Wednesday, 20 March 2019

Belajar Cara Mudah Berinvestasi Dari KoinWorks

Foto: aturduit.com
Selama ini sering banget dapat materi tentang perencanaan keuangan mengenai investasi. Tapi sampai sekarang belum juga satupun yang saya realisasikan, kecuali menabung dalam bentuk Emas. Padahal otak saya ini udah gelisah, pengen banget gimana caranya, supaya uang tabungan saya ini nggak mengendap begitu aja di rekening bank. Ingin punya usaha, tapi belum ada ide sama sekali mau bikin usaha apa? Mau diinvestasikan dalam bentuk menjadi modal, terus bingung juga mau dimodalin kemana? Dalam bentuk apa nantinya? Dan kepikiran resikonya juga, kalau merugi gimana? Ntar uang saya habis begitu aja? Pastinya nggak mau salah langkah, kan.

Apalagi dana yang saya punya itu  nggak sebanyak seperti orang lain, seperti untuk investasi properti misalnya, yang nggak mungkin hilang kecuali dijual. Tapi saya pengen banget, uang yang ada itu berputar, mengalir dan menghasilkan. Karena investasi sekarang itu kan penting banget untuk masa depan, sebagai tabungan masa depan. Ah, mungkin saya harus mencari lebih banyak lagi informasi perihal perencanaan keuangan dan investasi ini ya?


Kebanyakan pikiran seperti ini justru menghambat kita untuk melangkah ya? Haha, ya namanya juga manusia, semuanya nya harus dipikirkan. Tapi menurut pakar perencanaan keuangan, berinvestasi itu memang nggak mudah, tapi bisa menjadi mudah kalau kita paham bagaimana caranya, karena nggak hanya bisa berinvestasi, tapi kita juga harus menjadi smart investasing. Dan yang pertama harus kita tau saat ingin melakukan investasi adalah tujuan. Jika sudah mengetahui apa tujuan kita berinvestasi, kita akan dengan mudah untuk memilih dan mencari investasi yang tepat. Konon katanya dengan demikian investasi yang dipilih itu cenderung lebih berhasil. Cari tau juga apa investasi yang kita suka dan usahakan jika ingin berinvestasi gunakan dana pribadi alias uang kita sendiri, hal ini untuk mengurangi tanggungan hutang.

Terus, selain harus tau apa tujuan kita berinvestasi, kita juga harus paham resiko dari berinvestasi itu seperti apa. Jangan kaget jika investasi yang kita pilih ini nantinya tak berhasil. Oleh karenanya kita harus lebih teliti lagi dan peka dengan resiko-resiko tersebut, dan harus berhati-hati ketika mengambil keputusan untuk berinvestasi. Karena jenis investasi sekarang itu kan banyak banget kan.

Lalu, masih menurut pakar keuangan yang saya dapat, ketika berususan dengan investasi ini kita harus memahami semuanya. Jangan cuma tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan, tapi nggak mencari tau informasi lainnya. Seperti apakah jenis investasi ini bisa dipercaya dan aman ke depannya? Yang paling aman memang investasi dalam bentuk Emas atau Logam Mulia, atau dalam bentuk Deposito.

Well, selama masih meraba-raba ingin memilih investasi yang mana selain Emas (yang sudah saya lakukan), saya menemukan dan membaca satu artikel di dalam blog seorang teman tentang jenis investasi Peer to Peer Lending (P2P Lending) di KoinWorks, dan sepertinya ini menarik ya? Karena investasi ini sedang banyak digandrungi oleh anak-anak millennials. Jadi saya mencari tau dulu apa itu Peer to Peer Lending.


Lalu apa sih investasi Peer to Peer Lending ini? 

Dari yang saya kutip dari KoinWorks sebagai pionirnya platform P2P Lending. Sederhananya Peer to Peer Lending ini adalah praktek atau metode pinjam-meminjamkan uang yang terjadi secara online melalui sebuah platform. Bisa dibilang Peer to Peer Lending ini seperti sebuah marketplace yang menghubungkan antara peminjam dan pemberi pinjaman.

Tunggu, jangan negative thinking dulu. Ini bukan seperti pinjaman online pada umumnya yang bunganya mencekik para peminjam. Berikut sedikit penjelasan tentang Peer to Peer Lending.
  • Sumber dana berasal dari masyarakat (bukan dari perusahaan penyedia layanan). Masyarakat bisa berkontribusi meminjamkan dana dan mendapatkan bunga (seperti investasi).
  • Bunga peminjam lebih rendah dibanding lembaga keuangan konvensional seperti bank.
  • Mendapat dukungan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Bank Indonesia demi meningkatkan inklusi keuangan.  
  • Bisa membantu UKM yang sedang berkembang dengan memberikan dukungan modal usaha.
  • Seluruh prosesnya terjadi secara online.
Peer to Peer Lending ini juga bukan judi atau investasi bodong, sehingga bisa menjadi investasi alternative untuk semua kalangan dengan imbal hasil yang stabil. Sebagai investor kita juga punya kendali dan pengelolaan secara penuh dengan dana yang kita pinjamkan. P2P Lending juga sudah resmi diatur oleh dan diawasi OJK. Bagi peminjam, masyarakat bisa mengjukan pinjaman Peer to Peer Lending tanpa jaminan.



Tapi tentu saja, Peer to Peer Lending ini punya resiko, baik untuk si peminjam maupun yang memberikan pinjaman? Salah satunya yang perlu dipikirkan adalah resiko kredit macet atau gagal bayar oleh peminjam. Jadi ini penting banget untuk dicari tau, selain itu P2P Lending ini juga tidak bisa menarik dana sebelum jatuh tempo, periode pendanaan juga cenderung lama. Apalagi jika penyedia layanan bangkrut, karena tidak adanya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Tapi untuk yang terakhir, mayoritas platform P2P Lending sudah mengatasi jaminan untuk pemberi pinjaman (investor). Jadi hal itu bisa mengurangi resiko dana hilang begitu saja.



Lalu seperti yang sudah saya singgung tadi, investasi online menggunakan Peer to Peer Lending di KoinWorks. Apa menariknya dari platform ini?

KoinWorks adalah platform penyedia layanan Peer to Peer Lending (P2P lending) agar seluruh kegiatan pinjam meminjam uang secara online dan dapat dijangkau oleh siapapun. Di KoinWorks kita bisa menjadi peminjam untuk kebutuhan apapun, ataupun menjadi pendana (pemberi pinjaman).

Alasan memilih KoinWorks untuk digunakan menjadi investasi P2P Lending
  • Dengan uang Rp. 100,000,- kita sudah bisa menjadi investor
  • Bunga efektif pertahun mulai dari 21,32%
  • Aman dan terpercaya karena terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), mendapat penghargaan sebagai Fintech Paling Inovatif versi BIFA, didukung oleh Mandiri Capital, Quona, Gunung Sewu dan bekerjasama dengan mitra yang puya reputasi seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak, English First, BINUS, Bhinneka, Berrybenka, dll.
  • Memiliki Dana Proteksi, sehingga jika si peminjam gagal melakukan pembayaran, dana yang dipinjamkan akan diganti 100%.
  • Punya beragam fitur, bisa menjadi tempat untuk belajar investasi dll.
Selain itu, cara kerja di KoinWorks juga mudah, cepat dan sangat fleksibel. Untuk pemberi pinjaman, berhak penuh untuk menentukan sendiri kepada siapa dana yang akan diinvestasikan tanpa intervensi siapapun dengan modal mulai dari Rp. 100,000,- saja.


Untuk pemula seperti saya, Peer to Peer Lending ini menarik sekali untuk dicoba. Buat teman-teman yang juga tertarik mencoba KoinWorks seperti saya, daftar di https://koinworks.com/lenders/new?referal_code=KOINWORKS150 dengan menggunakan Kode Promo KOINWORKS150 untuk mendapatkan modal awal investasi 150.000 KOIN. Lumayan kan, jadi belajar investasi dengan cara mudah.

1 comment:

  1. semakin banyak aja ya Mell sekarang usaha sejenis seperti ini. jadi kita dimudahkan untuk bisa berinvestasi dimana saja dankapan saja

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu