Thursday, 13 December 2018

Tips Menghemat Anggaran Renovasi Rumah


Anggaran dan juga biaya dalam merenovasi rumah memang menjadi salah satu hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan dengan seksama. Termasuk bagi Anda yang baru membeli rumah dijual, karena biasanya rumah yang baru dibeli baik rumah baru atau bekas memerlukan perbaikan.

Berikut ini merupakan beberapa tips penting yang bisa Anda terapkan untuk bisa menghemat anggaran dan juga pembiayaan dalam merenovasi rumah.

Tentukan waktu yang tepat
 Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan waktu yang tepat untuk merenovasi rumah., Cuaca menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Anda harus bisa memilih musim atau cuaca yang cerah pada saat akan merenovasi rumah. Hal ini dikarenakan jika saat musim penghujan maka proses pengerjaan bagunan akan mengalami hambatan dan kesulitan terutama pada bagian luar dari rumah yang akan direnovasi, misalnya semen akan sulit kering dikarenakan air dan cuaca yang dingin.

Memiliki konsep yang matang
Kedua adalah dengan menetapkan sebuah konsep pilihan dari rumah yang akan direnovasi dan konsep ini haruslah benar-benar matang. Tentukanlah dari bagian rumah yang mana saja yang akan mengalami perbaikan dan renovasi. Di tahapan ini Anda juga harus sudah menentukan desainnya, pertimbangkanlah mengenai masalah material-material lama yang memang masih bisa digunakan. Pilah-pilahlah material lama milik Anda yang bisa digunakan kembali. Hal ini bertujuan supaya biaya renovasi rumah tidak terlalu membengkak. Lalu pilihlah desain rumah yang mendetail serta matang supaya hasilnya nanti bisa sesuai dari apa yang diharapkan, tanpa harus membongkarnya kembali karena akan memakan waktu dan juga biaya yang lebih banyak lagi. Desain rumah yang detail nantinya akan mempercepat dari proses pengerjaan perbaikan atau renovasi rumah yang dilakukan oleh tukang.

Bahan material bekas bisa menjadi pertimbangan
Ketiga adalah dengan menentukan kualitas material dan juga bahan bangunan. Barang-barang bekas dan juga berkualitas yang memang cocok menjadi sebuah pilihan bagi yang memiliki keterbatasan dana. Dengan memilih dan menggunakan material bekas dengan cara seksama nantinya Anda bisa mendapatkan yang berkualitas baik atau bahkan seperti baru. Barang-barang bekas atau barang yang berkualitas sedang ini  bisa digunakan pada bagian cat interior, lalu pada keramik dan juga kusen. Dilakukan dengan teknik pemasangan keramik bekas dengan baik maka nantinya Anda bisa mendapatkan lantai yang indah tanpa harus mengeluarkan biaya renovasi rumah yang banyak. Rangka pada atap, struktur bangunannya, pipa air dan juga pondasi rumah ini haruslah mutlak menggunakan material dengan kualitas terbaik. Jika memang harus membeli bahan material yang baru, jangan lupa untuk membandingkan harga antar toko bahan bangunan, hal ini sangat penting untuk mendapatkan harga yang terjangkau.   

Renovasi di bagian yang perlu diperbaiki
Keempat adalah renovasilah rumah pada bagian yang memang penting dan perlu diperbaiki dan tujuan lainnya supaya bisa menghemat waktu pengerjaan dan juga menghemat biaya renovasi rumah Anda. Misalnya pada bagian cat tembok yang tampak alami tanpa harus  diplester. Lalu yang terakhir adalah pada saat memilih cara pembayaran. Secara umum cara pembayarannya bisa dibagi menjadi dua pilihan, yaitu harian dan juga borongan. Sistem borongan ini dilakukan jika memang Anda sudah mempunyai konsep rumah yang benar-benar matang. Jika memang belum matang maka bisa memilih dengan sistem pembayaran harian.

2 comments:

Tinggalkan Jejakmu