Friday, 21 December 2018

Cari Tau Cara Mudah Kelola Keuangan Dari MoneySmart


Kalau ngomongin uang memang nggak habis-habisnya, di jaman yang serba instan dan apapun yang kita mau atau inginkan mudah di dapat membuat kita harus pintar-pintar memanage uang. Biar penghasilan yang kita dapat nggak habis percuma. Saya pernah hadir dalam sebuah talkshow yang bercerita mengenai anak milennial atau jaman sekarang itu yang cara berpikirnya instan, beda sekali dengan generasi orang tua kita dulu, yang dengan uang sedikit bisa menabung, menyekolahkan anak-anaknya sampai lulus kuliah dan sukses, punya usaha. Padahal jika dibandingkan dengan jaman sekarang, jaman dulu itu cari kerja susah, nilai mata uangnya juga kecil. Tapi mengapa banyak yang sukses dan dirasakan hasilnya sekarang? Itu karena orang tua pada jamannya itu mampu mengelola keuangan yang baik dan tepat untuk masa depan mereka.

Kemarin, Sabtu, 15 Desember 2018 bertempat di Kantor Money Smart Indonesia, saya kembali mendapatkan materi yang bermanfaat banget untuk bagaimana cara mengelola keuangan. Sharing dari Mas Aulia Akbar di Financial Class hari itu benar-benar membuka mata saya, apa yang sebaiknya saya perhatikan dalam mengatur keuangan.

Moneysmart.id sendiri adalah portal financial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Yang fokus memberikan konten positif mengenai financial yang mengedukasi. Moneysmart.id juga menyajikan konten-konten kreatif dan inspiratif, dan menjadi pemandu untuk pembaca dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Sebagai seorang freelancer yang pendapatannya tidak tetap setiap bulannya, sharing dan pengetahuan baru yang disampaikan Mas Aulia yang menjadi narasumber hari itu menjadi masukan baru yang ingin segera saya terapkan. Karena sebagaian masih ada yang belum dijalankan, terutama dalam mencatat arus masuk dan keluar uang setiap bulannya.

Dari yang dijelaskan Mas Aulia, ada 5 cara mudah kelola keuangan. Berikut saya jabarkan sedikit dari yang saya ingat ya, sebagai catatan untuk diri sendiri maupun teman-teman yang mungkin kemarin nggak sempat hadir di class bersama Moneysmart.id

5 Cara Kelola Keuangan Dengan Mudah
  • Buat Catatan Keuangan
Membuat catatan keuangan ini yang paling malas saya kerjakan, padahal ini sangat penting untuk mengetahui keluar masuknya uang yang ada setiap harinya, dipakai apa saja dan lainnya. Kalaupun dicatat itu hanya yang penting-penting saja, atau pengeluaran yang nominalnya besar. Dalam catatan keuangan yang disampaikan Mas Aulia itu ada 2 macam;
Pertama, Arus Kas:  Arus kas ini merupakan laporan keuangan yang berisi arus masuk dan arus keluar dalam periode tertentu. 
Kedua, Neraca: Neraca merupakan kondisi kekayaan (aset dan kewajiban) yang kita miliki, yang dicatat pada periode tertentu juga. Untuk melihat berapa besar net kekayaan yang kita miliki, kita bisa menghitungnya dengan cara seperti ini: Total Aset dikurangi Kewajiban.


Contoh Aset yang terbagi menjadi 3 macam:

Aset Kas: Tabungan dan Deposito, Reksadana Pasar Uang
Aset  Investasi: ORI atau Sukuk Retail, Logam Mulia, Reksadana, Saham dan Properti
Aset Konsusmi: Rumah, Apartemen yang ditempati, Kendaraan.

Contoh Kewajiban: Pinjaman dari utang kartu kredit, utang pinjaman dari dana tunai, dari pinjaman jangka panjang, bisa dari kredit rumah, kendaraan atau harta lainnya.
  • Proteksi Aset Anda
Jadi, proteksi aset itu nggak hanya memproteksi kekayaan yang kita miliki, tapi juga memproteksi yang mencangkup segala hal. Seperti proteksi individu (jiwa dan kesehatan), proteksi aset (properti), proteksi usaha (kendaraan), proteksi masa depan (investasi). 
Banyak bukan? Inilah yang penting kita jaga dan pentingnya kita belajar mengelola keuangan. Karena kita nggak pernah tau resiko-resiko yang terjadi ke depannya, misal sakit, meninggal, kebakaran, kecelakaan, atau tentang masa depan. Asuransi banyak dipilih untuk memproteksi aset ini.
  • Mulai Investasi
Nah ini yang sangat menarik untuk disimak, ternyata investasi itu nggak hanya sekedar berinvestasi, tapi kita juga harus menjadi smart investing. Mas Aulia menjelaskan, yang pertama harus kita tau saat ingin berinvestasi itu adalah apa tujuan kita berinvestasi? Misal, apakah untuk menikah, pendidikan, properti atau pensiun? 
Jika sudah tau tujuannya untuk apa, kita akan mudah untuk memilih investasi yang tepat. Lalu jangka waktu, seberapa lama waktu yang kita butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut? Kapan dana yang kita investasikan itu dicairkan dan sebagainya. Selanjutnya tinjauan periodik. Biar investasi yang kita tanam terlihat hasilnya, kita juga harus rajin-rajin meninjau perkembangannya bagaimana. Lalu, profil resiko, cari tau resiko-resiko yang akan terjadi jika ingin berinvestasi, dan terakhir alokasi investasi. Ada istilah "Don't put your egg in one basket" yang itu berarti, jangan menginvestasikan dana yang kita punya hanya ke satu investasi.
  • Persiapkan Dana Darurat
 Yang ini pasti sudah banyak yang tau, mengelola keuangan untuk keperluan atau persiapan dana darurat. Dalam kehidupan ini kita nggak pernah tau apa yang bakal terjadi, mendadak sakit, terkena musibah, di PHK atau berhenti kerja, atau hal-hal yang terlihat remeh seperti kerusakan peralatan rumah tangga. Mobil rusak dan sebagainya. Dana darurat ini sangat penting, usahakan jangan digunakan untuk keperluan-keperluan yang tidak penting.
  • Bijak Dalam Berutang 
Dan terakhir ini, bijak dalam berutang. Hmm, coba tanya pada diri sendiri, barang-barang yang kita beli dengan cara berutang itu benar-benar diperlukan atau hanya memenuhi keinginan saja?
Misal, sebenarnya kita nggak terlalu butuh tas baru, tapi karena melihat model dan merek keluaran terbaru, akhirnya demi punya barang tersebut kita terpaksa berutang (kredit). Yang mungkin saja biaya cicilannya menjadi beban untuk alokasi dana yang lainnya.

Teman-teman pasti punya cara tersendiri kan dalam mengatur keuangan rumah tangganya masing-masing? Dari 5 cara tersebut ada satu yang belum saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama mengatur atau mencatat keuangan, arus keluar masuk dana.


Yuk, yang punya tips and trick cara mengatur atau mengelola keuangan pribadi, boleh dishare dengan ikut lomba Kompetisi Blog MoneySmart 2018 dari MoneySmart.id

Caranya, teman-teman bisa cek syarat dan ketentuannya di sini http://bit.ly/CerdasDenganUangmu
Periode lombanya sudah digelar sejak 10 Desember 2018 lalu dan akan berakhir 31 Desember 2018 ini. So, buat teman-teman yang mau dapatin hadiah akhir tahun dan berbagi tips mengelola keuangan yang terinspirasi dari moneysmart.id, segera ikutan lombanya.

3 comments:

  1. Utang ternyata di perbolehkan asalkan barang itu di butuhkan.

    Cara mengatur keuangan bisa membuat masa depan cerah

    ReplyDelete
  2. Keseluruhannya perlu disiplin agar bisa punya aset, dana darurat, dan investasi, agar kelak ketika butuh tak ada lagi pinjem sana-sini dengan kalap.

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Singgah