Thursday, 26 March 2015

Rumah Sakit: Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa


Saat pertama kali kaki saya melangkah di ruang lobby RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa yang berada di Parung, Bogor ini, saya tak merasakan ketakutan atau 'dingin'nya sebuah rumah sakit. Justru sebaliknya.. Memasuki area Rumah Sakit ini, saya merasakan adanya kenyamanan dan kedamaian serta kehangatan yang melingkupi hati. Seperti memasuki sebuah rumah biasa, bukan rumah sakit yang dindingnya penuh ketegangan dan kecemasan orang-orang didalamnya. Para pegawainya ramah-ramah, selalu tersenyum jika kita berpapasan, tidak ada tuh wajah-wajah angkuh atau wajah-wajah kelelahan dari mereka. Mungkin, karena rumah sehat ini dibuat dengan cinta kasih oleh tangan-tangan mereka yang begitu dermawan, menyisihkan rezekinya untuk saling membantu, meringankan beban sesama. Insya Allah.

Sabtu (21 Maret 2015) kemarin, Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk mengunjungi Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST-DD) bersama dengan teman-teman CJI (Citijen Journalism Indonesia), melihat langsung bagaimana kondisi Rumah Sakit ini, yang dengan tulus membantu warga yang kurang mampu untuk berobat. Bertempat di Aula Theater Zikir, Mbak Fariha Fia selaku Humas RST, memberi kami informasi tentang Rumah Sakit: Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Foto Bersama cr: @RST_DD
Kenapa disebut Rumah Sehat? Mengutip dari keterangan di website rumahssehatterpadu.or.id. RST-DD ini adalah model rumah penyembuhan bagi kaum dhuafa, yang memberikan pelayanan kesehatan secara gratis namun dengan pelayanan yang baik dan  fasilitasnya yang lengkap. Harapannya, adanya RST-DD ini mampu memberikan solusi bagi kaum dhuafa yang mungkin selama ini sulit untuk mendapatkan akses kesehatan. Karena selama ini kita sering mendengar banyak keluhan warga kurang mampu, betapa sulitnya mereka untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik, hal ini terkendala karena biaya rumah sakit yang mahal, tenaga medis yang ogah-ogahan menolong (yang mungkin pilih kasih). Mungkin seperti sebuah lelucon, "ada uang ada barang"-"Orang miskin dilarang sakit".

Dulunya pada tahun  2001, Dompet Dhuafa sendiri telah mendirikan Balai Pengobatan bagi kaum Dhuafa, yang memberikan akses layanan kesehatan. Balai Pengobatan ini dinamakan Layanan Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa (LKC-Dompet Dhuafa). Namun dengan berkembangnya waktu, layanan ini terasa kurang memadai  lagi dalam melayani pasien-pasien yang membutuhkan rujukan ke Rumah Sakit. Dari situ Dompet Dhuafa melalui Yayasan Rumah Sehat Terpadu mendirikan rumah sakit ini.

Ruang HCU (high care unit)
Visi Rumah Sakit RST-DD ini adalah menjadi model rujukan rumah sakit yang profesional dalam melayani pasien, dengan memberikan pelayanan kesehatan bernuansa Islami kepada pasien kaum dhuafa. MISI RST-DDnya sendiri yaitu, mengembangkan pelayanan kesehatan terpadu berstandar nasional & international, mengembangkan etos kerja unggul, meningkatkan kualitas dan profesionalitas, mengembangkan kemitraan dengan institusi terkait di tingkat nasional & international, serta menggalang kepedulian publik untuk membantu kesehatan dhuafa.

Apakah benar, Rumah Sakit ini memberikan layanan yang baik dan gratis bagi pasiennya?
Jawabannya, iya.. namun ada syarat dan ketentuan yang berlaku, agar pasien-pasien ini mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan selama pengobatan, syaratnya gampang kok, nggak ribet. Karena Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa sendiri menjunjung tinggi 3 nilai kemanusian dalam mendirikan rumah sakit ini, profesional, amanah dan ibadah. Dari melihat 3 nilai ini saja, Insya Allah..apa yang dibangun Dompet Dhuafa bermanfat bagi semua.



Taman buat berjemur bagi pasien yang asri banget

Pertama, pasien harus terdaftar terlebih dahulu sebagai member peserta Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.
Caranya gampang, cukup membawa Fotokopi KTP, KK, dan mengisi formulir kepersertaan. Perlu di ingat, yang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di Rumah Sakit ini adalah kaum Dhuafa. Nanti pihak RST-DD akan memverifikasi melalui survey dan mewawancarai calon peserta, apakah pantas ataukah tidak menerima bantuan kesehatan ini.
Seperti yang dicontohkan oleh Mbak Fia, Humas RST-DD. Satu keluarga bisa mendapatkan fasilitas pelayanan rumah sakit RST ini, misalkan, kepala keluarganya gaji perbulannya Rp. 4juta, namun rumahnya masih ngontrak, anaknya banyak, sehingga dalam hal ekonomi mereka masih kekurangan. Nah, contoh ini bisa dipertimbangkan untuk bisa mendapatkan pelayanan dari RST-DD. Tapi, tetap..akan melalui proses verifikasi ya.

Salah satu sudut gedung rawat inap yang ditempeli tumbuhan



Komitmen karyawan menuju akreditasi RS 2015

Ruang lobby yang nyaman


Lalu, masa berlaku kepesertaan RST Dompet Dhuafa itu hanya 2 tahun, nanti setelah dua tahun bisa diperpanjang (melalui verifikasi ulang). Kenapa seperti itu? Karena, masih menurut Mbak Fia.. RST-Dompet Dhuafa berharap, dalam rentang waktu dua tahun tersebut, peserta yang tadinya ekonominya rendah bisa meningkatkan menjadi lebih baik. Karena untuk masalah kesehatan mereka tidak perlu khawatir, RST-DD siap menanggung semua biayanya, jika terjadi sesuatu terhadap peserta.
Di Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa juga menerima pasien BPJS, lho. Yang menariknya, pembiayaan BPJS peserta juga ditanggung oleh RST-DD perbulannya. 

Jadi, bagi kaum dhuafa yang merasa kesulitan biaya dalam hal pengobatan dan perawatan di rumah sakit, bisa mendaftarkan diri untuk menjadi peserta RST-Dompet Dhuafa, jangan khawatir soal pelayanan dan fasilitasnya di rumah sakit ini. Karena Insya Allah semua perlengkapan medisnya tidak kalah lengkap seperti di Rumah sakit lain. Tidak usah memikirkan soal biaya, karena semuanya gratis, dananya sendiri berasal dari donator.

Salah satu ruang rawat inap, biaya pembangunannya dari harta yang diwakafkan nama2 itu

Bagaimana fasilitas kesehatan yang ada di RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa ini? Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, perlengkapannya sudah memadai untuk menunjang segala proses penyembuhan pasien. Walaupun semua kamar rawat inap di RST-DD ini adalah kelas 3, tapi ruangannya sendiri sangat nyaman dan tidak seperti ruangan kelas 3 di rumah sakit pada umumnya. Uniknya kamar-kamar disini namanya menggunakan nama para donator yang sudah mewakafkan hartanya untuk pembangunan rumah sakit ini. Disini juga terdapat taman aroma terapi, terapi kaki, arena bermain anak, mushola, taman waterfall, danau buatan, kantin yang sehat, ambulan, lahir parkir, sekuriti 24 jam, serta layanan mobil jenazah.
Namun, dokter disini sangat terbatas, karena lokasi Rumah Sakitnya sendiri agak cukup jauh dari pusat kota. Jadi dokter prakteknya musti menyesuaikan jadwal.

Tapi, sekali lagi jangan khawatir, walaupun saya hanya sebentar mengunjungi RST-DD ini, namun yang terlihat dan terasa oleh saya, perawat disini ramah-ramah, berkompeten dan memiliki empati dan kepedulian yang tinggi melayani semua kebutuhan pasien.

Gerai Zakat, pengunjung yang tertarik menjadi donator bisa disini

Bagi teman-teman yang ingin ikut berdonasi atau mengetahui lebih banyak lagi tentang Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, bisa menghubungi kontak dibawah ini.

Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, silahkan dikomen, nanti Insya Allah bisa saya sampaikan ke pihak rumah sakit.

Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Jln. Raya Parung Km 42,
Desa Jampang, Kec. Kemang.
Kab. Bogor
Phone : 0251-861 8651
Fax : 0251-861 0876
Web: www.rumahsehatterpadu.or.id
FB : www.facebook.com/rumahsehat.terpadu
Twitter : @RST_DD

Untuk membantu, donasi bisa disalurkan ke:
BCA No. 237.304.5454 A.n Yayasan Dompet Dhuafa
BNI Syariah No. 0298535912 A.n Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa











20 comments:

  1. Aku kemarin hampir ikut kesana eh ternyata ada kerjaan dari kantor yg mengharuskan lembur. Hiks. Seru dan nyaman banget ya kayaknya lingkungan RSnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, nyaman banget rumah sakitnya.

      Delete
  2. Semoga akan lebih banyak daerah yang bisa dijangkau RS ini. Ayo dong tingkatkan sedekahnya, supaya bisa membantu sesama *bukan komen berbayar dari Dompet Dhuafa yah.. hehehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin, biar masyarakat yg membutuhkan semakin gampang ya mendapatkan pelayanan rumah sakit yg bagus seperti ini.

      Delete
  3. Semoga dapat bermanfaat RST DD nya... ini yang dibutuhkan masyarakat...

    ReplyDelete
  4. Semoga rumah sakit ini bisa membantu banyak orang ya Mel

    ReplyDelete
  5. Mantab.... rst dd bisa jadi rukukan buat pemerintah bikin rs sejenis tanpa kasir

    ReplyDelete
  6. In Shaa Allah rumah sakitnya bermanfaat.. :D

    ReplyDelete
  7. wow ternyata tumah sakitnya ini bagus banget ya, keren banget :D

    ReplyDelete
  8. Saya juga dapat undangan Mel, tapi nggak tau kendaraan ke sana, waktunya juga sudah mepet, takut nggak sampai dan kehabisan waktu di jalan. Akhirnya nggak jadi ikut :-(

    Salam
    Dian Kelana

    ReplyDelete
  9. Asri banget mbak mel rumah sakitnya. semoga rumah sakit ini bisa terus istiqomah mmberi kebaikan pada semua

    ReplyDelete
  10. Perhatian Diminta: Kami menawarkan semua jenis pinjaman pada kadar faedah 3%, sila
    email bagi mendapatkan maklumat lanjut mengenai permohonan hari ini jika berminat. Pinjaman kami adalah
    yang diinsuranskan untuk keselamatan maksimum yang adalah keutamaan kami dan 100% sah,
    dan kami juga berdaftar, Email: raphealjefferyfinance@gmail.com
    nama:
    Alamat:
    Nombor Telefon:
    Jumlah Diperlukan:
    jangka masa:
    umur:
    jantina:
    Ketua Pegawai Eksekutif / Email: raphealjefferyfinance@gmail.com
    Yours Truly.
    Sir. Rapheal

    ReplyDelete
  11. Alhamdulilah semoga Dompet Dhuafa menjadi lebih baik lagi Amiin

    ReplyDelete
  12. mohon maaf mba melly...mau tanya katanya lagi ada loker di rumah sakitnya ....

    minta info donk mba

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu