Saturday, 9 March 2019

5 Masjid Ini Menjadi Menjadi Inspirasi Busana Muslim Shafira


Pernah bermimpi kapan saya bisa keliling dunia, menjelalahi keindahan dunia dari sisi seorang Muslim, dengan mengagumi masjid-masjid yang berdiri megah yang ada di dalamnya. Menyaksikan betapa syahdu nya rumah ibadah umat Islam, yang menjadi inspirasi semua orang. Ah, tapi mimpi itu sepertinya akan segera terwujud, setidaknya dengan usaha mimpi yang kita bangun bisa menjadi nyata. Bismillah...

Jika teman-teman pernah membaca postingan saya di bulan Januari yang ini Mengenal Shafira dan Inspirasi 30 Tahun Perjalanannya pasti sudah mengenal Shafira itu siapa? Buat yang belum sempat baca, saya kenalkan dulu ya, Shafira ini adalah brand fashion muslim pertama yang ada di Indonesia, yang didirikan oleh Ibu Feni Mustafa sejak 30 tahun silam. Di kala Indonesia saat itu masih banyak aturan dan larangan dengan penggunaan hijab bagi wanita muslim di sekolah-sekolah. Tapi Alhamdulillah, saat ini kebebasan untuk menunjukkan identitas kita sebagai wanita muslim di Indonesia sudah nggak ada yang perlu ditakutkan lagi.

Justru, sekarang kita harus berbangga, bahwa Indonesia bisa menjadi kiblat fashion muslim dunia. Dibuktikan dengan semakin bermunculan brand-brand fashion muslim yang desainnya semakin beragam dan kekinian, termasuk Shafira yang usianya sudah tak muda lagi. 30 tahun bukanlah waktu yang pendek, perjalanan panjang yang dijalani Shafira tentu saja banyak sekali perjuangan dan penuh inspirasi. Namanya hingga kini namanya masih terus bergaung dan mengikuti perkembangan jaman.


Apa tips Shafira bisa bertahan hingga sekarang? Banyak sekali pertanyaan ini diajukan oleh pewarta kepada Shafira, termasuk saat saya menghadiri Press Conference Shafira on IFW (Indonesia Fashion Week) 2019 di CGV Pasific Place, 4 Maret 2019 yang lalu. Salah satu yang menarik dari Shafira dalam menjaga dan bertahan di tengah persaingan brand fashion yang ada. Shafira selalu mencari inspirasi untuk menampilkan karya-karya terbaiknya untuk didedikasikan bagi industri fashion muslim dunia. Inspirasi ini didapatkan dari mulai mengeksplore keindahan-keindahan alam Indonesia hingga menjelajahi ke berbagai penjuru dunia.

Sebagai selebrasi untuk perjalanan panjang Shafira, tahun ini tema yang diangkat adalah World Wanderer. Well, ternyata tema ini benar-benar luar biasa. Dari penuturan yang disampaikan oleh Senior Desainer Shafira, Setiawan pada prescon hari itu, tema in  menjadi representasi 30 tahun Shafira menjelalah dunia. Dalam tema world wonderer, pengguna Shafira diajak untuk menjelajahi dunia dari fashion yg digunakan.


World Wanderer yang berarti menjelalah dunia dengan menyerap inspirasi arsitektur dari 5 masjid yang indah dari 5 benua. Latar belakang dari tema world wonderer adalah tentang jalan-jalan. Disaat kita sedang traveling ke luar negeri, umat muslim biasanya akan mencari tempat ibadah. Karena traveling sejatinya mengagumi hal-hal baru dari tempat yang kita datangi. Mulai dari alamnya, budaya, tempat ibadah dan lainnya.


Ada 5 masjid dari 5 benua yang menjadi inspirasi Shafira dalam menciptakan detail desain yang akan menjadi koleksi Shafira dan yang akan ditampilkan dalam perayaan di acara Indonesian Fashion Week (IFW) tahun ini. Karakter budaya yang berbeda menjadikan koleksi Shafira lebih berwarna.

Pertama, dari sebuah masjid terbesar di Jerman di Benua Eropa, yang mampu menampung sekitar 2000 orang jamaah, namanya Cologne Mosque. Winter in Cologne menjadi pilihan untuk inspirasi warna yang diambil Shafira. Warna-warna bening dan jernih seperti yang tercermin pada warna dan arsitektur Masjid Cologne. Masjid yang mulai dibangun pada tahun 2007 mempunyai desain yang unik. 

Cologne Mosque - foto: Wikipedia
Inspirasi desainnya diaplikasikan menjadi busana muslim seperti busana musim dingin tapi tetap bisa digunakan di Indonesia yang punya cuaca tropis. Contohnya seperti gambar di bawah ini, ada jaket khas musim dingin dengan detil printing seperti pecahan kaca yang mirip pada Cologne Mosque.

Inspirasi Shafira dari Cologne Mosque
Kedua, dari benua Amerika dengan inspirasi dari Masjid Islamic Center of Washington DC. Masjid yang menjadi simbol persatuan muslim di Amerika ini dibangun pada tahun 1950 oleh arsitek Mario Rosi, dengan desain ciri khas arsitektur Kesultanan Mamluk di Kairo dan Kesultanan Ottoman.

Masjid Islamic Center of Washington DC. Foto: Wikipedia
Keindahan masjid ini menjadi inspirasi Shafira yang juga terinspirasi dari busananya dari first lady untuk busana Presidential Style. Warna-warna yang ingin ditampilkan ialah dari inspirasi monochromatic. Yang ingin terlihat formal dan klasik. Dengan warna desain yang lebih tegas namun terlihat lebih modern.

Inspirasi Shafira dari Masjid Islamic Center Washington DC
Ketiga dari benua Australia, inspirasi dari  Islamic Centre of Adelaide Mosque atau Masjid Sentral Adelaide. Islamic centre of Adelaide merupakan masjid tertua di Australia. Diceritakan Islam masuk ke Australia dan Adelaide sekitar tahun 1860, oleh imigran muslim asal Afghanistan dan membangun masjid ini pertama kalinya dengan arsiktektur yang unik dan ciri khas rumah dari batu-batu. Masjid yang dibangun tahun 1888 ini juga punya ciri khas dengan 4 menara antik dari bata. Masjid ini juga disebut Afghan Chapel.

Adelaide of Mosque. Foto: adelaidecitymosque.org.au
Inspiratif motif yang diambil ialah dari motif aborigin modern art. Untuk looknya diambil dari safari look yang lebih kental dengan warna alam. Material dan warna yang digunakan adalah warna-warna alam dari pegunungan di Australia. 




Keempat, inspirasi dari Masjid Hassan II yang ada di Kota Casablanca, Maroko dari benua Afrika. Dibangun pada tahun 1986 untuk memperingati ulang tahun Raja Maroko, Hassan II. 

Masjid Hassan Foto: tripadvisor.co.za
Motifnya mosaic islami dengan warna-warna karpet yang cerah khas Maroko.



Terakhir dari benua Asia yang terinpirasi dari Masjid Raya Baiturrahman, Aceh, Indonesia. Masjid yang pertama kali dibangun tahun 1612. Dikutip dari Wikipedia, Masjid ini dibangun sebagai simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh. Masjid ini juga menjadi landmark Banda Aceh dan menjadi saksi karena selamat dari bencana tsunami 2004. Arsitekturnya yang cantik gabungan dari Persia, Kolonial dan Melayu.

Masjid Baiturahman. Foto: Fimela.com
Bila dilihat dari foto-foto jaman dulu, perempuan muslim Aceh sudah menggunakan hijab yang simple, rapih dan tertutup dari kaki hingga kepala. Karena Aceh sangat menjunjung tinggi nilai keagamaan dan ajaran Islam.


Inspirasinya dari motif Kerawang Gayo. Motif yang digunakan dalam inspirasi 30 tahun Shafira ini sangat cantik dan sudah dikenal sejak dulu. Dalam busana, motif Kerawang Gayo ini biasanya digunakan dalam upacara adat pernikahan, acara tari-tarian adat dan budaya.


Jadi, seperti inilah bocoran busana muslim yang akan diperagakan para model di gelaran IFW mendatang. Teman-teman musti datang, karena selain ada di gelaran IFW, yang salah satu pendirinya adalah Ibu Feny, perayaan ulang tahun 30 Tahun Shafira dalam tema World Wanderer juga mengajak teman-teman blogger untuk mengikuti writing competition yang berhadiah jalan-jalan ke destinasi inspirasi World Wanderes 30 Tahun Shafira.

Info selengkapnya mengenai kompetisi menulis ini bisa dibaca di link https://www.shafira.com/pages/creative-writing-competition selain writing competition, Shafira juga menggelar photography competition di gelaran IFW tanggal 29 Maret 2019.

https://www.shafira.com/pages/creative-writing-competition

24 comments:

  1. Semuanya cakep koleksinya Mel, tapi aku lebih suka yang simpel kayak Aceh dan Washington

    ReplyDelete
  2. Gak berasanya ternyata Shafira sudah 30th, mamahku dari dulu pakainya Shafira. Eh pas lihat kemarin kok aku naksir sama koleksinya.

    ReplyDelete
  3. aku suka yg abu pink macam gelas itu. kerenlah u winter look. Ibu Feny hebat yaa bisa ttp bikin Shafira bertahan smp skrg

    ReplyDelete
  4. bener-bener meewah sesuai dengan tema dan inspirasinya ya karya Shafira tahun ini.

    ReplyDelete
  5. Bajunya keren2, modis tp tetap syari

    ReplyDelete
  6. Semua koleksinya cantik cantik. Terutama yang Washington, menggoda sekali. Simpel dan manis.

    ReplyDelete
  7. Perjalanan 30 tahun Shafira ini membuktikan eksistensi yang luar biasa dari Ibu Feni beserta team nya ya mba. Aku bangga banget dengan karya beliau dan masjid Indonesia masuk dalam 5 masjid tersebut

    ReplyDelete
  8. Keren ya, dari bangunan masjid jadi inspirasi untuk fashion
    Semua desainnya cantik-cantik. Suka deh lihatnya

    ReplyDelete
  9. Inspirasi yang luar biasa. Dari desain Masjid menjadi busana. Kini fashion muslimah pun berkembang

    ReplyDelete
  10. Ide dan inspirasi datang dari mana saja, ditangan-tangan para desainer yang kreatif, ini menjadi desain yang menarik.

    ReplyDelete
  11. cantik cantik koleksinya.. tapi memang kayaknya cocok untuk pemilik tubuh tinggi langsing ya kalau dilihat dari potongan bajunya

    ReplyDelete
  12. Kreasinya serta inovasi Shafira lain daripada yang lain ya. Saya suka yang model inspirasinya dari mesjid Baiturrahman Aceh. Simple dan selama ini saya secara tidak sadar sudah pakai mirip mirip. Termasuk tabrak warna hehehe...

    ReplyDelete
  13. Keren banget yah perjalanan selama 30 tahun dan masih tetep eksis dengan menelurkan karya yang semakin keren banget ya mab :)

    ReplyDelete
  14. Inspirasi busana muslimah ini bisa jadi patokan berbusana kita banget

    ReplyDelete
  15. Inspiratif banget, bisa mengkonsep design pakaian dgn mengadopsi gaya arsitektur 5 masjid di dunia. Keren banget

    ReplyDelete
  16. Keren, ya! Dari masjid bisa menjadi inspirasi membuat rancangan pakaian sekeren ini

    ReplyDelete
  17. koleksinya bagus-bagus ya ... jadi pingin hehe ...

    ReplyDelete
  18. Inspirasi desain busananya didapatkan dari masjid. Wuahhh cakep! Desain masjid di atas emang bagus sih yaa

    ReplyDelete
  19. Keren banget desainnya Shafira..memanga selalu istimewa.
    Saya suka yang ide masjid German dan Aceh..
    Duh ga sabar nunggu koleksi lengkapnya nanti

    ReplyDelete
  20. Inspirasi ke 5 mesjid. Mantep banget ini. Dan cakep-cakep bajunya.

    ReplyDelete
  21. Masjid inspiratornya sangat indah2 jadi desain bajunya juga cakep semua

    ReplyDelete
  22. Masih Binggung Mencari Situs Togel Online, Live Casino & Taruhan Bola Yang Terpercaya ?
    ingin uang tambahan dengan mengeluarkan modal kecil?
    join dengan kami situs terpercaya dan teraman

    Proses Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah
    Minimal Depo 20rb & WD 50rb
    hanya duduk di rumah bisa
    menangkan uang jutaan rupiah
    5 Pasaran Togel Di Sediakan : Sydney ~ Japan4D ~ Singapore ~ China4D ~ Hongkong
    Jangan Pusing Lagi Boss.

    Bermain lah Dengan Santai Dan Pasang Taruhan Anda Bersama Kami
    cs online 1x24 jam
    WA : [+855]964630067
    hanya di WWWoAREATOTOoPRO

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu