Tuesday, 11 September 2018

Cara Sederhana Meredakan Panas Dalam


Di bulan September kemarin saya dan teman-teman kehilangan satu sahabat blogger, teman yang kami kenal baik, pribadinya ceria dan ramah kepada semua orang. Dan yang kami sangat tau, dia rajin banget berolah raga untuk menjaga kesehatannya. Tapi, dia menyimpan satu rahasia tentang sakit yang dirasakan. Hingga ia akhirnya kalah dan meninggalkan kami semua. Sedih, sangat sedih, masih nggak percaya jika dia sudah pergi. Nggak menyangka, karena fisiknya terlihat segar dan orangnya yang selalu positif.

Kehilangan dan kepergian teman blogger ini membuat saya semakin sadar, bahwa apapun yang ada di dunia ini memang nggak ada yang abadi, semua akan kembali ke asalnya. Kematian menjadi pengingat, agar kita nggak boleh lalai dengan prioritas yang harus kita jalankan dalam kehidupan ini, yaitu menjaga Ibadah dan menjaga kesehatan, jiwa maupun raga. Karena ada banyak sekali penyakit yang tak terlihat, yang kita pikir baik-baik saja dan kita nggak sadar itu, tapi ternyata sangat berbahaya. Jika nggak ditangani dengan benar, ini akan menjadi resiko dan menggangu kesehatan.
Ada yang saya catat dari pengingat kematian dari kepergian teman blogger ini. Walaupun kita rajin berolah raga, tapi ada satu hal yang nggak boleh dilewatkan. Yaitu memenuhi kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Pola tidur yang berantakan karena sering begadang menjadi salah satu penyebab imun tubuh menjadi lemah dan mudahnya virus-virus jahat masuk ke tubuh. Ditambah dengan kurangnya asupan gizi yang seimbang, karena makanan yang dikonsumsi nggak terlalu diperhatikan kebersihan dan kandungan nutrisinya.



Ini menjadi pelajaran penting buat saya, untuk lebih menjaga kesehatan, apalagi sekarang pekerjaan saya lebih banyak di rumah, menjadi freelancer yang waktunya lebih fleksibel tapi jadi seringnya lupa memperhatikan hak tubuh untuk beristirahat dengan semestinya, sering begadang, kurang tidur, karena harus menyelesaikan draft tulisan yang dikejar deadline, bangun kesiangan. Siang jadi malam, malam jadi siang, pola makan berantakan dan nggak terkontrol, lelah mata seharian di depan laptop, smartphone, karena pekerjaan semuanya terkoneksi internet dan kurangnya buat menghirup udara segar, juga interaksi dengan orang-orang. Ini nggak sehat, benar-benar nggak sehat.


Pola hidup yang seperti ini harus segera diubah, mumpung sebentar lagi tahun baru hijriah, ada resolusi yang musti  saya perbaiki, terutama untuk lebih meningkatkan lagi amalan ibadah dan mengolah kembali pola hidup sehat. Karena beberapa bulan belakangan ini saya keseringan begadang yang mengakibatkan tubuh saya jadi mudah terkena panas dalam. Yang gejalanya langsung terasa, seperti bibir pecah-pecah, tenggorokan kering hingga radang tenggorokan, sariawan dan susahnya buang air besar (BAB). Kalau sudah begini, saya mulai stok Larutan Cap Kaki Tiga, minuman pereda panas dalam yang mudah dicari dimana-mana. Untuk memulihkan kondisi tubuh, saya minum Larutan Cap Kaki Tiga botol ukuran kecil yang takarannya pas untuk sekali minum. Saya pilih Cap Kaki Tiga karena resepnya turun temurun dipercaya mampu meredakan panas dalam selama lebih 80 tahun, sejak dilaunching tahun 1937 di Singapore oleh Wen Ken Drug. Dan masuk ke Indonesia itu sekitar tahun 1978, dan sampai saat ini, Larutan Cap Kaki Tiga sudah banyak dikonsumsi keluarga Indonesia dan jadi andalan kalau gejala panas dalam mulai terasa.


Dan enaknya sekarang, Larutan Cap Kaki Tiga punya banyak varian rasa, nggak hanya varian original/plain (tawar) saja yang lebih seperti air putih. Varian rasa ini cocok buat anak-anak dan mereka yang kurang dengan rasa tawar. Ada Jambu, Leci, Jeruk, Jeruk Nipis, Melon, Stroberi, dan Anggur. Varian rasa ini nggak mengurangi manfaat Larutan Cap Kaki Tiga. Ukuran botolnya juga beragam, jadi enak dibawa kemana-mana. Ada ukuran 200ml (Karton isi 40 botol seperti stok saya ini. Ada 2 kemasan, kaleng dan botol dengan ukuran 500ml dan 320ml. Larutan Cap Kaki Tiga juga punya varian rasa khusus anak-anak. Namanya Larutan Cap Kaki Tiga Anak, edisi Disney.


Karena panas dalam itu nggak enak, rasanya tubuh jadi nggak segar, bikin malas untuk bergerak, apalagi jika sudah asik di depan laptop, bisa duduk seharian. Kalau lagi nggak sempat masak, saya selalu beli makanan di luar, makanan cepat saji atau masak mie instan yang praktis dan cepat. Padahal, ini sangat nggak baik, kan? Huhu.

Dan, untungnya saya itu penggemar air putih, minum air putih itu bukan lagi kebutuhan tapi sudah menjadi hobi, saya suka banget minum air putih. Karena menyadari bahwa mencukupi minum air putih jadi salah satu cara sederhana untuk menghindari terkena panas dalam. Dengan minum minimal 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan air minum  per hari dan cairan di dalam tubuh.

Eh, tapi pernah penasaran nggak sih? Kenapa Larutan Cap Kaki Tiga yang berwarna bening dan nggak ada rasa ini bisa bermanfaat buat pereda panas dalam? Dulu mikirnya ini kan sama seperti minum air putih biasa. Kok bisa membantu menyegarkan tubuh? Aman nggak Larutan Cap Kaki Tiga untuk Ibu hamil dan anak-anak?


Setelah mencari tahu apa itu Gypsum Fibrosum dan Calcitum, mineral alami dan menjadi komposisi yang terkandung di dalam Larutan Cap Kaki Tiga, yang dipercaya dan bermanfaat untuk meredakan panas dalam. Saya mulai paham mengapa warna dan rasanya seperti itu. Mengutip dari berbagai sumber, Gypsum Fibrosum ini merupakan bahan dasar dalam pengobatan tradisional China. Penampakannya berupa batu yang berongga dan dapat hancur menjadi bentuk granula, warnanya bening hingga putih. Makanya dalam larutan Cap Kaki Tiga warna dan rasanya seperti air putih biasa. Oh, ya, Larutan Cap Kaki Tiga ini sudah terdaftar resmi di MUI dan juga BPOM RI, jadi aman untuk dikonsumsi siapa saja.


Balik lagi ngomongin kesehatan, buat menjaga tubuh tetap sehat itu memang nggak gampang, butuh kedisiplinan diri dan komitmen untuk menjalani pola hidup sehat. Banyaknya orang sakit dan penyakit yang datang harusnya memang membuat kita lebih peduli lagi sama kesehatan tubuh. Tanda-tanda kecil ketika kesehatan mulai terganggu jangan sampai disepelekan. Jika tubuh sudah memberi alarm, harus segera mencari tau sebab dan akibatnya dan berkonsultasi untuk mencari solusi penanganan terbaik.

46 comments:

  1. [url=http://www.youtube.com/]http://www.youtube.com/[/url]

    http://www.youtube.com/

    http://www.youtube.com/

    ReplyDelete
  2. Iya nih kalau Panas dalam ingetnya Salam larutan cap kaki tiga buat meredakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku juga sering minum larutan cap kaki tiga.

      Delete
  3. Ini Termasuk produk lokal yang bisa bertahan lama. Panas dalam, identik denga Cap Kaki 3 ^_^

    ReplyDelete
  4. Duh kalau ini mAh langgananku Dari jaman dulu. Kalau sakit tenggorokan atau demam dikit minum ini enakan deeeh

    ReplyDelete
  5. Wah iya benar, menjaga kesehatan itu penting sekali ya kak, mengingat penyakit sekrang sulit di deteksi bahkan datangnya secara mendadak ibarat cinta datang dengan sendirinya ya, oh ya akupun gitu, akhir-akhir ini sering panas, bibir pecah2 akhibat cuaca yang panas dan terlebih mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan ya, duhh tapi aku udah ada soluisnya juga ya minum Cap Kaki 3 ya kak, biar nggk panas dalam dan terhindar dari bibir pecah2 hikss

    https://yopi-saputra.blogspot.com
    Yopi saputra

    ReplyDelete
  6. ini andalanku sejak dulu 😁. Apalagi klo pas lebaran idul fitri. Biasanya sedia minuman ini untuk jaga2

    ReplyDelete
  7. Tiap gejala panas dalam terasa, salah satu yang kubeli di toko ya minuman andalah sejak kecil hahahahahha. Tapi minumnya pas lgi mau ada rasa-rasa panas dalam saja

    ReplyDelete
  8. Yup, olahraga dan tidur cukup itu memang harus seimbang. Banyak orang yg hanya mengutamakan olahraga, tapi tidurnya kurang.


    Btw, cap kaki 3 ini emang legend banget. Dari kecil selalu minum inj kalau panas dalam :)

    ReplyDelete
  9. aku suka minum yang rasa leci kak. seger rasanya

    ReplyDelete
  10. kalau sudah makan segala macem memang korbannya tenggorokan yaa Mel. Aku juga sukaaaa larutan ini

    ReplyDelete
  11. ini juga minuman favorit kami sekeluarga

    ReplyDelete
  12. Selain rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat, rutin juga ngecek kesehatan ya, Mel :)

    ReplyDelete
  13. Mel, koq sama sih ya minuman favoritnya kalo lagi panas dalam sama Bunda and cucu bunda. Btw Mel, tambah kinclong aja ppake jilbab, tambah cantik. Kangen gak sih sama bunda?

    ReplyDelete
  14. Aku suka yang kalengan rasa rasa Mbaaak.... Hihihi, tapi yang tawar kalau dingin juga enak, ga kalah seger....

    ReplyDelete
  15. Kesehatan itu emang mahal harganya, makanya harus kita sebaik-baiknya. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

    ReplyDelete
  16. Pola hidup sehat memang penting banget ya Mel untuk menjaga kondisi tubuh. Olah raga niiihh aku yang belum jalankan.
    Kalau panas dalam aku juga suka banget minum Cap Kaki Tiga ini. Segeeeerrr....

    ReplyDelete
  17. Sejak dulu, setiap ada yang panas dalam, selalu disaranin minum larutan penyegar cap kaki tiga ini ��

    ReplyDelete
  18. Saya kalo BAB tidak lancar juga minum ini mba.. Sudah dr kecil konsumsi cap kaki tiga

    ReplyDelete
  19. Kalau aku jarang begadang, Mbak, sekarang. Aku lebih milih tidur lebih awal bareng anakku, nanti jam 2 atau 3 bangun untuk menyelesaikan deadline.

    ReplyDelete
  20. Kita baru tahu betapa bersyukurnya saat sehat ketika penyakit hinggap.

    Setuju sama mba Eryvia, mencegah lebih baik daripada mengobati.

    ReplyDelete
  21. Kita memang harus jagain tubuh, jangan sampai meleng

    ReplyDelete
  22. Aku suka minum larutan yg tawar. Tapi kalau ponakanku minum yg anak. Pernah tuh ikut nyobain yg stroberi. Enak ternyata. Tetep jaga kesehatan deh

    ReplyDelete
  23. sedih y mba kehilangan salah satu teman dan memang virus mah masuk seenaknya pdhl kita dh jaga semaksimal mgkn

    btw larutan cap kaki tiga uda jd anadalanku wejak kecil klo skrg sukanya rasa leci diminum dingin beuh seger nikmat bgt

    ReplyDelete
  24. Andalan banget ya ini. Aku juga dari dulu jaman kecil pasti dikasihnya cap kaki tiga klo panas daleem

    ReplyDelete
  25. Saya juga suka minum larutan ini, segar dan menyehatkan. Tapi saya sukanya yang dalam kaleng, apalagi yang baru keluar dari kulkas. Diminum siang harihem segaaarrr.

    ReplyDelete
  26. Seringkali kita diingatkan tentang kesehatan bila ada teman atau kerabat yang sakit atau wafat ya, Mel. Atau malah kita yang kena sakit. Kalau panas dalam begini juga saya langsung ingatnya Cap Kaki Tiga. Udah gak pakai mikir-mikir lagi solusinya

    ReplyDelete
  27. Minuman langganan aku nih kalau lagi sariawan

    ReplyDelete
  28. larutan cap kaki tiga cocok banget buat penyuka makanan pedas kaya aku biar ga panas dalam

    ReplyDelete
  29. Wahh betul mba, apalagi saya yang selalu begadang tiap malam hikss, patut dicoba ahh, biasanya sih cuman air putih aja, makasih mba, jadi pengingat ini bahwa kita harus jaga kesehatan minimal harus sehat dulu dgn gaya hidup yah. :)

    ReplyDelete
  30. Minuman tradisional yang terasa langsung khasiatnya.

    ReplyDelete
  31. Aku beberapa bulan lalu sempat panas dalam, dan kebetulan temanku bawa larutan cap kaki tiga botol gede aku dikasi satu buat nyobain, Alhamdulillah panas dalamnya sembuh.

    ReplyDelete
  32. Sering abai sama alarm yang sudah diberikan tubuh.
    Huhuu~
    Semoga sehat-sehat selalu..

    ReplyDelete
  33. Wah ini jg andalanku kalau panas dalam ��

    ReplyDelete
  34. Klo panas dalam serba gak enak. Makanan juga jadi rasa aneh gimanaaa gitu. Untung slalu sedia Lasegar ya Mbak :)

    ReplyDelete
  35. Sejak saya masih kecil, yang saya tau orang tua saya beli larutan penyegar cap kaki tiga ini kalau pas panas dalam.

    Saya juga.. tapi saya lebih suka yang rasa buah. Hehehe.

    ReplyDelete
  36. banyak hikmah yang dapat diambil dr sebuah peristiwa ya. Turut berduka kelihangan teman blogger kita semua. bener banget Mel, meski lahir, jodoh, rejeki dan kematian adalah rahasia Allah. Manusia wajib berikhtiar menjaga kesehatan dan keselamatan. Hari ini semoga bisa beli larutan cap kaki tiga. Dari kemarin tenggorokanku panas, Mel

    ReplyDelete
  37. Larutan penyegar cap kaki tiga andalan banget kalau udah kena sariawan. Langsung deh beli ini.

    ReplyDelete
  38. Barusan aku belanja itu setengah lusin, termasuk barang yang rame di toko mertuaku Mba.
    heheheh emang manjur dia buat panas dalam

    ReplyDelete
  39. Minuman ini emang andalan bangeett mba!
    Larutan penyegar selalu ke setok. Rasanya seperti air putih membuat anak tidak menolak saat disodori ini minuman.

    Btw.
    Turut berduka cita atas meninggalnya sahabatnya mba

    ReplyDelete
  40. Bibirku tuh pecah-pecah. Udara panas dingin gini bikin kulit kering pula. Btw ada anjuran sehari minum berapa botol?

    ReplyDelete
  41. gak ada yg terlambat ya buat jaga kesehatan dari sekarang. Jangan lupa istirahat juga mel

    ReplyDelete
  42. Saat tenggorokan sudah terasa kering dan sakit, biasanya langsung minum larutan penyegar dan langsung terasa adem, deh

    ReplyDelete
  43. Andalan saya di rumah juga nih mbak, beneran kalau abis.minum.ini jadi lega

    ReplyDelete
  44. aku andalan deh kalau sedang panas dalam minumnya lasegar soalnya udah cocok banget. ana-anakku juga suka juga loh

    ReplyDelete
  45. Ibuku suka banget ini sampai nyetok dirumah cap kaki tiga. Karena bahan nya aman sih beliau kadang sering komsumsi apalagi udara panas, jadinya anakku juga suka cap kaki tiga karena sering minum bareng neneknya

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu