Wednesday, 7 November 2018

DOMUS Rumah Permanen Instant Hemat Biaya dan Tahan Gempa


Pernah nonton tayangan reality show Bedah Rumah yang ditayangkan di salah satu stasiun TV? Pernah terlintas pertanyaan nggak, mengapa rumahnya cepat banget dibangun, yang menurut hostnya, cuma butuh waktu kurang dari 24 jam saja. Wah, emang kuat? Nah, pertanyaan itu juga yang sering saya pikirkan, memangnya bisa ya membuat rumah dalam waktu singkat seperti itu?
Dan pertanyaan itu akhirnya terjawab sudah, karena beberapa hari yang lalu, saat menghadiri acara Opening Pameran Kontruksi Indonesia, (31/10) di Jiexpo Kemayoran, saya bisa melihat langsung bagaimana rumah instan ini berdiri. Dan membayangkan sebenarnya kontruksi aslinya itu seperti apa. Apa yang saya bayangkan selama ini ternyata nggak beda jauh dengan yang saya lihat.



Dan seketika saya pun sadar, kalau ternyata bangunan rumah atau kosan tempat tinggal saya sekarang juga menggunakan kontruksi yang sama seperti yang saya lihat di pameran kontruksi hari itu, terutama ketika saya mampir di stand-nya DOMUS, Rumah Permanen Instant dari PT. Tatalogam Lestari.

Cerita sedikit mengenai acara Pameran Kontruksi Indonesia 2018 kemarin, yang mulainya lebih cepat diluar perkiraan saya. Karena dari informasi yang diberitahukan, menurut panitia, acaranya akan dibuka sekitar pukul 10.00 pagi, tapi nyatanya pukul 09 pagi, acara sudah mau dimulai. Dan kaget juga karena Pak Presiden Jokowi juga sudah hadir tepat waktu. Kami yang datang untuk meliput akhirnya tergopoh-gopoh di jalanan agar mempercepat waktu tempuh. Walau ada sedikit kesulitan ketika hendak masuk ke venue. Tapi it's ok, akhirnya kami bisa bergabung dengan pesertadi tenda besar yang akan menerima Sertifikasi Tenaga Kerja Kontruksi Indonesia dari Pak Jokowi hari itu. Ada ribuan peserta yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia, banyak sekali. Selain itu hadir juga staf ahli beserta jajaran perwakilan dari duta besr negara lain.




Dalam pidato yang disampaikan Pak Jokowi di Indonesian Contruction Week 2018 hari itu, bahwa saat ini kita sedang fokus membangun negeri, pembangunan infastruktur di berbagai daerah tak lain bertujuan untuk meningkatkan koneksi ke berbagai pelosok daerah. Karena tak hanya soal ekonomi semata, dengan adanya pembangunan infastukture ini dapat menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dapat mempersatukan bangsa. 

Pemberian sertifikasi pada pekerja yang ada di lapangan tak lain untuk mengapresiasis kinerja mereka. Karena jika tanpa industri konstruksi dan SDM yang mumpuni maka pembangunan negeri ini tidak akan jalan. Oleh karenya sertifikasi itu penting. 

Selesai meresmikan langsung Pameran Kontruksi Indonesia, Pak Jokowi langsung berkeliling mengunjungi stand-stand pameran kontruksi yang ada di Hall Jiexpo Kemayoan. Salah satunya yang saya bilang di atas. Stand DOMUS dari PT. Tatalogam Lestari.



Yang menarik di sini adalah, bagaimana rumah DOMUS (Rumah Permanen Instant) ini dibangun untuk hunian-hunian sementara (Hnutara) para korban bencana alam di Palu dan Lombok. Karena kita tahu, pembangunan rumah yang cepat sangat dibutuhkan warga yang terkena dampak bencana dan tsunami yang menimpa beberapa daerah di Indonesia.

Tapi mengapa memilih rumah Domus ya?

Domus itu adalah merk rumah instant dari PT.Tatalogam yang pembangunannya terdiri dari rangkaian rangkaian baja ringan. Konsepnya sendiri yakni, baja-baja ringan ini disambung menggunakan baut-baut khusus. Yang akhirnya menjadi kerangka rumah yang kokoh. Dan dindingnya menggunakan batako atau material lain sesuai kemampuan dan kebutuhan, semisal bilik bambu, panel gypsum, triplek, spandek, atau mungkin menggunakan terpal, serta kelengkapan dan detil rumah lainnya tergantung kebutuhan. 

Dan nantinya hunian sementara (huntara) untuk korban bencana alam gempa Palu ini bisa difungsikan dan dikembangkan menjadi hunian tetap. Karena apa? Menurut permintaan dan keterangan yang disampaikan oleh Pak Basuki Hadimulyo, Menteri PUPR, pada sebuah acara. Bahwa masyarakat memerlukan waktu untuk memulihkan trauma pasca gempa. Maka sangat dibutuhkan bantuan rumah sementara yang pembangunan bisa cepat dibangun. Tapi rumah-rumah ini juga bisa difungsikan untuk menjadi hunian tetap (pengganti rumah-rumah yang rusak). Sehingga rumah yang dibangun sementara pasca bencana tidak ada yang mubazir.

Dan lagi, mengapa DOMUS, rumah instan yang bisa dibangun dengan waktu 5 hari bahkan 2 hari saja (dengan catatan rumah standar) ini, menggunakan bahan-bahan berkualitas dengan memadukan smart technology yang efisien. Inovasi baru dari PT. Tatalogam ini sangat-sangat ditunggu, karena bukan hanya bermanfaat untuk masyarakat korban bencana alam, tapi juga bisa langsung dialih fungsikan untuk hunian tetap masyarakat lainnya. Karena itu tadi, konsepnya yang detil untuk bisa dikembangkan dan tahan gempa.

Apa saja keunggulan dari Rumah Permanen Instant DOMUS;
  • Kuat, menggunakan MATERIAL yang tepat.
  • Hemat, dengan PERENCANAAN yang matang.
  • Cepat, dengan TEKNIK pengerjaan yang benar, efektif, dan efisien.
  • Indah, karena hasilnya bisa fungsikan untuk hunian tetap.
 Dan baja ringannya bisa dibongkar pasang, sehingga DOMUS ini layak menjadi pilihan buat kita-kita yang memerlukan rumah yang dibangun dengan waktu singkat. Bisa di perkotaan, daerah urban, desa, perkebunan, pertambangan dan daerah bencana.

DOMUS sendiri memiliki 3 pilihan Paket, dan menyediakan 3 tipe standar (Tipe 21, 30, 36 dan 45)
  1. Paket Rangka
    - Rangka Praktis
    - Rangka Kuda-kuda
    - Rangka Plafond
    - Genteng, Cladding
  2. Paket Putih
    - Paket Rangka
    - Bata Ringan,
    - Roster,
    - Keramik,
    - Kloset+Kran,
    - Jendela dan Pintu,
    - Penutup Plafond (gypsum 9mm)
    - Instalasi listrik dan air
  3. Paket Komplit
    - Paket Putih ditambah
    - Plesteran +aci (bagian luar)
    - Acian (bagian dalam)
    - Pengecatan
Jadi sekarang jika ingin membuat rumah semakin gampang, tahan gempa dan pengerjaannya juga cepat. Semuanya dikerjakan dengan profesional. Rumah DOMUS menjadi rumah instant permanen yang siap huni dah hemat biaya.
Buat yang ingin tau lebih banyak mengenai rumah DOMUS ini, bisa cek di websitenya PT Tatalogam Lestari di www.tatalogam.com atau untuk melihat rincian biaya pembuatan rumah DOMUS bisa download aplikasinya SIMANTAP di playstore. Cek juga akun sosial media Simantap untuk tanya-tanya detil dan lainnya.
Simantap, bikin rumah pakai jari.
Instagram @simantap
Twitter @tatalogam
atau bisa hubungi ke nomor (021) 568 8284, 568 8285. Dan email contact@tatalogam.com.






2 comments:

  1. huwow, sekarang tuh bikin rumah gak pake lama yah, cepet! kece

    ReplyDelete
  2. Dikejar deadline ya nulisnya? Kok lumayan sering typo-nya 😊

    Huntara vs Hnutara, dsb


    Gimana kalau kalimat ini:

    Jadi sekarang jika ingin membuat rumah semakin gampang, tahan gempa dan pengerjaannya juga cepat.

    Diganti jadi :
    Sekarang buat rumah tahan gempa jadi makin gampang, dan cepat.


    Any thought?

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu