Tuesday, 18 July 2017

Belajar Masak Mengolah Ayam Potong So Good

Belajar Masak Mengolah Ayam Potong So Good
Jika ditanya apa yang paling nggak saya bisa? Jawabannya adalah memasak. Dan kalau ditanya, apa yang paling saya suka? Jawabannya pun adalah memasak. Harusnya kalau suka memasak, otomatis bisa memasak. Bener, nggak? Tapi begitulah  saya. Dari kecil saya memang nggak terbiasa masak, sebagai anak bungsu dan bisa dibilang anak tunggal di rumah, karena dulunya kedua kakak saya nggak tinggal bersama. Saya dimanja oleh ibu, makan tinggal makan, kalaupun disuruh masak ya paling hanya memasak nasi. Yang jaman itu menanak nasi masih pakai kayu bakar, beras di aron terlebih dahulu lalu dikukus. Atau menggunakan cara manual tradisional seperti orang jaman dulu. Beras ditanak menggunakan ketel, setelah airnya agak surut, nasi diaduk-aduk sebentar lalu apinya dikecilkan agar nasinya lebih pulen dan matang. Sekarang lebih praktis lagi, tinggal masukkan ke rice cooker, semua beres.

Dulu, dulu sekali waktu masih kecil, saya sampai menangis karena nggak bisa memasak. Kesel sendiri, karena teman-teman seusia saya saat itu rata-rata sudah jago memasak, bikin sayur, tumis ini tumis itu, membuat sambal, goreng ikan dan sebagainya. Sedangkan saya? Membedakan mana Beras dan Ketan saja saya nggak tau, bedanya Lengkuas dan Jahe saja saya nggak paham, mengenali masakan itu sudah matang atau belum pun sampai saat ini saya kadang masih suka bingung. Sedih banget, ya?

Setelah pindah ke Bogor, saya masih nggak bisa memasak, karena harus tinggal di rumah tante. Saya nggak punya kesempatan untuk memasak sendiri, karena sama seperti tinggal di rumah di Lampung, makan pun tinggal makan. Kalau pun ada kegiatan memasak bareng, saya paling cuma disuruh bantuin ngupas bawang, ngulek-ngulek bumbu dan printilan yang nggak terlalu penting. Proses memasak yang nggak terlalu saya mengerti bikin saya jadi malas untuk belajar kala itu. Kalaupun disuruh masak, biasanya nggak ada yang mau makan. You know lah kenapa..hihi.

Cah Jamur Ayam Bumbu Kencur
Tapi seperti yang saya bilang, saya suka memasak, saya suka mencoba resep-resep yang baru saya lihat di internet atau di televisi. Saya suka membayangkan, masakan saya itu sesuai yang saya lihat, walaupun kenyataannya nggak seperti itu.
Namun satu yang saya tahu, saya suka sekali masakan rumah, masakan tradisional yang bumbunya mudah didapat di sekitar saya. Jadi kalau saya mencoba memasak, itu sudah jelas, jenis masakan seperti apa yang akan saya eksekusi di dapur.

Dan sejak nge-kost sendiri, saya semakin semangat untuk menyukai memasak. Karena ternyata, memasak itu seperti sebuah terapi penghilang lelah setelah seharian bekerja. Ibu kost sampai heran, apa saya nggak kelaperan, pulang kerja malam-malam tapi masih ngoprek di dapur buat masak. Kenapa nggak beli makan di luar saja? Hehe. Dan terasa memang beda banget, menikmati makanan dari hasil masak sendiri dengan beli di luar, ada sesuatu yang nggak bisa saya ungkapkan lebih, selain rasa puas bisa masak sendiri.

Selama bulan Ramadhan kemarin pun seperti itu, saya lebih banyak bikin makanan untuk berbuka sendiri, nggak tertarik sama sekali untuk beli jajanan di luar, di pinggir jalan seperti yang dilakukan orang-orang. Tapi, ya itu tadi, saya membuat makanan yang gampang-gampang dibuat saja, yang praktis dan memasak maupun menyajikannya.

Potongan Ayam dan Jamur Merang
Ini salah satu menu resep andalan saya kalau lagi butuh selera makan, terutama saat sahur, bikin Cah Jamur Ayam So Good bumbu Kencur. Resep yang saya modifikasi sendiri, karena sebenarnya saya nggak tau bumbu yang tepat Cah Jamur itu apa saja. Tapi karena saya suka banget sama wangi Kencur dan Jamur, masakan seperti ini lah yang sering saya buat.
Kenapa memilih Jamur, karena khasiat jamur itu bagus banget buat kesehatan tubuh, terutama untuk melawan kanker, antioksidannya tinggi dan mampu mengontrol berat badan, memilih jamur itu juga karena proses mengolahnya juga gampang. Sedangkan Ayam kandungan nutrisi dan proteinnya yang tinggi juga sangat bermanfaat untuk memenuhi gizi tubuh. Namun untuk ayamnya saya memilih Ayam Potong dari So Good, yang sudah terbukti berkualitas dan aman tanpa suntik hormon, kebersihan dan kesehatan ayamnya juga terjaga dan yang paling utama adalah terjamin Halal.
Yang saya suka dari Ayam Potong So Good ini karena potongan ayamnya besar dan rata. Tidak repot memilih dan membersihkannya juga, karena setelah ayam kita diamkan dalam suhu normal, ayam potong yang dikemas beku ini sudah bisa langsung digunakan. For you info Ayam Potong So Good ini tetap segar walau dikemas beku seperti itu. Dan ini sangat praktis menurut saya, apalagi buat saya yang nggak bisa masak seperti ini. Stok satu bungkus Ayam Potong So Good (paha dan dada ayam) bisa untuk dikonsumsi selama sebulan. Karena nggak setiap hari makan Ayam, sekali masak cukup 1-2 potong saja.

Cah Jamur Ayam Potong So Good Bumbu Kencur
Oke, ini dia resep yang ingin saya bagi yang sangat praktis dan mudah sekali dipraktekkan. Karena masak Cah Jamur Ayam Bumbu Kencur ini nggak perlu keahlian khusus. Yang terpenting adalah memilih bahan-bahannya saja yang segar dan berkualitas. 

Bahan:
-  2 Potong Ayam So Good pilih dada ayam agar mudah dipotong-potong lagi.
- Jamur Tiram
- Jamur Merang
- Jamur Kuping
- Kacang Panjang
Jika ada, saya tambahkan pucuk/daun kencur yang masih muda agar lebih beraroma.
*semuanya secukupnya saja sesuai selera, saya lebih suka sekali masak langsung habis. 

Bumbu:
- Cabe Merah 3 buah
- Bawang Putih 4 siung
- Bawang Merah 4 siung
- Kencur setengah ruas jari
- Bawang Bombay
- Garam dan kaldu ayam

Pelengkap, minyak ikan, minyak wijen, kecap asin, perasan jeruk lemon dan sedikit saus tiram. 

Cara masaknya tidak susah, semua bumbu diulek sampai halus. Kecuali Bawang Bombay, cukup diiris/potong biasa.
Potong dada ayam dengan potongan kecil atau sesuai selera, potong-potong jamur dan kacang panjang sesuai selera.

Tumis bawang bombay dan bumbu hingga harum, masukkan ayam, setelah agak matang, masukkan kacang panjang, lalu jamur merang dan jamur kuping terakhir jamur tiram. Selanjutnya tinggal diberi bumbu pelengkap, garam dan kaldu agar rasa Cah Jamur Ayam ini rasanya sesuai selera lidah.

Bahan

Tips yang saya lakukan agar masakan ini anti gagal adalah, ketika menyiapkan bumbu, saya akan melebihkan semua bumbu dari resep yang sudah saya baca, kalau untuk Cah Jamur Ayam So Good ini saya membuatnya sesuai intuisi saja. Setelah dirasa cukup matang, langsung angkat dari kompor, karena masak jamur nggak perlu lama-lama, agar lebih berasa kriuk-kriuk kacang panjangnya juga. Yang pasti Cah Jamur Ayam So Good Bumbu Kencur ini menggugah selera banget, aroma kencur dan gurihnya bumbu serta nikmatnya ayam dan jamur yang dijadikan satu. Rasanya segar dan lebih sehat.

Selain Cah Jamur Ayam, masakan praktis lainnya yang sering saya buat adalah, Sop Ayam. Bahannya pun sama, Sayurannya ditambah jamur yang banyak agar lebih sehat. Atau jika ingin makan ayam dengan yang sedikit beda, Ayam Potong So Good ini saya lumuri bumbu maranggi. Setelah itu tinggal goreng atau bakar. Tapi yang paling sering adalah saya buat Sop dan Cah Jamur tadi. Lebih segar dan berkuah, lebih sehat juga pastinya karena diproses dengan cara direbus.

Punya resep andalan yang mau kamu bagi? Sini tuangkan di Lomba Kreasi So Good https://bloggerperempuan.co.id/sogood/

21 comments:

  1. Sedapnya niiihh... isinya selain ayam ada aneka jamur. Aku suka semua jenis jamur meeellll (kecuali jamur di kulit ya). Jamur mah dimasak apa aja mantaaappss... apalagi ditambah gurihnya daging ayam ya. Gleeekk...bagi napah sini mel masakannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini mbak ke Bogor, nanti aku masakin Cah Jamur Ayam ini. Rasanya enak, sudah teruji pokoknya..hihi

      Delete
  2. Ini kesukaan anak anak, dan jadi menu pilihan kalau saya mau ke jakarta pagi pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, enak dan praktis bgt bikinnya

      Delete
  3. waah... yg tadinya gak bisa masak, jadi bisa masak seperti ini? keren ah... :)

    ReplyDelete
  4. Calon istri idaman euy. Jago masaak

    ReplyDelete
  5. Wah pasti sedap nih, makannya dengan nasi anget. Nyam nyammm

    ReplyDelete
  6. wih kece banget sih kakmel hobi masak. Btw baca jam segini bikin laper banget.
    Ditunggu resep2 lainnya pake ayam potong so good :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun lapeer nih jadinya. Pengen bikin lagi. Tp blm cari jamurnya euy

      Delete
  7. Wahhh tak tiru aaahhhh.... Nambah menu baru kebetulan aku suka ayam suka juga jamur

    ReplyDelete
  8. Enak ini ya ada kencurnyaa. Nambah sedaaap ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaaak, aromanya jd lebih beda. Krn sebenernya sy ga suka bau ayam. Hehe, jd pake kencur ini biar ilang baunya

      Delete
  9. Makannyapakainasi hangat dan dipuluk pakai tangan nggak usah pakai sendok. Nyaaam uenaaaak

    ReplyDelete
  10. wahh lezat bener kliatannya makanannya.. jadi pengen.. hehe :D

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu