan mencolok juga bisa mengundang perhatian dari orang-orang sekitar.

4. Selalu waspada
Langkah baik untuk mudik dengan kendaraan umum adalah selalu waspada dan tetap menjaga diri. Kita perlu berhati-hati dengan orang yang baru dikenal. Tak perlu tergiur dengan tawaran orang yang baru dikenal seperti makanan atau minuman. Cukup bawa perbekalan sendiri yang bisa kita nikmati kapan pun. Selain itu, kita juga bisa membawa obat-obatan pribadi untuk antisipasi bila menderita sakit di perjalanan.


5. Hindari tempat sepi

Terkadang, kita diharuskan transit dan menunggu kendaraan umum lainnya untuk membawa kita tempat tujuan berikutnya. Lebih baik pilih tempat menunggu yang tidak terlalu sepi dan ada penjagaan dari security atau CCTV. Terlebih jika kita mudik seorang diri. Jadi pilih tempat yang cukup ramai untuk menunggu, sembari mengawasi barang yang kita bawa.

1 comment:

Tinggalkan Jejakmu