Saturday, 21 January 2017

Donasiku Alfamart Untuk Rumah Singgah YKAKI


Jika bisa memilih, sebagai manusia pastinya kita tidak ingin dilahirkan dengan keadaan yang tidak menguntungkan di kehidupan dunia ini. Inginnya kita hidup sehat tanpa penyakit yang menggerogoti diri. Inginnya hidup bahagia tanpa perlu memikirkan banyaknya biaya pengobatan dari penyakit yang kita derita, inginnya tidak usah bersedih melihat saudara-saudara kita kesusahan mencari biaya tambahan ke sana kemari demi sebuah kesembuhan. Inginnya kita semua sehat tanpa penyakit yang mengganggu. Kalaupun sakit, sakitnya tak perlu membuat seisi keluarga berputus asa. Tapi kita tak bisa menghindari semua itu, Tuhan sudah menakdirkan kehidupan kita jauh sebelum kita dilahirkan ke dunia ini.

Dan seandainya bisa menyesali diri, saya nggak akan memposting tulisan ini tahun 2015 lalu. Tapi itu dikarenakan ketidak tahuan saya tentang, disumbangkan kemana saja dana-dana yang terkumpul dari kembalian dari transaksi yang kita lakukan di sebuah minimarket.


Kamis, 19 Januari 2017, bersama rekan-rekan media dan blogger, bertempat di Rumah Singgah, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), di Jalan Percetakan IX, Jakarta Pusat. Saya akhirnya menyadari, uang Rp. 100-200 yang tak seberapa (terpaksa) saya ikhlaskan untuk kasir yang bertanya, apakah kembaliannya ingin disumbangkan atau tidak itu ternyata sangat membantu anak-anak penderita kanker di YKAKI

Pada kesempatan itu, dalam rangka Corporate Site Visit Rumah Singgah dan Sosialisasi Program Donasiku Kerjasama Alfamart dan YKAKI. Pihak Alfamart ingin menunjukkan apa saja kegiatan Donasiku yang dilakukan Alfamart. Melalui kerjasama ini juga Alfamart mengajak semua konsumen ikut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan dalam membantu anak-anak penderita kanker di Rumah Singgah YKAKI.

Salah satu yang paling mudah, yang bisa kita lakukan untuk ikut serta berpartisipasi melalui Donasiku ini adalah menyisihkan uang kembalian saat kita berbelanja di Alfamart. Donasi-donasi yang terkumpul ini akan disalurkan seutuhnya untuk YKAKI, yang nantinya akan digunakan untuk mendukung operasional Rumah Singgah yang ada di beberapa kota, yakni Makassar, Semarang, Pekanbaru dan Malang.

Kenapa harus melalui Donasiku, menurut Pak Nur Rachman, selaku Corporate Communication GM SAT Alfamart. Penggalangan dana dengan Donasiku ini sangat membantu untuk anak-anak penderita kanker yang membutuhkan Rumah Singgah dalam proses pengobatan mereka. Rumah Singgah ini dibangun untuk mengurangi beban biaya pasien yang sedang menjalani masa pengobatan dari rumah sakit, saat sedang di rawat inap ataupun rawat inap jalan. Karena pastinya kita tau, biaya pengobatan penderita kanker tidak sedikit. Dan Rumah Singgah ini mampu menampung anak-anak dari keluarga yang kurang mampu jika harus bolak balik rumah sakit ke rumah asal mereka (yang biasanya berasal dari luar kota). Karena nggak semua Rumah Sakit di daerah itu menyediakan fasilitas pengobatan kanker pada anak. Jadi Rumah Singgah ini sangat dibutuhkan. Dari situ, Alfamart mencoba untuk membantu dan memfasilitasi semua kebutuhan tersebut dengan mengajak konsumen Alfamart ikut membantu dengan Donasiku.



Dan kerja sama dengan YKAKI ini ternyata sudah terjalin sejak tahun 2014 yang lalu, yang semuanya terkumpul dari donasi konsumen, ujar Ibu Ira Sulistyo yang turut hadir sebagai Ketua yang mendirikan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia. Beliau juga menjelaskan, perusahaan-perusahaan ritel seperti Alfamart ini mempunyai peran yang sangat penting untuk membantu anak penderita kanker di berbagai daerah di Indonesia. Dari donasi-donasi tersebut, Rumah Singgah yang dapat menampung 24-32 anak dapat terus berjalan dan membantu semua biaya yang diperlukan.



Bu Ira juga bercerita bagaimana awal berdirinya Rumah Singgah YKAKI. Yang pada saat itu tahun 1984 anaknya yang juga penderita kanker harus bolak balik ke luar negeri untuk proses pengobatan. Dari melihat dan merasakan begitu nyamannya Rumah Singgah yang mereka tempati selama masa pengobatan. Beliau akhirnya tergerak untuk melakukan dan membantu anak-anak di Indonesia.



Rumah Singgah yang mereka tempati sekarang ini dipilih lokasinya karena berdekatan dengan Rumah Sakit, hal ini tentunya untuk mempermudah pasien jika rutin ke rumah sakit. Rumah Singgah YKAKI dibuat senyaman dan seramah mungkin untuk anak-anak, agar mereka merasakan lingkungan yang menyenangkan dan baik untuk penyembuhana mereka. Yang sangat saya suka dari Rumah Singgah ini adalah sirkulasi udara yang sangat baik.



Rumah Singgah ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang cukup, seperti tempat tidur yang bersih, lemari, televisi, ruang belajar dan tenaga pengajar agar mereka tetap merasakan bermain dan belajar selama pengobatan dengan program SekolahKu. 

Adanya Rumah Singgah ini menjadi bukti, sekecil apapun donasi yang kita berikan sangat bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan. Jadi, sekarang kita nggak perlu ragu lagi jika kasir meminta sisa kembalian untuk disumbangkan, karena sudah tau donasi tersebut disalurkan kemana saja. Tak hanya menggalang dana dari Donasiku, Alfamart juga mempunyai kegiatan CSR lain.

Rumah Singgah Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) & 'Rumah Kita'.
Jl. Percetakan Negara IX No. 10A, Jakarta Pusat. 10570
Tlp. 021 2142872556
Fax.021 421 6089
www.ykaki.or.id
Email: info@ykaki.or.id
Facebook: Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia
Instagram/Twitter : @ykakiwecare


3 comments:

  1. Masya Alllaaah senangnya bisa berbagi yaaa

    ReplyDelete
  2. Ternyata manfaat rumah singgah itu luar biasa ya kak utk yg membutuhkan :)

    ReplyDelete
  3. Bersih dan rapi kesan saya saat datang ke YKAKI, semoga anak anak di YKAKI lekas sembuh

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu